Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

POLSA telah menandatangani perjanjian dengan NASA mengenai eksplorasi, antara lain, Bulan dan Mars

Badan Antariksa Polandia (POLSA) telah menandatangani perjanjian dengan Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional AS, yang memberi Polandia kesempatan untuk berpartisipasi dalam program eksplorasi multilateral NASA, termasuk di Bulan dan Mars – POLSA melaporkan.

Seperti dilaporkan oleh Badan Antariksa Polandia (POLSA), apa yang disebut Perjanjian Artemis adalah perjanjian internasional yang mendefinisikan kerangka kerja sama dalam eksplorasi sipil dan penggunaan damai Bulan, Mars, dan benda langit lainnya. “Ini adalah langkah penting lainnya dalam membangun kerja sama Polandia dengan Amerika Serikat,” agensi tersebut mengkonfirmasi dalam sebuah pernyataan yang dikirim ke Kantor Berita Palestina.

Menurut POLSA, perjanjian tersebut memberikan kesempatan kepada institusi dan perusahaan Polandia untuk berpartisipasi dalam program Artemis yang dioperasikan oleh NASA, sehubungan dengan kembalinya manusia ke Bulan dan perluasan eksplorasi ruang angkasa. Dengan demikian, Polandia bergabung dengan penandatangan Perjanjian Artemis lainnya, seperti: Australia, Brasil, Kanada, Italia, Jepang, Korea, Luksemburg, Selandia Baru, Ukraina, Uni Emirat Arab, dan Inggris Raya.

Presiden POLSA Grzegorz Wrochna menyatakan bahwa perusahaan dan institusi Polandia telah berhasil bekerja sama selama bertahun-tahun, termasuk. Dari NASA, Badan Antariksa Eropa, DLR JAXA, dan CNSA. Dia menekankan bahwa dalam 40 tahun terakhir saja, lebih dari 80 instrumen yang dirancang dan diproduksi oleh para ilmuwan dan insinyur Polandia telah digunakan di berbagai misi luar angkasa internasional. Dia menambahkan bahwa kontrak partisipasi ESA, pada gilirannya, “menyebabkan perkembangan dinamis sektor luar angkasa Polandia, di mana lebih dari 350 perusahaan Polandia sudah beroperasi.”

Menurut Frochna, aksesi Polandia ke perjanjian Artemis adalah “langkah penting lainnya dalam mengembangkan potensi sektor luar angkasa Polandia di arena internasional.”

Seperti yang diumumkan oleh POLSA, langkah selanjutnya dalam membangun hubungan Polandia-Amerika adalah Perjanjian Kerangka Kerja untuk Kerjasama Luar Angkasa antara Republik Polandia dan Amerika Serikat, yang saat ini sedang dikerjakan.

READ  EA tidak menyerah pada pemerasan peretas yang putus asa

Ketentuan Perjanjian Artemis mengacu pada Perjanjian Antariksa Perserikatan Bangsa-Bangsa 1967 dan konvensi-konvensi utama Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang menjadi dasar hukum antariksa internasional, jelas PAK. Dia menambahkan bahwa perjanjian ini “memberi Polandia kesempatan untuk berpartisipasi dalam program NASA multilateral mengenai eksplorasi Bulan, Mars dan benda langit lainnya.”

Perjanjian tersebut ditandatangani oleh Presiden Badan Antariksa Polandia Grzegorz Wrochna di hadapan Pamela A. Milroy, Wakil Direktur Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional AS, selama Kongres Astronautika Internasional (IAC) ke-72 di Dubai, AS. Emirat Arab.

Badan Antariksa Polandia (POLSA) adalah badan eksekutif Kementerian Pembangunan dan Teknologi yang didirikan pada tahun 2014. Misinya adalah mendukung industri luar angkasa Polandia dengan menerapkan prioritas strategi luar angkasa Polandia. POLSA bekerja sama dengan lembaga internasional dan administrasi negara di bidang penelitian dan penggunaan ruang angkasa. Bertanggung jawab untuk mempromosikan sektor luar angkasa Polandia di dalam dan luar negeri. Badan ini juga melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan informasi dan pendidikan tentang penggunaan teknologi satelit (termasuk navigasi, kontrol dan komunikasi) di bidang ekonomi, manajemen, dan kehidupan sehari-hari. (PAP)