Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Prancis berduka atas kematian Bernard Tapie

SayaDalam obituari resmi presiden Prancis kepada pengusaha Bernard Tapie, “pengadilan yang terlewatkan dan vonis beratnya” hanya muncul dalam setengah kalimat. Seperti Emmanuel Macron, Prancis tampaknya sebagian besar terkesan oleh “pria dengan seribu kehidupan”, yang telah memindahkannya dari latar belakang sederhana ke kemakmuran dan ketenaran besar.

Tabby, yang meninggal hari Minggu karena komplikasi kanker pada usia 78, bukan hanya seorang pengusaha yang menawan. Dia mempersonifikasikan mimpi Amerika versi Prancis, seorang pria mandiri yang membuat Prancis tampak seperti negeri dengan kemungkinan tak terbatas.

Ketinggian tinggi dan air terjun yang dalam

Kudeta terbesarnya adalah pembelian produsen barang olahraga Jerman Adidas pada 7 Juli 1990. Pada saat itu, Tabe berbicara tentang “hari terindah dalam hidupku.” Presiden Sosialis François Mitterrand juga ingin menghiasi dirinya dengan profesi semacam ini, yang sepertinya tidak dapat dilawan oleh siapa pun. Pria bermulut longgar itu dibawa ke meja kabinet pada tahun 1992 sebagai Menteri Pembangunan Perkotaan. Dalam duel televisi legendaris, ia secara lisan menggulingkan Jean-Marie Le Pen, Presiden Front Nasional

Pilihan yang sangat baik

Dapatkan F + selama 3 bulan untuk 1 euro per minggu dan baca semua artikel di FAZ.NET.

Baca F + sekarang


Untuk waktu yang lama, Tapie menikmati kemegahan klub sepak bola Olympique de Marseille, yang dimahkotai dengan rekam jejak pembeliannya. Di bawah kepemimpinannya, “OM” memenangkan empat gelar juara dan pada 1993 Liga Champions. Ia bahkan berhasil memikat Franz Beckenbauer ke Marseille, meski masa pacaran tak berlangsung lama.

READ  Jadi Anda bisa mengikuti penerbangan luar angkasa Richard Branson secara langsung