Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Richard Branson ingin pergi ke luar angkasa sebelum Jeff Bezos

Richard Branson dan Jeff Bezos bersaing dalam penerbangan pertama mereka ke luar angkasa. Dalam sebuah klip video, warga Inggris Branson mengumumkan Kamis bahwa ia akan terbang ke luar angkasa dengan perusahaan ruang angkasa Virgin Galactic pada 11 Juli dalam misi “Unity 22”. Bezos, pendiri Amazon, sebelumnya telah mengumumkan perjalanan serupa pada 20 Juli. Saham Virgin Galactic naik sekitar 20 persen pada hari Jumat.

Tujuan dari dua orang yang sangat kaya – dan juga miliarder SpaceX Elon Musk – adalah untuk memasuki bisnis pariwisata luar angkasa. Bos Tesla Musk berencana untuk meluncurkan penerbangan pertamanya dengan turis luar angkasa pada akhir tahun. Belum diketahui bahwa Musk ingin berada di pesawat itu sendiri.

“Saya selalu menjadi pemimpi,” tulis Branson di Twitter. Ibunya mengajarinya untuk tidak menyerah dan meraih bintang. Kini saatnya mewujudkan mimpi itu. Jika tanggal mulai yang direncanakan dibiarkan, Branson akan memiliki sembilan hari di depan saingannya, Bezos.

Blue Origin, perusahaan kedirgantaraan Bezos, mengumumkan penerbangan berawak dengan roket New Shepard pada bulan Mei. Orang terkaya di dunia ingin membawa saudaranya dan mantan pilot Amerika berusia 82 tahun dalam penerbangan luar angkasa pertama mereka. Beberapa minggu yang lalu, kursi lain dilelang seharga $28 juta kepada orang yang sebelumnya tidak dikenal.

Miliaran untuk impian masa kecil dan perbandingan kekuatan

Rencana miliarder di luar angkasa memiliki selera yang manis bagi banyak orang yang tinggal di Bumi – orang kaya tampaknya menyia-nyiakan kekayaan astrologi mereka untuk impian masa kecil dan perbandingan kekuatan. Petisi change.org berjudul “Jangan biarkan Jeff Bezos kembali ke Bumi” telah ditandatangani oleh lebih dari 140.000 orang. Keengganan yang berkembang ini dipicu oleh lelucon beberapa pria, seperti hari lain dari Musk ke Bezos setelah SpaceX memenangkan perintah dari pemerintah AS dan dengan demikian menggulingkan Bezos: Blue Origin “tidak akan mendorong siapa pun (ke orbit),” tulis Musk di Twitter .

READ  Transaksi berjalan: ketika suku bunga negatif menghilang

Virgin Galactic milik Branson tetap menjadi latar belakang persaingan antara Musk dan Bezos. Namun pada bulan Mei, pesawat luar angkasa “VSS Unity” miliknya menyelesaikan uji terbang luar angkasa berawak dengan dua pilot. Kapsul itu diluncurkan di atas pesawat pengangkut dari pelabuhan antariksa komersial Spaceport America di negara bagian New Mexico, AS. Kapal induk, VSS Unity, diturunkan pada ketinggian sekitar 14 kilometer. Kemudian kapsul ruang angkasa itu dipercepat dengan mesin roketnya dan penerbangan itu berlangsung dalam waktu yang singkat. Itu mencapai ketinggian 89,2 kilometer, Virgin Galactic mengumumkan.

Branson memasuki kapsul pada 11 Juli

Fédération Internationale de l’Aviation (FAI) dan banyak ahli lainnya menganggap 100 kilometer di atas Bumi sebagai batas ruang. Namun, tidak ada peraturan internasional yang mengikat. Misalnya, tentara di Angkatan Udara AS telah mendapatkan gelar astronot, meskipun mereka hanya terbang ke ketinggian 50 mil (80,5 kilometer). Sebagai perbandingan: ISS terbang pada ketinggian 400 km di atas permukaan bumi.

Selain dua pilot, dua astronot, Astronaut dan Branson, kini dijadwalkan terbang ke kapsul ruang angkasa pada 11 Juli. Petualang yang sangat kaya ingin menawarkan penerbangan luar angkasa komersial dengan perusahaannya, Virgin Galactic. Pesawat luar angkasa “VSS Unity” sepanjang 18 meter menyediakan ruang untuk dua pilot dan enam penumpang, dan diharapkan membawa turis ke luar angkasa mulai 2022. Branson mengatakan Kamis bahwa setelah penerbangan 11 Juli, dia ingin membuat pengumuman yang “sangat menarik”. Lebih banyak orang harus memiliki kesempatan untuk menjadi astronot.

Bezos, yang juga ingin mengembangkan wisata luar angkasa, mendirikan Blue Origin sekitar 20 tahun lalu. Pada pertengahan April, perusahaan menguji roket New Shepard dengan kapsul astronot. Mencapai ketinggian sekitar 105 kilometer sebelum kembali ke Bumi. Namun, penerbangan uji yang sebenarnya tetap tidak berawak – New Shepard tidak pernah terbang dengan penumpangnya

READ  Postfinance tidak tertarik dengan kartu debit Mastercard dan Visa yang baru