Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Presiden Iran meninggal dalam kecelakaan helikopter, dan Wakil Presiden mengambil alih kekuasaan

Presiden Iran meninggal dalam kecelakaan helikopter, dan Wakil Presiden mengambil alih kekuasaan

Presiden Iran Ebrahim Raisi tewas dalam kecelakaan helikopter di provinsi Azerbaijan Timur pada hari Minggu, media Iran melaporkan. Helikopter yang membawa Presiden Iran Raisi dan Menteri Luar Negerinya Hossein Amir Abdollahian menghilang di kawasan pegunungan.

Televisi pemerintah Iran mengatakan “tidak ada indikasi” adanya kehidupan di antara penumpang helikopter tersebut. Televisi pemerintah mengatakan: “Ketika helikopter itu ditemukan, belum ada indikasi bahwa penumpang helikopter itu masih hidup.”

Insiden ini terjadi setelah periode meningkatnya ketegangan regional, terutama sehubungan dengan konflik di Gaza dan eskalasi Iran dengan Israel baru-baru ini. Presiden Raisi, yang menjabat sejak tahun 2021, menjanjikan dukungan penuh Iran terhadap Palestina, sebuah posisi yang dia tegaskan dalam pidatonya baru-baru ini untuk meresmikan bendungan tersebut.

Media pemerintah Iran menerbitkan video pemimpin tersebut di atas helikopter pada hari Minggu. Video tersebut menunjukkan pemimpin Iran melihat ke luar jendela pesawat ketika kamera bergerak dan menunjukkan beberapa pejabat senior termasuk Menteri Luar Negeri Hossein Amir Abdollahian duduk di hadapannya.

Berikut adalah update langsung dari jatuhnya helikopter presiden Iran:

Dapatkan pembaruan NDTVAktifkan notifikasi Terima peringatan seiring berkembangnya cerita ini.

Putin menelepon kepala negara sementara Iran, Mohammad Mokhber, setelah kematian Presiden Raisi

Presiden Rusia Vladimir Putin, pada hari Senin, melakukan panggilan telepon dengan Presiden sementara Iran Mohammad Mokhber, beberapa jam setelah dia mengkonfirmasi pelantikannya setelah kematian Presiden Ebrahim Raisi, menurut Agence France-Presse.

Kremlin mengatakan melalui pernyataan telepon, “Presiden Rusia menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada Pemimpin Tertinggi Ali Khamenei, Mohammad Mokhber, dan seluruh rakyat Iran atas kematian tragis Presiden Iran Ebrahim Raisi.”

Upacara pemakaman Raisi akan dimulai besok: media pemerintah Iran

Media resmi melaporkan bahwa upacara pemakaman Presiden Iran Ebrahim Raisi dan delegasi pendampingnya, yang tewas dalam kecelakaan helikopter, akan dimulai hari ini, Selasa, di kota Tabriz di barat laut negara itu.

“Upacara pemakaman presiden dan para sahabatnya akan diadakan pada hari Selasa pukul 09.30 waktu setempat (06.00 GMT) di Tabriz,” lapor Kantor Berita resmi Republik Islam Iran, seraya menambahkan bahwa jenazah Raisi nantinya akan diangkut ke Teheran. . Agensi Pers Prancis.

Putin mengatakan presiden Iran adalah pemimpin yang ‘luar biasa’

Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Senin memuji Presiden Iran Ebrahim Raisi, menyebutnya sebagai “politisi luar biasa” dan mengatakan kematiannya dalam kecelakaan helikopter adalah “kerugian yang tidak dapat diperbaiki,” Agence France-Presse melaporkan.

Iran telah menjadi salah satu sekutu politik utama Rusia sejak Moskow melancarkan serangannya terhadap Ukraina pada tahun 2022, dengan Teheran memasok teknologi drone yang penting kepada negara tersebut.

NATO menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Presiden Iran Raisi

Organisasi Perjanjian Atlantik Utara (NATO) pada hari Senin menyatakan “belasungkawa” kepada Iran atas kematian Presiden Ebrahim Raisi dalam kecelakaan helikopter, Agence France-Presse melaporkan.

Juru bicara NATO Farah Dakhlallah mengatakan di akun Twitter sebelumnya: “Kami turut berbela sungkawa kepada rakyat Iran atas meninggalnya Presiden Raisi, Menteri Luar Negeri Amir Abdullahian dan lainnya yang tewas dalam kecelakaan helikopter.”

READ  Satu orang tewas saat bus sekolah yang membawa 40 anak jatuh di Madhya Pradesh
Prancis menyampaikan belasungkawa kepada Iran atas meninggalnya Presiden Raisi

Prancis pada hari Senin menyampaikan belasungkawa kepada Iran atas kematian Presiden Ebrahim Raisi dan pejabat lainnya dalam kecelakaan helikopter, Agence France-Presse melaporkan.

Kementerian Luar Negeri mengatakan dalam sebuah pernyataan, “Prancis menyampaikan belasungkawa kepada Republik Islam Iran atas meninggalnya Presiden Ebrahim Raisi dan Menteri Luar Negeri Hossein Amir Abdollahian serta rombongannya,” juga menyampaikan “belasungkawa kepada keluarga para korban. serangan itu.” “Kecelakaan ini.”

Lebanon dan Suriah memulai tiga hari berkabung atas kematian Presiden dan Menteri Luar Negeri Iran

Pada hari Senin, Lebanon dan Suriah mengumumkan tiga hari berkabung nasional atas presiden dan menteri luar negeri Iran, yang tewas dalam kecelakaan helikopter pada malam hari di dekat perbatasan Azerbaijan, kantor berita Reuters melaporkan.

Iran memiliki pengaruh di kedua negara, mendukung kelompok bersenjata Hizbullah Lebanon di Lebanon dan mendukung pemerintah Suriah dan pasukan keamanan yang berkuasa selama lebih dari satu dekade perang.

Arab Saudi menyampaikan belasungkawa kepada Iran atas meninggalnya Presiden Raisi

Pada hari Senin, Arab Saudi menyampaikan belasungkawa kepada Iran atas kematian Presiden Iran Ebrahim Raisi dalam kecelakaan helikopter, Agence France-Presse melaporkan.

Penjaga Dua Masjid Suci dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman, penguasa de facto Kerajaan, “menyampaikan belasungkawa kepada Yang Mulia Penjabat Kepala Otoritas Eksekutif, Muhammad Mokhber, atas meninggalnya Yang Mulia Ibrahim Raisi, Presiden Arab Saudi. Republik Islam Iran,” demikian pernyataan yang dikeluarkan oleh Kantor Pers resmi Saudi.

Penunjukan kepala perunding nuklir Iran, Ali Bagheri, sebagai penjabat menteri luar negeri
Seorang juru bicara pemerintah Iran mengumumkan bahwa kepala perundingan nuklir Iran, Ali Bagheri, ditunjuk pada hari Senin sebagai penjabat menteri luar negeri, menyusul kematian Hossein Amir Abdollahian dalam kecelakaan helikopter.
Sekutu Iran di “Poros Perlawanan” berduka atas meninggalnya Presiden Raisi

Anggota “poros perlawanan” yang didukung Iran terhadap Israel dan sekutunya menyatakan belasungkawa mereka pada hari Senin setelah Teheran mengkonfirmasi kematian Presiden Ebrahim Raisi dalam kecelakaan helikopter, Agence France-Presse melaporkan. Gerakan Hamas Palestina, gerakan Hizbullah Lebanon, pemberontak Houthi di Yaman, pemerintah Suriah, dan kelompok bersenjata yang berbasis di Irak berduka atas kematian Presiden Raisi dan delapan orang lainnya pada hari Minggu.

Kelompok oposisi di pengasingan mengatakan kematian Presiden Raisi merupakan “pukulan besar” bagi Iran

Kematian Presiden Iran Ebrahim Raisi dalam kecelakaan helikopter merupakan pukulan keras terhadap kepemimpinan agama di Republik Islam, kata kelompok oposisi di pengasingan pada hari Senin, mengantisipasi serangkaian krisis, Agence France-Presse melaporkan. Organisasi Rakyat Mujahidin Iran dan sayap politiknya, Dewan Nasional Perlawanan Iran, telah lama membenci Raisi, menuduhnya terlibat dalam eksekusi massal ribuan anggotanya dan pembangkang lainnya pada tahun 1988 ketika ia masih menjadi jaksa muda. .

READ  Apa yang diinginkan Dana Moneter Internasional dari Pakistan sebelum kesepakatan? Ambil uang dari… | berita Dunia

Maryam Rajavi, pemimpin Dewan Nasional Perlawanan Iran, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pembunuhan Raisi “merupakan pukulan strategis yang besar dan tidak dapat diperbaiki terhadap Pemimpin Tertinggi Ali Khamenei dan seluruh rezim, yang terkenal dengan eksekusi dan pembantaiannya.” “Hal ini akan menimbulkan serangkaian dampak dan krisis dalam tirani teokratis, yang akan mendorong pemuda pemberontak untuk mengambil tindakan,” katanya.

Bulan Sabit Merah Iran mengatakan sejumlah jenazah telah ditemukan dari lokasi jatuhnya pesawat

Bulan Sabit Merah Iran mengatakan bahwa jenazah Presiden Ebrahim Raisi dan orang lain yang tewas dalam kecelakaan helikopter telah ditemukan, dan operasi pencarian telah berakhir.

Kepala Bulan Sabit Merah, Pir Hossein Koulivand, mengatakan kepada televisi pemerintah, “Kami sedang dalam proses mengangkut jenazah para syuhada ke Tabriz” di barat laut Iran, dan menambahkan bahwa “operasi pencarian telah mencapai akhir.”

Mendesak: Kepala perunding nuklir Iran Ali Bagheri menunjuk Menteri Luar Negeri

Kepala perunding nuklir Iran, Ali Bagheri, ditunjuk sebagai penjabat menteri luar negeri

Mendesak: “Kerugian bagi dunia Islam”: Pemberontak Houthi berduka atas pembunuhan Ibrahim Raisi

Kelompok Houthi yang didukung Iran menganggap kematian Raisi sebagai “kerugian bagi dunia Islam”

3 cabang pemerintahan Iran mengadakan “pertemuan luar biasa” setelah kematian presiden

Tiga cabang pemerintahan Iran mengadakan pertemuan luar biasa pada hari Senin, dengan Wakil Presiden Pertama Mohammad Mokhber mewakili cabang eksekutif setelah kematian Presiden Ebrahim Raisi dalam kecelakaan helikopter, televisi pemerintah melaporkan.

“Kami akan mengikuti jejak Presiden Raisi dalam menjalankan tugas yang diberikan kepada kami tanpa ada gangguan,” kata Mokhbar. Tiga kewenangan yang dimaksud televisi resmi adalah kekuasaan eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

Jika seorang presiden meninggal saat menjabat, konstitusi Republik Islam menetapkan bahwa wakil presiden pertama akan menjabat untuk masa jabatan sementara selama 50 hari, dengan persetujuan Pemimpin Tertinggi, yang memiliki keputusan akhir mengenai semua urusan negara di Iran.

Pemilihan presiden baru dijadwalkan akan diadakan pada akhir lima puluh hari.

“Kerugian besar bagi Iran”: Presiden Tiongkok Xi Jinping memuji Ebrahim Raisi

Presiden Tiongkok Xi Jinping pada hari Senin memuji Presiden Iran Ebrahim Raisi, dengan menggambarkan “kematian tragisnya” dalam kecelakaan helikopter sebagai “kerugian besar bagi rakyat Iran.”

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Wang Wenbin mengatakan pada konferensi pers bahwa Xi menyampaikan “belasungkawa yang tulus” kepada wakil presiden pertama Iran. “Kematian tragis (Raisi) merupakan kehilangan besar bagi rakyat Iran, dan rakyat Tiongkok juga kehilangan seorang teman baik,” Wang mengutip perkataan Xi.

Mohammad Mokhber, wakil presiden Iran, mengemban tugas sementara sebagai presiden

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei menunjuk Wakil Presiden Mohammad Mokhber untuk mengambil tugas sementara setelah Presiden Ebrahim Raisi meninggal dalam kecelakaan helikopter pada hari sebelumnya.

“Sesuai dengan Pasal 131 Konstitusi, seorang informan mengambil alih kepemimpinan kekuasaan eksekutif,” kata Khamenei dalam sebuah pernyataan, seraya menambahkan bahwa seorang informan akan diminta untuk bekerja sama dengan para pemimpin legislatif dan yudikatif untuk mempersiapkan pemilihan presiden. “dalam jangka waktu tertentu.” Jangka waktu maksimal 50 hari.

READ  Ribuan warga Israel berdemonstrasi menentang pemerintahan baru Netanyahu | Berita Benyamin Netanyahu
Penting: Iran mengumumkan lima hari berkabung setelah kematian presiden dan menteri luar negeri

Pada hari Senin, Pemimpin Tertinggi Republik Islam, Ayatollah Ali Khamenei, menyatakan lima hari berkabung atas jiwa Presiden Ebrahim Raisi, yang meninggal dalam kecelakaan helikopter.

“Saya menyatakan berkabung umum selama lima hari dan menyampaikan belasungkawa kepada rakyat Iran yang terkasih,” kata Khamenei dalam pernyataan resmi sehari setelah Raisi dan pejabat lainnya tewas dalam kecelakaan di provinsi Azerbaijan Timur.

“Kerugian yang tidak dapat diperbaiki”: Putin menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya presiden Iran

Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Senin memuji Presiden Iran Ebrahim Raisi, menyebutnya sebagai “politisi luar biasa” dan mengatakan kematiannya dalam kecelakaan helikopter adalah “kerugian yang tidak dapat diperbaiki.”

“Dia ikut merasakan penderitaan rakyat Iran yang bersahabat dan bersaudara”: seorang menteri Turki atas kematian presiden Iran

Turki pada Senin menyatakan “kesedihan mendalam” atas kematian Presiden Iran Ebrahim Raisi dalam kecelakaan helikopter.

Menteri Luar Negeri Turki Hakan Fidan mengatakan bahwa Türkiye “berbagi penderitaan dengan rakyat Iran yang bersahabat dan bersaudara.”

Lavrov berduka atas “teman sejati” Presiden Iran Raisi dan Menteri Amir Abdollahian

Sergey Lavrov: Raisi dan Amir Abdullahyan adalah “teman sejati” Rusia

Penting: Hamas dan Hizbullah berduka atas kematian presiden Iran

Gerakan Perlawanan Islam (Hamas) dan Hizbullah yang didukung Iran berduka atas presiden Iran, dan menggambarkannya sebagai “pelindung gerakan perlawanan.”

‘Kami mendukung rakyat Iran’: Menteri Luar Negeri S Jaishankar atas kematian Presiden Iran

“Dengan kesedihan yang mendalam”: Perdana Menteri Modi menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Presiden Iran dalam kecelakaan helikopter

Penting: Presiden Iran Ebrahim Raisi tewas dalam kecelakaan helikopter: laporan berita Iran

Video: Rekaman yang menunjukkan puing-puing helikopter presiden Iran

Dalam gambar: Warga Iran berdoa untuk Presiden Ebrahim Raisi di Teheran