Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Putin menyerukan hubungan yang lebih erat dengan Korea Utara “di semua lini”: Kremlin

Putin menyerukan hubungan yang lebih erat dengan Korea Utara “di semua lini”: Kremlin

Putin mencatat bahwa Uni Soviet adalah negara pertama yang mengakui rezim Korea Utara (arsip)

Moskow, Rusia:

Presiden Rusia Vladimir Putin mengucapkan selamat kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pada hari Sabtu atas peringatan 75 tahun berdirinya negara tersebut dan menyerukan hubungan yang lebih kuat “di semua lini.”

“Saya yakin berkat upaya bersama kami, kami akan terus memperkuat hubungan bilateral di semua lini,” kata Putin dalam pesan kepada Kim yang disampaikan Kremlin.

“Hal ini sepenuhnya sejalan dengan kepentingan rakyat kami” dan membantu menjamin “keamanan dan stabilitas di Semenanjung Korea dan Asia Timur Laut,” tambahnya.

Putin mencatat bahwa Uni Soviet adalah negara pertama yang mengakui rezim Korea Utara, dan mengatakan bahwa “sejak itu, hubungan antara kedua negara selalu didasarkan pada prinsip persahabatan, hubungan bertetangga yang baik, dan saling menghormati.”

Putin menambahkan: “Saya dengan tulus berharap Anda mendapatkan kesehatan dan kesuksesan, dan saya berharap semua warga Korea Utara damai dan sejahtera.”

Pernyataan ini muncul di tengah rumor kemungkinan pertemuan puncak antara kedua pemimpin di Rusia akhir bulan ini, menurut laporan media AS.

Para pejabat AS mengatakan kepada New York Times bahwa Kim kemungkinan akan melakukan perjalanan dengan kereta lapis baja ke Vladivostok, di pantai Pasifik Rusia dekat Korea Utara, untuk bertemu Putin.

Vladivostok akan menjadi tuan rumah Forum Ekonomi Timur pada 10-13 September, yang tahun lalu dihadiri 68 negara.

Namun Kremlin menolak untuk kedua kalinya pada hari Sabtu untuk mengkonfirmasi pertemuan apa pun.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan ketika ditanya apakah dia memiliki informasi tentang pertemuan antara Putin dan Kim di sela-sela KTT, “Tidak, saya tidak tahu.”

READ  Rusia menguji vaksin Covid sebagai semprotan hidung untuk anak-anak; Untuk siap pada pertengahan September

(Kecuali judulnya, cerita ini belum diedit oleh staf NDTV dan diterbitkan dari feed sindikasi.)