Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Presiden Lanka Minta Oposisi Bergabung dengan Pemerintah

Presiden Lanka Minta Oposisi Bergabung dengan Pemerintah

Krisis Sri Lanka: Sri Lanka sedang bernegosiasi dengan IMF untuk bailout.

New Delhi:

Kabinet Sri Lanka yang baru diperkirakan akan dilantik pada Senin sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk mengatasi kemarahan publik yang mengamuk terhadap kesulitan ekonomi yang sedang berlangsung.

Presiden Sri Lanka yang diperangi Gotabaya Rajapaksa telah mengundang oposisi untuk bergabung dengan pemerintah persatuan ketika pengunjuk rasa yang menuntut pengunduran dirinya menyebar ke seluruh pulau.

Negara Asia Selatan itu menghadapi kekurangan makanan, bahan bakar, dan kebutuhan pokok lainnya yang parah — bersama dengan rekor inflasi dan pemadaman listrik yang melumpuhkan — dalam penurunan paling menyakitkan sejak kemerdekaan dari Inggris pada 1948.

Presiden Rajapaksa mengumumkan keadaan darurat nasional pada Jumat malam, dalam menghadapi meningkatnya kerusuhan publik. Dia mengatakan keputusan itu diambil untuk kepentingan keamanan publik, perlindungan ketertiban umum, dan untuk memastikan pemeliharaan pasokan dan layanan penting.

Berikut adalah pembaruan LANGSUNG tentang Krisis Sri Lanka:

Dapatkan Pembaruan NDTVNyalakan notifikasi untuk menerima peringatan saat cerita ini berkembang.

Pemimpin oposisi Sri Lanka mendesak PM Modi untuk membantu negara, di tengah krisis ekonomi

Mengalami krisis dan gejolak ekonomi yang besar, pemimpin Oposisi Sri Lanka dan Anggota Parlemen (MP) Sajith Premadasa pada hari Senin mendesak Perdana Menteri Narendra Modi untuk membantu negara mereka semaksimal mungkin.

Berbicara kepada ANI, pemimpin Oposisi itu berkata, “Tolong coba dan bantu Sri Lanka semaksimal mungkin. Ini adalah tanah air kami dan kami harus menyelamatkannya.”

Pemimpin oposisi menyebut pengunduran diri Menteri Kabinet sebagai taktik untuk membodohi orang

Mengklaim bahwa pengunduran diri Menteri Kabinet adalah melodrama, pemimpin Oposisi Sri Lanka dan Anggota Parlemen (MP) Sajith Premadasa mengatakan drama itu dibuat untuk menipu rakyat negara itu.

READ  Seekor ular berbisa ditemukan merayap di tempat tidur seorang wanita umum

Pemimpin Oposisi berkata, “Melodrama itu dibuat untuk membodohi orang-orang di negara ini. Tidak ada usaha yang sungguh-sungguh untuk membawa kewarasan bagi masyarakat kita dan kelegaan bagi orang-orang. Ini adalah latihan untuk membodohi rakyat.”

Ali Sabry diangkat sebagai menteri keuangan Sri Lanka

Presiden Sri Lanka menunjuk Ali Sabry sebagai menteri keuangan negara itu pada hari Senin ketika tim menteri baru mulai menjabat setelah presiden berkobar setelah krisis ekonomi yang memburuk, kata kantor tersebut.

Presiden Gotabaya Rajapaksa menunjuk adiknya, Basil Rajapaksa, sebagai menteri keuangan pada Juli 2021 dan dia akan melakukan perjalanan ke Washington bulan ini untuk mulai berbicara dengan Dana Moneter Internasional untuk paket penyelamatan.

Presiden Sri Lanka mengundang semua pihak di parlemen untuk bergabung dengan pemerintah

Presiden Sri Lanka pada hari Senin mengundang semua partai politik yang diwakili di parlemen terburuk untuk menerima portofolio menteri untuk membantu menemukan jalan keluar dari krisis ekonomi negara itu dalam beberapa dekade, kata kantornya dalam sebuah pernyataan.

“Presiden Gotabaya Rajapaksa mengajak semua partai politik untuk bersama-sama mencari solusi atas krisis nasional yang sedang berlangsung,” kata pernyataan itu.

Gubernur bank sentral Sri Lanka mengundurkan diri

Gubernur bank sentral Sri Lanka Ajith Nivard Cabra mengatakan pada hari Senin bahwa dia mengajukan pengunduran dirinya dalam konteks semua menteri kabinet mengundurkan diri. Cabraal mengumumkan pengunduran dirinya dalam sebuah posting Twitter.

Pasar saham Sri Lanka ditutup setelah jatuh 5,9 persen

Perdagangan dihentikan di bursa saham Sri Lanka beberapa detik setelah dibuka Senin ketika indeks blue chip turun 5,92 persen menyusul pengunduran diri massal kabinet dalam menghadapi krisis ekonomi.

READ  Tidak ada respons imun terhadap vaksin Covid-19 pada sekelompok kecil pasien kanker: sebuah penelitian | berita Dunia

Indeks S&P turun lebih dari lima persen yang dibutuhkan untuk memicu pemutus arus yang menghentikan perdagangan selama setengah jam, kata Bursa Efek Kolombo.

Keadaan darurat masih berlaku di Sri Lanka

Jam malam selama 36 jam yang diberlakukan di Sri Lanka pada Sabtu malam telah dicabut pada Senin pagi pukul 6 pagi tetapi negara itu masih dalam keadaan darurat.

Jam malam terburuk diberlakukan pada hari Sabtu mulai pukul 6 sore sesuai dengan wewenang yang diberikan kepada Presiden berdasarkan ketentuan Ordonansi Keamanan Publik menyusul protes di luar kediaman Presiden Gotabaya Rajapaksa saat negara tersebut menghadapi krisis ekonomi sejak kemerdekaan.

Solidaritas diadakan di Australia
Protes solidaritas dipentaskan di tempat lain di dunia selama akhir pekan, termasuk di kota Melbourne Australia, rumah bagi diaspora Sri Lanka yang besar.

Sri Lanka akan memiliki Kabinet baru di tengah krisis ekonomi terburuk

Kabinet Sri Lanka yang baru diperkirakan akan dilantik pada hari Senin sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk mengatasi kemarahan publik yang mengamuk terhadap kesulitan ekonomi yang sedang berlangsung yang disebabkan oleh krisis ekonomi terburuk negara pulau itu.

Protes besar-besaran berlanjut di tengah tindakan keras, jam malam nasional

Sri Lanka terus menyaksikan protes di seluruh negeri dengan orang-orang melanggar jam malam yang diberlakukan pemerintah di seluruh negeri bahkan di tengah tindakan keras terhadap pengunjuk rasa ketika negara itu menghadapi krisis ekonomi terburuk sejak kemerdekaan.

Protes yang dilakukan oleh publik dilaporkan dari jalan-jalan kecil, kompleks apartemen, dan beberapa daerah di seluruh negeri, lapor Colombo Gazette.

Oposisi Samagi Jana Balawegaya (SJB) juga menggelar protes di Kolombo hari ini melawan Pemerintah dengan slogan “Go Gotabaya Go”, mengacu pada Presiden Gotabaya Rajapaksa saat ini.

READ  Reaksi Donald Trump terhadap tantangan debat Biden yang "bengkok" dan yang pertama terjadi di "Atlanta yang indah"

Jam malam dicabut di Sri Lanka
Presiden Gotabaya Rajapaksa memberlakukan keadaan darurat pada hari Jumat, sehari setelah kerumunan berusaha menyerbu rumahnya di ibu kota Kolombo, dan jam malam nasional berlaku hingga hari ini pagi.