Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Rekor suhu bulan September ‘benar-benar seperti pisang’ – Ars Technica

Rekor suhu bulan September ‘benar-benar seperti pisang’ – Ars Technica

Luis Cinco/Los Angeles Times/Getty Images

Angka suhu global untuk bulan September sudah masuk dan tidak bagus. “Bulan ini, menurut pendapat profesional saya sebagai ilmuwan iklim, adalah bulan yang sangat menyenangkan,” Zeke Housefather untuk menerbitkan Selasa di X (sebelumnya Twitter).

Christina Dahl, ilmuwan iklim utama di Persatuan Ilmuwan Peduli, membaca postingan ini kemarin. “Saya sedang duduk di meja saya mencoba memikirkan cara yang lebih baik untuk menggambarkannya, tapi saya tidak bisa,” kata Dahl. “Ini hanya kejutan.”

“Mengkhawatirkan, mengkhawatirkan, liar, apa pun superlatif yang ingin Anda gunakan,” kata Kate Marvel, kepala ilmuwan di Project Drawdown, sebuah organisasi nirlaba yang memerangi perubahan iklim. “Itulah adanya.”

Bagan di bawah ini, yang dibuat oleh Hausfather, seorang peneliti di kelompok iklim Berkeley Earth, menunjukkan anomali suhu, yang berarti seberapa tinggi setiap bulannya dibandingkan suhu rata-rata inti dalam sejarah. Setiap garis warna-warni mewakili tahun sebelumnya, diberi kode warna berdasarkan dekade. (Tahun 90an, misalnya, adalah garis berwarna kuning.) Garis hitam pekat adalah tahun 2023, dan telah naik di atas garis lainnya sejak bulan Mei. Suhu ini berhenti pada bulan September, melampaui rekor bulanan sebelumnya sebesar lebih dari 0,5 derajat Celcius.

Bulan September lalu rata-rata suhunya lebih hangat 1,8°C dibandingkan suhu pada masa pra-industri, jauh di atas target Perjanjian Paris Jaga agar suhu tidak naik lebih dari 1,5°C. (Peringatan penting tentang hal itu sebentar lagi.)

Ayah Rumah Tangga Zeke

“Kami sudah melihat A Suhu ekstrem di musim panas“Jadi ambang batas kejutannya sedikit lebih tinggi,” kata Hausfather kepada WIRED. “Tapi betapa brutalnya bulan September adalah suhu pisang; 0,5 derajat Celcius di luar batas normal. Kita belum pernah melihat bulan dengan lonjakan seperti itu sebelumnya.”

READ  Data baru menunjukkan bahwa 1 dari 44 anak di Amerika Serikat menderita autisme

“Sungguh menakjubkan melihat rekor sebelumnya dipecahkan sebanyak ini,” Dahl setuju. “Sungguh menakjubkan melihat suhu global pada bulan September tahun ini setara dengan suhu yang biasa kita lihat pada bulan Juli – yang biasanya merupakan bulan terpanas dalam setahun. Ini benar-benar menunjukkan betapa besarnya perubahan yang terjadi pada iklim kita.

Apa yang terjadi sepanjang musim panas adalah gabungan dari berbagai faktor ilmu pengetahuan tentang iklim, sebagian telah dipahami dengan baik dan sebagian lagi masih belum pasti. Tentu saja, semakin banyak gas rumah kaca yang kita keluarkan ke atmosfer, semakin besar pula pemanasan yang kita alami. “Kita seharusnya tidak hanya mengharapkan terjadinya peristiwa-peristiwa ekstrem yang memecahkan rekor, kita juga harus mengharapkan terjadinya peristiwa-peristiwa ekstrem yang memecahkan rekorMenghancurkan “Hal-hal yang memecahkan rekor sebelumnya dengan selisih yang luar biasa,” kata Marvel.

Sedikit ketidakpastian – bersama dengan panas ekstra – kini dimasukkan ke dalam proses Anak laki-lakiseikat air hangat itu Terbentuk di Samudera Pasifik Lautan di lepas pantai Amerika Selatan. Biasanya, fenomena ini dapat menambah sepersepuluh derajat Celcius dengan memindahkan panas dari lautan ke atmosfer. Memang tidak mungkin untuk memprediksi secara pasti dampak El Niño atau tanggal terjadinya El Niño, dan hal ini memang benar adanya Tetap Mengembangkan. Namun hal ini merupakan proses alami dan bersifat siklus, sehingga para ilmuwan iklim terbiasa memperhitungkannya dalam perhitungan mereka.

“Kemudian Anda akan membahas hal-hal yang berpotensi memiliki dampak, namun menurut saya kita belum melakukan penelitian ilmiah yang cermat untuk mengukurnya,” kata Marvel. Misalnya, para ilmuwan sedang menyelidiki apakah sistem baru mempunyai efek samping yang aneh terhadap iklim. Pada tahun 2020 menurut IMO Sangat terbatas Jumlah sulfur yang ada dalam bahan bakar pengiriman. Itu bagus untuk mengurangi polusi udara, tapi itu adalah belerang Kecerahan awan di atas jalur pelayaran, menyebabkan sebagian energi matahari memantul kembali ke luar angkasa. lebih sedikit Penutup awan Ini dapat membantu menaikkan suhu.

READ  Janda Hitam Memudar. Para ilmuwan telah menemukan alasannya.

Tahun lalu sangat besar orang selatan Erupsi vulkanik Dia mungkin juga masih punya bayi Efek pemanasan. Gunung berapi dapat mendinginkan iklim secara signifikan dengan melepaskan aerosol ke atmosfer dan Menghalangi sinar matahari. Tapi tidak dengan Honga Tonga. “Karena ukurannya sangat besar, dan karena berada di bawah air, ia mengeluarkan banyak uap air ke stratosfer,” kata Marvel. Uap air sebenarnya merupakan salah satu gas rumah kaca penyebab pemanasan global. Hal ini mungkin berdampak kecil pada kenaikan suhu, namun yang kita bicarakan hanyalah kurang dari sepersepuluh derajat. “Tetapi di atas segalanya yang sedang terjadi, hal itu bisa menjadi salah satu faktornya.”

Semua variabel ini ditambahkan hingga bulan September mencapai 1,8°C di atas tingkat pra-industri. Namun bukan berarti kita telah melampaui batas maksimal yang ditetapkan dalam Perjanjian Paris, yaitu 1,5 derajat. Ini mewakili tujuannya kontinu Suhunya, bukan suhu untuk satu bulan.

Namun, kondisi ekstrem seperti ini mengkhawatirkan para ilmuwan, baik dalam hal seberapa cepat kita mendekati ambang batas Paris dan seberapa parah dampak perubahan iklim yang akan terjadi. Sebenarnya Kita: Hujan lebih derasSeperti hujan Kota New York dilanda banjir pada akhir September. Badai yang lebih besar, seperti musim ini untuk saya Dan Idalia. Lebih jahat Kebakaran hutanSeperti yang Penghapusan kota Lahaina di Maui di Agustus. Menyebar bakteri Dan jamur Itu berkembang di dunia yang lebih hangat. Panasnya lebih hebat dari sebelumnya.

“Ini bukan tentang cucu-cucu kita, ini bukan tentang beruang kutub, ini bukan tentang tempat yang jauh. Ini berdampak pada kita.” Sekarang“Menurut ilmu pengetahuan, setiap sepersepuluh derajat itu penting,” kata Marvel. Setiap ton emisi yang dapat dihindari sangatlah penting. Jika dunia melebihi 1,5, Anda menargetkan 1,6. Jika Anda melampaui 1,6, Anda memotret untuk 1,7. Dan saya pikir kita sekarang tahu setelah tahun ini betapa tidak amannya 1.5.

READ  Bintik Merah Besar Jupiter tidak hanya lebar - tetapi juga dalam

Cerita ini pertama kali muncul di Kabel.com.