Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Proyek unggulan baru Bank Sentral Eropa: Digital Euro – apa yang dapat diharapkan konsumen

Proyek unggulan baru dari Bank Sentral Eropa
Euro Digital – Apa yang Dapat Diharapkan Konsumen

Oleh Birgit Haas

Bank Sentral Eropa mendorong euro digital ke depan. tapi kenapa? Apakah Anda ingin menyingkirkan uang tunai? Apakah uang digital aman? Bank sentral mengatakan sistem keuangan tetap sama. Ini masih merupakan perubahan bagi konsumen. Berikut adalah jawaban untuk pertanyaan yang paling mendesak.

Euro digital akan datang. Dewan memutuskan pada hari Rabu. Semua warga zona euro di masa depan harus memiliki dompet digital, yang disebut dompet, dengan uang bank sentral di dalamnya. Ini adalah rencananya. Sesederhana idenya, masih banyak pertanyaan terbuka yang harus dijawab dalam perjalanan ke sana. Berikut adalah yang paling mendesak:

Apa yang didapat warga Uni Eropa dari euro digital?

Tidak seperti bank dan kartu kredit, uang tunai digital harus diterima oleh semua pedagang di Zona Euro. Tapi ini tidak berarti bahwa uang tunai fisik menghilang, euro digital adalah suplemen, uang tunai kedua.

Apa perbedaan antara uang di rekening dan uang tunai?

Selama uang itu ada di rekening nasabah di bank umum, itu bisa berupa uang tertulis atau deposito. Pelanggan hanya memiliki hak ke bank dengan imbalan uang ini. Namun, jika bank bangkrut, nasabah harus menggunakan Dana Perlindungan Simpanan untuk mendapatkan uang kembali. Kecuali mereka mengubahnya menjadi uang tunai di konter atau ATM terlebih dahulu. Ini berarti bahwa kasus terhadap bank komersial berakhir dan satu muncul terhadap bank sentral: itu menjamin nilai uang yang stabil. Dengan demikian, uang tunai di dompet jauh lebih aman daripada yang ada di rekening – kecuali dompet itu dicuri.

Euro digital seaman uang tunai, tetapi tidak dapat dicuri. Namun, mengatasi pencopet bukanlah motivasi utama ECB untuk mengembangkan euro digital.

Jadi mengapa Bank Sentral Eropa mengembangkan euro digital?

Apakah Anda memiliki uang di rekening Anda atau uang tunai di bawah bantal Anda, tidak ada bedanya selama ekonomi stabil. Hanya dalam krisis – seperti krisis keuangan 2008, ketika bank-bank bangkrut berturut-turut – peningkatan keamanan moneter merupakan keuntungan. Namun, Bank Sentral Eropa khawatir bahwa orang terlalu sering menggunakan uang tunai, didorong oleh peningkatan e-commerce, metode pembayaran digital, dan perbankan online.

Saat ini, hanya 20 persen dari jumlah total euro yang berupa uang tunai. Karena euro digital juga dapat digunakan untuk membayar dengan uang tunai online, harganya harus naik lagi, menurut Bank Sentral Eropa, melindungi kedaulatan mata uang. Ini yang menjadi perhatian bank sentral. “Jika tidak, orang lain akan mengambil alih,” kata Fabio Panetta, anggota dewan eksekutif ECB. Gagasan bahwa itu bisa menjadi cryptocurrency seperti Bitcoin kemungkinan akan memicu serangan panik di komite Bank Sentral Eropa. Ini dianggap tidak stabil karena kurangnya pengawasan dan regulasi.

Apa aturan yang akan berlaku untuk rekening bank sentral?

Pada saat bank komersial membebankan suku bunga negatif pada deposito 50.000 euro atau lebih, kedengarannya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan: saldo kredit bank sentral bebas bunga. Namun, mereka yang melihat diri mereka mentransfer aset keuangan mereka secara internal melihatnya sejak dini. Jumlah di rekening bank sentral terbatas; Saat ini ada banyak pembicaraan tentang batas atas €3.000. Juga untuk mencegah orang merealokasi uang mereka begitu ekonomi memburuk.

“Ini bisa menyebabkan krisis perbankan,” kata Panetta. Tapi bagaimana jika ada 2.800 euro di rekening dan kreditur melunasi utang 500 euro? Bank Sentral Eropa masih mencari solusi untuk ini. Namun, ada kemungkinan pembayaran bunga negatif juga akan jatuh tempo jika jumlah tertentu tercapai di rekening bank sentral.

Bagaimana cara mendapatkan akun seperti itu?

Bank Sentral Eropa ingin melibatkan bank komersial, dan mereka akan terus bertindak sebagai perantara antara bank sentral dan konsumen. ECB tidak memiliki cukup staf untuk mengurus pengelolaan rekening. Selain itu, pihak berwenang mengharapkan euro digital memiliki penahanan yang lebih baik terhadap pencucian uang, pendanaan teroris, dan pencucian uang. Tetapi mengevaluasi data yang diperlukan juga akan lebih baik dengan bank yang sudah memiliki pengalaman dengan ini.

Seberapa amankah data pelanggan normal saat mengevaluasi transaksi keuangan pemberantasan kejahatan?

Sejauh ini hanya ada ide. Salah satunya adalah identitas di balik transaksi tetap tersembunyi dari bank komersial. Bank Sentral Eropa hanya dapat mengangkat tabir ini jika terjadi anomali. Menurut survei yang dilakukan oleh agensi tersebut, orang merasa lebih aman ketika data mereka ada di organisasi publik daripada milik pribadi. Ada juga pertimbangan pembayaran anonim 70-100 euro dengan frekuensi tertentu – beberapa ribu per hari akan mencurigakan.

Apakah euro digital bekerja seperti cryptocurrency?

Ini juga belum diputuskan. Bank Sentral Eropa sedang menguji dua sistem: Salah satunya adalah Sistem Pembayaran Elektronik (TIPS) Penyelesaian Pembayaran Instan Bertarget yang diperkenalkan pada 2018. Ini memungkinkan penyedia layanan pembayaran untuk mentransfer dana ke pelanggan mereka dengan dana bank sentral secara real time. Tidak seperti teknologi buku besar terdistribusi, yang dikenal sebagai blockchain dan basis cryptocurrency, ini adalah sistem terpusat. Kemudian semua utas berkumpul di Bank Sentral Eropa.

Di sisi lain, buku besar yang didistribusikan akan memiliki keuntungan bahwa transaksi terikat dengan persyaratan, yang dapat membuat perdagangan lintas batas lebih efisien dan lebih murah. Kedua opsi memenuhi persyaratan untuk kemampuan memproses 40.000 transaksi per detik. Sebelum menentukan sistem mana yang menawarkan lebih banyak keuntungan daripada kerugian, ECB kemungkinan akan memiliki waktu dua tahun lagi untuk memeriksa kedua opsi tersebut.

Dua tahun? Kapan euro digital akan datang?

Itu bisa memakan waktu hingga 2026. Dalam dua tahun, Bank Sentral Eropa akan mempresentasikan konsepnya kepada Komisi Uni Eropa, Parlemen dan badan pengatur lainnya. Mereka harus menyetujui pengenalan euro digital dan adaptasi hukum Eropa. Kemudian bank sentral mengajukan proyek tersebut. Dia punya waktu tiga tahun untuk melakukannya.

Artikel pertama kali muncul di Capital.de

READ  Hakim AS tetap skeptis tentang perbandingan Bayer dengan glifosat