Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Real Estate – Berlin – Vonovia ingin membeli Deutsche Wohnen seharga € 18 miliar – Ekonomi

Berlin / Bochum (dpa) – Grup real estate Jerman terbesar, Vonovia, kembali menempati posisi kedua di bidang ini, Deutsche Wohnen. Vonovia mengumumkan dalam sebuah pernyataan Senin malam bahwa pihaknya bermaksud untuk membuat penawaran pengambilalihan publik sukarela dengan nilai total sekitar 18 miliar euro, atau 53,03 euro per saham Deutsche Wohnen saham. Ini sesuai dengan premi sekitar 18 persen pada harga penutupan hari Jumat dan 25 persen di atas harga rata-rata tiga bulan yang ditimbang berdasarkan volume. Tidak seperti upaya sebelumnya, Vonovia berhasil mendapatkan dukungan dari KTT Deutsche Wohnen.

Kedua kelompok tersebut pada prinsipnya menandatangani kesepakatan tentang merger. Vonovia berencana menerbitkan saham baru hingga delapan miliar euro untuk mendanai akuisisi tersebut. Vonovia sendiri saat ini bernilai hampir € 30 miliar di bursa. Penggabungan harus mengurangi biaya tahunan sebesar 105 juta euro. Target penghematan akan tercapai pada akhir tahun 2024.

Penawaran ini tunduk pada tingkat penerimaan setidaknya 50 persen dari semua saham Deutsche Wohnen yang beredar, pemberian persetujuan untuk mengendalikan merger dan “kondisi adat lainnya”. Perusahaan mengatakan perusahaan mengharapkan pemantauan merger disetujui sebelum akhir periode penerimaan tawaran pengambilalihan yang direncanakan. Dewan Direksi dan Dewan Pengawas Deutsche Wohnen menyambut baik tawaran pengambilalihan tersebut dan berniat untuk mendukungnya, tunduk pada pemeriksaan dokumen penawaran akhir dan rekomendasi untuk penerimaan pemegang saham.

Menurut informasi, merger tersebut akan mengarah pada pembentukan grup real estate residensial terbesar di Eropa, dengan nilai pasar gabungan sekitar 45 miliar euro. Meskipun harga telah turun 13% sejak awal tahun, Vonovia bernilai dua kali lipat dari Deutsche Wohnen, yang tumbuh sebesar 3%. Pemilik properti terbesar di Jerman menggabungkan lebih dari 500.000 apartemen. Portofolio real estat gabungan berjumlah hampir € 90 miliar.

READ  Salesforce tetap menjadi mesin pertumbuhan berdasarkan angka

Perusahaan masa depan kemudian akan diberi nama Vonovia SE, seperti yang diumumkan. Kantor pusat akan tetap berada di Bochum, tetapi perusahaan akan dijalankan dari Bochum dan Berlin. Selain itu, para pihak sepakat untuk tidak mengeluarkan PHK terkait transaksi sebelum 1 Januari 2024.

Upaya pengambilalihan pertama pada tahun 2016 gagal, antara lain karena penolakan dari manajemen puncak Deutsche Wohnen dan kurangnya minat dari pemegang saham. Kandidat pengambilalihan menggambarkan tawaran itu sebagai permusuhan dan bukan untuk kepentingan terbaik para investor. Awal tahun lalu, Vonovia kembali mempertimbangkan untuk membeli, menurut Kraissen. Namun, di akhir pertimbangan, grup tersebut memutuskan untuk tidak berpartisipasi dalam proyek tersebut.

© dpa-infocom, dpa: 210525-99-728388 / 4