Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Rishi Sunak karena tidak menghadiri KTT COP27

Rishi Sunak karena tidak menghadiri KTT COP27

Inggris menjadi tuan rumah KTT sebelumnya, COP26, di Glasgow, Skotlandia pada tahun 2021.

London:

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak pada hari Jumat membela keputusannya yang dikritik keras untuk tidak menghadiri KTT perubahan iklim COP27 bulan depan, dengan mengatakan dia seharusnya fokus pada masalah ekonomi “mendesak”.

Dalam sebuah wawancara dengan Sky News sehari setelah Downing Street mengumumkan dia akan melewatkan KTT, perdana menteri menekankan dia “sangat pribadi berkomitmen” untuk masalah lingkungan.

“Saya pikir pada saat ini adalah tepat bahwa saya juga fokus pada tantangan domestik mendesak yang kita hadapi dengan ekonomi, dan saya pikir itulah yang diharapkan oleh orang-orang yang menonton saya untuk saya lakukan juga,” kata Sunak.

Konferensi Perubahan Iklim PBB ke-27 diadakan di Mesir dari 7-8 November, dua minggu setelah Sunak menjadi perdana menteri.

Pemimpin Partai Buruh Oposisi Keir Starmer menyerang keputusan pemimpin Konservatif untuk “menghindari” acara tersebut, sementara pemimpin Partai Hijau Caroline Lucas mengatakan ketidakhadiran Sunak adalah “cara yang memalukan untuk mengakhiri kepresidenan COP Inggris”.

Inggris menjadi tuan rumah KTT sebelumnya, COP26, di Glasgow, Skotlandia pada tahun 2021, dengan politisi Inggris Alok Sharma menjabat sebagai ketua.

Sunak mengatakan Inggris harus “sangat bangga dengan apa yang kami lakukan” sebagai “salah satu negara yang menghilangkan karbon secepat mungkin”.

Downing Street mengkonfirmasi pada hari Jumat bahwa Raja Charles III, yang selalu menaruh perhatian besar pada masalah lingkungan, juga tidak akan menghadiri KTT tersebut.

Seorang juru bicara mengatakan keluarga kerajaan telah meminta nasihat pemerintah sebelumnya dan para pejabat dengan suara bulat setuju itu bukan “kesempatan yang tepat” bagi raja untuk pergi sendiri. Dia mengaku tidak mengetahui adanya perubahan.

READ  Dari Priyanka Chopra Kepada Suaminya Asir Malik Menghujani Malala Yousafzai Dengan Ucapan Ulang Tahun Di Media Sosial

Charles dan putranya Pangeran William berbicara di acara 2021.

Mantan Menteri Kesehatan dan sekarang Menteri Lingkungan Therese Coffey mengatakan kepada Sky News Jumat pagi bahwa “terserah dia (Charles)” apakah dia akan menghadiri KTT atau tidak.

Menteri mengecilkan acara Mesir, dengan mengatakan: “Ada dorongan besar tahun lalu di Glasgow.”

(Kecuali untuk judul, cerita ini belum diedit oleh kru NDTV dan diterbitkan dari feed sindikasi.)

Video hari ini