Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Polio terdeteksi di limbah Kota New York yang menunjukkan sirkulasi lokal virus

Komisaris Kesehatan Kota New York Dr. Mary T. Bassett

Andy Katz | Pers Pasifik | Roket Ringan | Gambar Getty

Pejabat kesehatan mengatakan pada hari Jumat bahwa polio telah terdeteksi di New York City, menunjukkan bahwa virus tersebut menyebar secara lokal.

Komisaris Kesehatan Negara Bagian New York Dr. Mary Bassett menggambarkan temuan itu sebagai hal yang mengkhawatirkan. Bassett mengatakan pejabat kesehatan lokal dan federal sedang menilai prevalensi polio di kota dan di negara bagian New York.

“Untuk setiap kasus polio yang lumpuh, ratusan lainnya mungkin tidak terdeteksi,” kata Bassett.Cara terbaik untuk menjaga orang dewasa dan anak-anak bebas dari polio adalah melalui imunisasi yang aman dan efektif.”

Polio dapat menyebabkan kelumpuhan permanen pada lengan dan kaki, dan dalam beberapa kasus, kematian. Pejabat kesehatan meminta orang yang belum divaksinasi untuk segera mendapatkan vaksin mereka.

Vaksinasi rutin di kalangan anak-anak telah menurun di New York City sejak 2019, meningkatkan risiko wabah, menurut pejabat kesehatan. Sekitar 14% anak-anak Kota New York berusia 6 bulan hingga 5 tahun belum menyelesaikan rangkaian vaksinasi polio mereka, yang berarti mereka tidak sepenuhnya terlindungi dari virus.

Secara keseluruhan, 86% anak-anak berusia 5 tahun ke bawah di New York City menerima tiga dosis vaksin polio, menurut pejabat kesehatan. Tetapi ada beberapa lingkungan di kota di mana kurang dari 70% anak-anak mengenal vaksin polio, membuat anak-anak di komunitas ini berisiko tertular polio.

Pejabat kesehatan negara bagian New York mengkonfirmasi bulan lalu bahwa seorang dewasa yang tidak divaksinasi di Rockland County, pinggiran kota New York City, telah terjangkit polio dan menjadi lumpuh. Polio kemudian terdeteksi dalam air limbah di Rockland County dan Orange County yang berdekatan.

READ  Dapatkah Masker Wajah Mencegah Lebih dari Sekadar Coronavirus?

Strain yang ditangkap dari orang dewasa yang tidak divaksinasi secara genetik terkait dengan sampel limbah di kabupaten Rockland dan Orange. Tidak jelas di mana rantai penularan dimulai, tetapi pejabat kesehatan mengatakan sampel limbah menunjukkan penyebaran virus secara lokal di wilayah metropolitan New York City.

Menurut pejabat kesehatan, 1 dari 25 orang yang tertular polio akan mengembangkan meningitis virus, dan 1 dari 200 akan menjadi lumpuh. Kebanyakan penderita polio tidak memiliki gejala, meskipun beberapa memiliki gejala seperti flu seperti sakit tenggorokan, demam, kelelahan, mual, dan sakit perut. Tidak ada obat untuk penyakit ini, tetapi dapat dicegah dengan vaksinasi.

“Bahaya bagi warga New York itu nyata tetapi pertahanannya sangat sederhana – dapatkan vaksin polio,” kata Komisaris Kesehatan Kota New York Dr. Ashwin Vasan.

Anak-anak harus menerima empat dosis vaksin: satu dosis pada usia 6 minggu hingga 2 bulan, dosis kedua pada 4 bulan, dosis ketiga pada 6 bulan hingga 18 bulan, dan dosis keempat pada usia 4 hingga 6 tahun.

Orang yang tidak divaksinasi di atas usia 4 tahun harus menerima tiga dosis vaksin. Orang dewasa yang menerima hanya satu atau dua harus mendapatkan satu atau dua lagi, terlepas dari berapa lama sejak dosis sebelumnya.

Amerika Serikat dinyatakan bebas polio pada tahun 1979, meskipun para pelancong kadang-kadang membawa virus, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Negara bagian New York terakhir mengkonfirmasi kasus pada tahun 1990 dan Amerika Serikat mengkonfirmasi kasus pada tahun 2013.

Polio menakuti orang tua pada tahun 1940-an, sebelum vaksin tersedia. Lebih dari 35.000 orang menjadi lumpuh akibat polio setiap tahun selama waktu itu, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Tetapi kampanye vaksinasi yang berhasil pada 1950-an dan 1960-an secara signifikan mengurangi jumlah infeksi.

READ  Para ahli mengatakan Inggris mungkin menjadi negara pertama yang muncul dari pandemi