SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

REI Minta UWT Rumah Murah

  • Reporter:
  • Kamis, 21 Desember 2017 | 15:51
  • Dibaca : 284 kali
REI Minta UWT Rumah Murah

BATAM – Real Estate Indonesia (REI) Khusus Batam tetap meminta agar Badan Pengusahaan (BP) Batam mengatur usulan tarif uang wajib tahunan (UWT) untuk rumah murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Pasalnya, dalam draf revisi Perka 9/2017, usulan tersebut belum diakomodir sebagaimana yang diharapkan.

Ketua REI Khusus Batam, Achyar Arfan mengatakan, UWT rumah murah tetap diperlukan untuk mengakomodir pekerja dengan gaji upah minimum kota (UMK) yang ingin memiliki rumah. Kemudian juga untuk mendukung program sejuta rumah yang digagas Presiden Joko Widodo. Jika tidak ada UWT untuk rumah murah, tentu akan sulit bagi developer guna ikut membantu mewujudkan program tersebut.

“BP Batam memang sudah tak lagi mengalokasikan lahan baru untuk perumahan. Tapi untuk lahan yang sudah teralokasi saat ini, ada yang direncanakan untuk dibangun rumah murah,” katanya, Rabu (20/12/2017).

Achyar menjelaskan, beberapa developer yang bergabung di REI juga sudah ada yang komitmen akan membangun rumah murah untuk MBR. Totalnya diperkirakan sekitar 250 hektare untuk 2.000 ribu unit. Itu sebabnya pihaknya tetap berharap tarif yang mengatur UWT rumah murah tidak ditiadakan. Sehingga rencana lahan yang akan dibangun rumah murah tersebut bisa tetap dilanjutkan.

Kemudian masukan lain yang akan disampaikan kepada BP Batam adalah agar tarif sewa lahan tidak semua disamaratakan dengan biaya maksimum. Sebab tidak semua wilayah akan mengalami pertumbuhannya yang sama. Maka itu, pihaknya berharap beberapa wilayah pengenaan tarif sewa lahan bisa dikenakan di bawah 100 persen dari kenaikan tarif sebelumnya.

“Ada beberapa wilayah yang kami kira masih tinggi. Tapi hal itu masih kami rapatkan internal dulu, untuk besok malam kami sampaikan masukan kepada BP Batam,” jelasnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com