Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

RTX 3090 Ti Kingpin: EVGA hanya menjual model teratas dengan catu daya 1600W

Foto: EVGA

Mendampingi setiap generasi baru kartu grafis Nvidia adalah varian Kingpin, yang merupakan unggulan dari jajaran mitra eksklusif EVGA. Di penghujung tahun 2020, sudah ada RTX 3090 Kingpin, tetapi sementara itu RTX 3090 Ti (test) muncul di pasaran. Varian Kingpin mereka sekarang akan dimulai.

Kelahiran kedua yang sulit

Model teratas baru Nvidia dimulai dengan beberapa penundaan pada Maret 2022, bahkan sebelum EVGA mengumumkan varian utama kedua dengan arsitektur Ampere Nvidia dengan gambar pertama. Sedikit demi sedikit, detail kartu grafis mulai terlihat, tetapi RTX 3090 Ti Kingpin hanya tersedia setelah sekitar setengah tahun – sejauh ini hanya di AS Melalui situs web EVGA. Dengan harga $2.500, pabrikan menjual akselerator grafis secara eksklusif dalam satu paket dengan catu daya SuperNova 1600 P2 1.600 Watt dengan 80 Plus Platinum.

Mengingat TDP tinggi 450W sebelum overclocking manual, ini masuk akal. Namun, dalam konteks ini, tidak tepat jika kartu Kingpin baru memiliki dua konektor daya Microfit 16-pin sesuai dengan standarisasi PCIe 5.0. Secara teoritis, hingga 1200 watt daya listrik dapat ditransfer dengan ini, tetapi catu daya yang disediakan tidak menawarkan jenis konektor baru sama sekali. Atau, adaptor yang cocok untuk menghubungkan total enam kabel 8-pin disertakan. SuperNova 1600 P2 menawarkan sembilan soket VGA 8-pin.

GeForce RTX 3090 Ti Kingpin didasarkan pada 3090 Kingpin dan 3090 Ti FTW3 Hybrid Gaming yang lebih lama. Kartu grafis ini dilengkapi dengan total empat kipas, salah satunya terletak langsung di blok pendingin dan potensiometer tembaga GPU. Tiga lainnya duduk di radiator 360mm dengan pencahayaan RGB. Dibandingkan dengan FTW3, boost clock lebih tinggi, sebaliknya spesifikasi chip grafis sesuai dengan spesifikasi referensi 3090 Ti.

Perbandingan dua model teratas EVGA

Selain itu, 3090 Ti Kingpin memiliki desain yang dimodifikasi, PCB 14 lapis, dan catu daya skala 24 fase. Bagian lain dari permainan ini adalah layar OLED dengan resolusi 176 x 48 piksel, di mana, misalnya, tegangan, jam, dan suhu dapat ditampilkan secara real time.

Ada dan RDNA 3 memberikan bayangan di depan

Dengan konsumsi daya yang tinggi dan konsep pendinginan yang komprehensif, kartu grafis generasi berikutnya memberikan bayangan. Akselerator grafis pertama berdasarkan Nvidia GeForce RTX 4000 “Ada” dan AMD RDNA 3 dapat diharapkan dalam beberapa bulan; Rumor saat ini menunjukkan mulai dari Oktober atau November 2022. Mendinginkan kartu grafis yang seharusnya hingga 600W akan menjadi masalah besar, karena ComputerBase telah menjalankan tes pertama dengan berbagai contoh.

Mengingat hal ini, RTX 3090 Ti Kingpin harus dipahami lebih sebagai studi kelayakan: jumlah pihak yang tertarik yang bersedia menginvestasikan $ 2.500 dalam arsitektur Ampere yang berusia sekitar dua tahun beberapa bulan sebelum peluncuran GPU baru kemungkinan akan generasi terbatas — terutama sejak harga Kartu grafis baru-baru ini turun lagi dan kartu mitra lain dari RTX 3090 Ti sudah tersedia mulai 1900 euro. Bagaimanapun, modelnya jauh tertinggal dalam hal rasio harga-kinerja, ComputerBase menilai:

Untuk gamer, biaya tambahan GeForce RTX 3080 Ti, yang akan tersedia pada akhir Maret seharga 1.400 euro, sepadan. [im Juli inzwischen ab rund 1.100 Euro] Tersedia sebagai desain khusus, no. Ini tidak jauh lebih lambat, memiliki memori yang cukup besar dan TDP 100W lebih rendah meninggalkan potensi masalah baru pada GeForce RTX 3090 Ti.

Tes ComputerBase dari RTX 3090 Ti

READ  Gauner von Call of Duty Warzone müssen es in der neuesten Anti-Cheat-Initiative mit Gegnern aus dem Gottmodus aufnehmen • Eurogamer.net