Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Quad A Force for Good, Membantu Meningkatkan Indo-Pasifik

Perdana Menteri Modi juga akan mengadakan pertemuan bilateral terpisah dengan Biden, Kishida dan Albanese

Tokyo:
Perdana Menteri Narendra Modi dan para pemimpin Amerika Serikat, Jepang dan Australia menghadiri pertemuan pribadi kedua para pemimpin Kuartet di Tokyo hari ini.

Berikut adalah 10 pembaruan teratas untuk cerita besar ini

  1. Dalam pidato pembukaannya, Perdana Menteri Modi mengatakan bahwa Kuartet telah memperoleh tempat penting di panggung dunia dalam waktu singkat. Dia mengatakan Quad bergerak maju dengan agenda konstruktif untuk kawasan Indo-Pasifik yang akan meningkatkan citranya sebagai “kekuatan untuk kebaikan”.

  2. Perdana Menteri Modi mencatat bahwa negara-negara anggota telah meningkatkan koordinasi timbal balik di banyak bidang seperti pengiriman vaksin, aksi iklim, ketahanan terhadap perubahan pasokan, manajemen bencana dan kerja sama ekonomi. “Paha depan telah memastikan perdamaian, kemakmuran, dan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik,” tambahnya.

  3. Selain Perdana Menteri Narendra Modi, pertemuan itu dihadiri oleh Presiden AS Biden, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dan Perdana Menteri Australia yang baru terpilih Anthony Albanese.

  4. Presiden AS Joe Biden mengatakan Washington akan mendukung “mitra domestik dekat” untuk menekan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. “Serangan Rusia ke Ukraina hanya meningkatkan pentingnya tujuan dari prinsip-prinsip dasar ketertiban internasional, integritas teritorial dan kedaulatan,” katanya. Presiden Bident mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin hanya mencoba melumpuhkan sebuah budaya.

  5. Perdana Menteri Jepang Kishida mengatakan invasi Rusia ke Ukraina bertentangan dengan prinsip-prinsip yang diabadikan dalam Piagam PBB. “Kita tidak boleh membiarkan insiden serupa terjadi di kawasan Indo-Pasifik,” kata Perdana Menteri Kishida.

  6. Perdana Menteri Australia Anthony Albanese juga menjanjikan lebih banyak dukungan kepada negara-negara Pasifik, termasuk dengan membantu memperdalam “kerja sama pertahanan dan maritim kita.”

  7. Perdana Menteri Modi juga akan mengadakan pertemuan bilateral terpisah dengan Presiden Biden, Perdana Menteri Jepang Kishida dan mitranya dari Australia Anthony Albanese.

  8. KTT di Tokyo adalah interaksi keempat para pemimpin Kuartet. Pada bulan Maret tahun lalu, Presiden Biden menjadi tuan rumah KTT pertama para pemimpin Kuartet dalam bentuk virtual, diikuti oleh pertemuan langsung di Washington pada bulan September. Para pemimpin kuartet juga mengadakan pertemuan virtual pada bulan Maret.

  9. Pada November 2017, India, Jepang, Amerika Serikat, dan Australia mengajukan format proposal yang telah lama ditunggu-tunggu tentang pembentukan Kuartet untuk mengembangkan strategi baru untuk menjaga jalur laut sensitif di kawasan Indo-Pasifik bebas dari pengaruh apa pun, di tengah militer China yang berkembang. Hadir di kawasan strategis.

READ  Twitter Faceoff: Kontroversi berkecamuk saat India abstain dari pemungutan suara pada resolusi PBB di Myanmar | berita india