Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

PURSE EXPRESS – Warren Buffett menyambut para pemegang saham ke Omaha

Ketika apa yang disebut “Oracle of Omaha” mengadakan rapat umum tahunan, ribuan investor tertarik ke negara bagian Nebraska, AS. Meskipun jumlah orang tahun ini jauh lebih sedikit daripada sebelum pandemi, investor masih menunggu Warren Buffett, wakilnya Charles Munger, dan pernyataan potensial yang dapat dibuat keduanya selama sesi tanya jawab.

Pemegang saham harus bersabar

Investor di perusahaan investasi Berkshire Hathaway milik Warren Buffett harus bersabar karena kudeta investasi besar berikutnya sudah lama terjadi. Kepemilikan uang tunai tumbuh lebih tinggi dan lebih tinggi ke angka yang hampir sempurna sebesar US$144 miliar. Menurut Buffett, peluang investasi yang cocok belum ditemukan untuk jangka waktu yang lama. Namun, situasi saat ini tampaknya menggoda mitos investasi untuk semakin muncul di sisi beli, karena hampir $50 miliar kini telah diinvestasikan pada kuartal pertama tahun 2022.

Berkshire Hathaway terlibat dalam sejumlah besar perusahaan. Diantaranya adalah perusahaan asuransi atau perusahaan angkutan kereta api. Ada juga blok saham dari perusahaan seperti Apple dan Coca-Cola. Baru-baru ini, perusahaan investasi tersebut menggunakan harga minyak yang tinggi untuk memperluas kepemilikannya di perusahaan minyak Chevron. Buffett membeli 121 juta saham grup teknologi Hewlett Packard seharga $4,2 miliar lagi. Pada bulan Maret tahun ini, akuisisi Alleghany Insurance Group diumumkan sebesar $ 11,6 miliar. Selain itu, Berkshire Hathaway meningkatkan kepemilikannya di pembuat game PC Activision Blizzard menjadi 9,5% setelah Microsoft mengumumkan akuisisi produsen game tersebut. Laba operasional kuartal pertama Berkshire stagnan di lebih dari $7 miliar karena bisnis asuransi melemah baru-baru ini, karena penurunan laba dari kepemilikan lain hampir diimbangi. Laba bersih turun setengahnya menjadi $5,5 miliar.

READ  Presiden Bush Volkmar Diener menyerahkan tanggung jawab kepada Stefan Hartung

Buffett, seorang investor nilai

Belajar secara pribadi dari pendiri investasi nilai dan analisis fundamental “Benjamin Graham,” Buffett telah menjadikan investasi nilai sebagai salah satu investor paling sukses di dunia. Dalam analisisnya tentang perusahaannya, Buffett mengandalkan perusahaan mapan dan menguntungkan yang berada dalam kondisi ekonomi yang baik, memiliki posisi kompetitif yang kuat dan tim manajemen yang sesuai dengan seleranya – dan sahamnya dinilai terlalu rendah di matanya.

Saham Berkshire Hathaway

Untuk menjadi pemegang saham Berkshire, investor yang tertarik harus mengeluarkan banyak uang. Ada dua kelas saham, saham A dan saham B. Berkshire A-share tidak pernah berpisah dan diperdagangkan di atas $500.000 di New York Stock Exchange untuk pertama kalinya pada 16 Maret, menjadikannya saham biasa paling mahal di dunia. Saham B, yang telah ditawarkan sejak tahun 1996, diperdagangkan pada harga yang lebih rendah, saat ini sekitar $312,50 (harga penutupan, 26 Mei 2022), untuk memungkinkan institusi kecil dan investor individu juga untuk berinvestasi. Saham senilai 1.500 miliar saham juga bisa ditukar. Pertukaran saham “B” dengan saham “A” tidak dimungkinkan. Ada juga perbedaan hak suara. Saham B memiliki satu dari 1.000 hak suara dari rekan-rekan mereka yang lebih mahal.

Dengan sertifikat partisipasi terbuka pada Solactive Omaha Alpha Index yang diluncurkan oleh Vontobel pada tahun 2020, investor dapat berpartisipasi dalam rasio sekitar 1:1 dalam perkembangan harga untuk 20 lembar saham perusahaan, dengan mempertimbangkan biaya manajemen 1,2% per tahun bahwa Buffett memiliki kepemilikan bunga.

Sertifikat Vontobel