Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

RMF FM: Pemerintah akan mengurangi keuntungan dari penjualan bahan bakar. Stok Orlen dan Lotos lebih murah

2021-11-15 16:09

penerbitan
2021-11-15 16:09

/ forum

Pemerintah akan memperkenalkan pengurangan margin yang dibebankan pada bahan bakar oleh pompa bensin dan kilang, menginformasikan RMF FM. Saham Orlen dan Lotos segera menjadi lebih murah.

Menurut koresponden RMF FM, salah satu elemen tameng anti inflasi yang sedang digarap pemerintah adalah membatasi kemungkinan profit taking dari penjualan BBM.

– Pemerintah mengusulkan mekanisme yang akan menyerang semua pihak yang berurusan dengan bahan bakar – menurut temuan koresponden René Moawad Foundation FM. Biaya proses ini ditanggung bersama dan individual. Artinya, pemerintah sedang menyiapkan solusi yang akan mengurangi margin yang dikenakan oleh SPBU dan kilang – Kami membaca dalam artikel oleh Krzysztof Berenda yang diterbitkan di rmf24.pl. Dia menambahkan, “Negara harus mengurangi sebagian penerimaan pajak dari hidrokarbon.”

Proposal ini sesuai dengan kata-kata Yaroslav Kaczynski, yang, bagaimanapun, secara negatif menilai kemungkinan pengurangan cukai bahan bakar. “Namun, saya akan menyarankan bahwa berbagai jenis entitas ekonomi membatasi peningkatan pendapatan mereka sedikit,” kata wakil perdana menteri pada pertengahan Oktober.

Pada hari Minggu, Perdana Menteri Mateusz Morawiecki menginformasikan bahwa pemerintah akan memberikan rincian perisai minggu ini.

– Bahwa ini menjadi perisai yang sebagian mengurangi kenaikan harga panas, gas, bahan bakar dan makanan. Perdana menteri mengatakan bahwa langkah-langkah ini akan diarahkan terutama pada kelompok-kelompok yang sangat rentan, seperti pertanian berpenghasilan rendah dan menengah, tetapi semua orang Polandia akan mendapat manfaat dari beberapa dari mereka.

Harga Orlen dan Loto semakin murah

Menanggapi laporan RMF FM baru-baru ini, saham Orlen dan Lotos menjadi jauh lebih murah. Pada 16:08, Lotus kehilangan 6,11 persen dan Orlen kehilangan 4,65 persen. Perlu dicatat bahwa kedua entitas di bawah kendali kas negara tetap positif hingga menjelang siang.

READ  FCR Immobilien: Banyak Kesepakatan untuk Manajer

Kami tidak tahu apakah solusi Polandia akan serupa dengan yang berlaku di Hongaria. Pemerintah setempat menetapkan batas harga bensin dan minyak pemanas (480 forint per liter, yaitu 6,05 PLN). Selain denda karena melanggar larangan, stasiun dapat ditutup untuk jangka waktu empat hari hingga enam bulan.

Pekan lalu, harga eceran rata-rata bensin dan solar Pb95 di seluruh negeri tetap mendekati batas psikologis PLN 6 per liter. Namun, gas mobil masih lebih mahal. Selengkapnya di artikel “Harga BBM Berhenti di PLN 6”.

Bahan bakar yang lebih mahal adalah salah satu faktor utama (walaupun bukan satu-satunya) yang menyebabkan inflasi di Polandia. Biro Pusat Statistik hari ini mengkonfirmasi bahwa inflasi tahunan di bulan Oktober adalah 6,8%. Di antara kelompok barang dan jasa tertentu, bahan bakar tentu yang paling mahal (33,9%, bensin 31%, solar 34,5%, LPG 53,1%).

Michał uławiński

Sumber: