Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Prancis mendorong upaya di Lebanon untuk mencegah perang antara Hizbullah dan Israel  berita Dunia

Prancis mendorong upaya di Lebanon untuk mencegah perang antara Hizbullah dan Israel berita Dunia

Ditulis oleh John Irlandia

Prancis mendorong upaya di Lebanon untuk mencegah perang antara Hizbullah dan Israel

NAQOURA, Lebanon – Kemajuan telah dicapai dalam diskusi dengan para pejabat senior di Lebanon yang bertujuan untuk meredakan ketegangan antara Hizbullah dan Israel dan mencegah perang, kata Menteri Luar Negeri Prancis pada Minggu.

HT meluncurkan Crick-it, destinasi terpadu untuk menonton kriket kapan saja, di mana saja. Temukan sekarang!

Prancis memiliki hubungan historis dengan Lebanon, dan Menteri Luar Negeri Stefan Segorn awal tahun ini menyarankan agar unit elit Hizbullah mundur sepuluh kilometer dari perbatasan Israel sementara Israel menghentikan serangannya di Lebanon selatan.

Proposal tertulis tersebut juga membahas masalah perbatasan jangka panjang dan telah dibahas dengan mitra termasuk Amerika Serikat, yang melakukan upaya sendiri untuk meredakan ketegangan dan memberikan pengaruh terbesar terhadap Israel.

Israel dan Hizbullah telah saling bertukar serangan dalam beberapa bulan terakhir, namun pertukaran tersebut meningkat sejak Iran menembakkan rudal ke Israel sebagai respons terhadap dugaan serangan udara Israel pada tanggal 1 April yang menghancurkan sebagian kompleks kedutaan Iran di Damaskus, dan menewaskan beberapa perwira Iran.

Lebih banyak serangan Israel menghantam Lebanon selatan semalam di dekat pasukan penjaga perdamaian PBB UNIFIL, menurut para pejabat militer, hanya beberapa jam sebelum Sigourn mengunjungi markas besarnya di Naqoura di Lebanon selatan.

“Jika Anda melihat situasi saat ini, jika tidak ada perang di Gaza, kita bisa berbicara tentang perang di Lebanon selatan mengingat jumlah serangan dan dampaknya terhadap wilayah tersebut,” kata Segorn setelah berbicara dengan komandan UNIFIL.

Setelah pertemuannya dengan Ketua Parlemen berpengaruh Nabih Berri, sekutu Hizbullah, dan Komandan Angkatan Darat Lebanon Joseph Aoun, Seghorn mengatakan bahwa “banyak kemajuan” telah dicapai mengenai proposal Perancis. Dia tidak menjelaskan hal itu.

READ  Karton tertutup, penerbangan pulang semalam melalui Iran: India memulai evakuasi

UNIFIL, bersama dengan pengamat teknis tak bersenjata yang dikenal sebagai Organisasi Pengawasan Gencatan Senjata PBB, ditempatkan di Lebanon selatan untuk memantau permusuhan di sepanjang garis demarkasi antara Lebanon dan Israel, yang dikenal sebagai Garis Biru. Prancis memiliki 700 tentara yang merupakan bagian dari pasukan UNIFIL yang berkekuatan 10.000 orang.

Hizbullah mengatakan pihaknya tidak akan melakukan diskusi konkrit apa pun sampai gencatan senjata tercapai di Gaza, di mana perang antara Israel dan Gerakan Perlawanan Islam (Hamas) telah memasuki bulan ketujuh.

Israel telah mengisyaratkan kemungkinan operasi militer di sepanjang front utaranya, dengan mengatakan pihaknya ingin memulihkan ketenangan di perbatasan dengan Lebanon sehingga ribuan pengungsi Israel dapat kembali ke daerah tersebut tanpa takut akan serangan rudal.

Dalam sebuah surat yang ditujukan kepada kedutaan Perancis di Beirut pada bulan Maret, Kementerian Luar Negeri Lebanon mengatakan bahwa Beirut percaya bahwa inisiatif Perancis akan menjadi langkah penting menuju perdamaian dan keamanan di Lebanon dan kawasan yang lebih luas.

Media Lebanon melaporkan bahwa pemerintah memberikan masukan kepada Perancis mengenai usulan tersebut, namun para pejabat Perancis mengatakan tanggapan yang diberikan sejauh ini masih bersifat umum dan tidak ada konsensus di antara masyarakat Lebanon.

Segorn akan membahas situasi di Lebanon dengan negara-negara Arab dan Barat di Riyadh, Arab Saudi, pada hari Senin sebelum menyampaikan posisi terbaru Lebanon di Israel pada akhir minggu ini.

Artikel ini dihasilkan dari umpan berita otomatis tanpa modifikasi teks apa pun.

Temukan momen-momen penting yang membentuk perjalanan pemilu India di bagian 'Era' pada produk pemilu eksklusif kami. Anda dapat mengakses semua konten secara gratis di aplikasi HT. Unduh sekarang! Dapatkan berita dunia terkini beserta berita terkini dari India di Hindustan Times.