Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Prez Rajapaksa terjebak sementara petugas imigrasi mencegahnya keluar;  India dapat memberikan bantuan makanan darurat

Prez Rajapaksa terjebak sementara petugas imigrasi mencegahnya keluar; India dapat memberikan bantuan makanan darurat

Beberapa jam kemudian, ketua parlemen mengumumkan bahwa Rajapaksa akan mengundurkan diri pada Rabu untuk memungkinkan “transisi kekuasaan secara damai”. Pemimpin berusia 73 tahun itu telah berlindung di fasilitas angkatan laut di timur laut pulau itu, kata seorang pejabat senior pertahanan, seraya menambahkan bahwa ia telah diterbangkan ke Pangkalan Udara Katunayake yang berdekatan dengan bandara internasional utama negara itu.

“Dia dan rombongannya dibawa kembali ke Kolombo dengan dua helikopter Bell 412,” tambah pejabat itu. Tidak ada pernyataan resmi dari kantor presiden tentang keberadaannya, dan beberapa laporan media lokal berspekulasi bahwa dia dijadwalkan berangkat ke Dubai pada Senin nanti.

Namun pejabat bandara mengatakan empat penerbangan komersial kemudian berangkat ke tujuan di Timur Tengah tanpa dia. Mereka menambahkan bahwa petugas imigrasi menolak untuk pergi ke bangsal VIP untuk mencap paspornya, sementara dia bersikeras dia tidak akan melewati fasilitas umum – dalam konfrontasi yang memalukan dengan pemimpin yang sebelumnya dikenal sebagai “Terminator”.

Sebuah sumber militer mengatakan Rajapaksa, yang tetap menjadi panglima angkatan bersenjata, memiliki pilihan untuk bepergian dengan pesawat Angkatan Udara. Kantor Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe mengatakan Rajapaksa telah secara resmi memberitahu dia tentang niat presiden untuk mengundurkan diri, tanpa menentukan tanggal.

Partai-partai politik Sri Lanka pada hari Senin memulai langkah-langkah untuk membentuk pemerintahan semua partai, kemudian memilih presiden baru pada 20 Juli untuk mencegah negara yang bangkrut itu tergelincir ke dalam kekacauan lebih lanjut. Presiden Rajapaksa telah secara resmi memberi tahu Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe bahwa dia akan mengundurkan diri pada 13 Juli seperti yang diumumkan sebelumnya, Kantor Perdana Menteri mengatakan pada hari Senin, beberapa hari setelah pengunjuk rasa menyerbu rumah kedua pemimpin itu karena marah atas kesalahan pemerintah dalam menangani krisis ekonomi terburuk negara itu.

READ  WHO mengatakan sedang melacak sub-varian Omicron BA.2

Kantor Perdana Menteri Sri Lanka mengatakan Senin bahwa seluruh pemerintah Sri Lanka akan mengundurkan diri dan menyerahkan tanggung jawabnya kepada pemerintah interim semua partai yang baru setelah dibentuk, saat negara itu bergulat dengan krisis politik dan ekonomi. Dia mengatakan semua anggota kabinet telah setuju untuk menyerahkan tanggung jawab mereka kepada pemerintah semua partai yang baru segera setelah dibentuk. Kantor Perdana Menteri mengatakan semua menteri yang ambil bagian dalam diskusi berpandangan bahwa begitu kesepakatan dicapai untuk membentuk pemerintahan semua partai, mereka siap untuk menyerahkan tanggung jawab mereka kepada pemerintah itu.

Baca semua file berita terbaruDan berita terbaruJam tangan Video paling penting Dan tv langsung disini.