Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Pria tertua di dunia, Juan Vicente Pérez Mora, asal Venezuela, meninggal pada usia 114 tahun.

Pria tertua di dunia, Juan Vicente Pérez Mora, asal Venezuela, meninggal pada usia 114 tahun.

Juan Vicente Pérez Mora dari Venezuela, yang masuk dalam Guinness Book of World Records pada tahun 2022 sebagai pria tertua di dunia, meninggal pada hari Selasa pada usia 114 tahun, kata pejabat dan kerabatnya.

“Juan Vicente Pérez Mora telah meninggal dunia selamanya pada usia 114 tahun,” kata Presiden Venezuela Nicolas Maduro di platform media sosial X.

Perez secara resmi dikukuhkan sebagai manusia tertua yang masih hidup pada 4 Februari 2022, saat ia berusia 112 tahun 253 hari, menurut Guinness. Ayah dari 11 orang anak, pada tahun 2022 ini ia mempunyai 41 orang cucu, 18 orang cicit, dan 12 orang cicit. Petani yang dikenal sebagai Tio Vicente lahir di kota El Cobre di negara bagian Tachira di Andes pada tanggal 27 Mei 1909, anak kesembilan dari 10 bersaudara.

“Pada usia lima tahun, dia mulai bekerja bersama ayah dan saudara laki-lakinya di bidang pertanian dan membantu memanen tebu dan kopi,” demikian pernyataan Guinness 2022.

Pérez menjadi walikota dan bertanggung jawab menyelesaikan sengketa tanah dan keluarga, sambil masih bekerja sebagai petani.

Sebelumnya, Maria Branyas Moreira merayakan ulang tahunnya yang ke 117 sehingga menambah namanya dalam daftar Guinness World Records (GWR). Lahir pada tahun 1907, ia kini menjadi orang tertua di dunia yang selamat dari Perang Dunia I, Perang Dunia II, pandemi flu Spanyol, dan pandemi COVID-19.

Baca juga: Mengenal Wanita Tertua di Dunia yang Selamat dari Dua Perang Dunia, Flu Spanyol, dan Pandemi Covid-19

Berbagi ucapan selamat ulang tahun Maria Branyas Moreira di Instagram, Guinness World Records mengatakan: “Selamat ulang tahun untuk Maria Branyas Moreira yang merayakan ulang tahunnya yang ke 117 hari ini. Dia diakui sebagai orang tertua di dunia pada Januari 2023. Maria lahir pada tanggal 4 Maret 1907 di San Francisco , AS, tetapi kembali ke Spanyol bersama keluarganya ketika dia berusia delapan tahun untuk menetap di Catalonia. Dia telah tinggal di daerah tersebut sejak saat itu dan tinggal di panti jompo yang sama selama 23 tahun terakhir.” Di kolom komentar postingan tersebut, Guinness World Records menyatakan bahwa ia menjadi orang tertua di dunia pada Januari 2023, setelah kematian Lucille Randon (Prancis) pada usia 118 tahun.

READ  Zelensky memecat kepala keamanan Kharkiv karena "tidak bekerja untuk mempertahankan kota"

(Dengan masukan AFP)

Pertama kali diterbitkan: 03 April 2024 pukul 11:36 WIB