Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Rupee terus naik, menghasilkan 3,9 rupee di awal perdagangan antar bank – Bisnis

Rupee melanjutkan pemulihannya di pasar antar bank pada hari Kamis, memperpanjang kenaikannya terhadap dolar untuk sesi kelima berturut-turut.

Pada pukul 10 pagi, mata uang lokal naik 3,9 rupee per dolar menjadi 224,9 rupee, menurut Asosiasi Forex Pakistan (FAP).

Sehari sebelumnya, mata uang lokal melompat sebesar Rs 9,59, atau 4,2 persen, di pasar antar bank – kenaikan satu hari terbesar dalam beberapa tahun – ditutup pada Rs 228,80.

Fahad Raouf, kepala penelitian di Perusahaan Pialang Efek Ismail Iqbal, mengatakan: Reuters Itu adalah apresiasi tertinggi rupee baik secara absolut maupun persentase sejak 1999, menurut data bank sentral.

Setelah dua minggu memukul terhadap dolar, rupee jatuh ke level terendah terhadap dolar pada 28 Juli, ditutup pada 239,94. Kemudian mulai rebound dari Jumat, naik 11,5 rupee hingga Rabu.

Sekretaris Jenderal Federasi Perusahaan Bursa Pakistan (Ecap), Zafar Paracha, mengatakan salah satu alasan pemulihan rupee adalah tagihan impor yang lebih rendah untuk Juli, yang diperkirakan akan turun lebih lanjut pada Agustus.

Kita tidak perlu mengimpor minyak [in August] Karena kami memiliki stok selama sekitar 2 bulan. Harga internasional minyak nabati, kacang-kacangan, gas dan batu bara telah jatuh. Akibatnya, tagihan impor turun dan tekanan pada rupee mereda.”

Data dirilis oleh Biro Statistik Pakistan (PBS) pada hari Selasa muncul Tagihan impor turun 12,81% menjadi $4,86 miliar pada Juli dari $5,57 miliar dari bulan yang sama tahun lalu. Secara bulanan, tagihan impor turun 38,31%.

Paracha juga mengapresiasi peran State Bank of Pakistan (SBP) dalam hal ini. Bank sentral telah aktif selama dua atau tiga hari terakhir dan menerbitkan pernyataan bersama Dengan Kementerian Keuangan mengumumkan pada hari Minggu bahwa tidak ada risiko default dan bahwa kebutuhan pembiayaan negara akan sepenuhnya terpenuhi pada tahun fiskal saat ini, katanya.

READ  Pada awalnya, calon H-1B mendapatkan kesempatan ketiga dalam undian

“Ini juga membantu. Otoritas pemerintah juga memainkan peran positif.”

Namun, sekretaris jenderal Ecap mengatakan, rupee masih undervalued dan perlu pulih menjadi Rs 190 dalam jangka pendek dan Rs 160 dalam jangka panjang. “Tidak ada tempat di kawasan ini yang harga dolarnya setinggi di Pakistan,” katanya.

Sejak Dana Moneter Internasional (IMF), Komal Mansour, kepala penelitian di Tresmark, mengatakan eksportir telah menjual dolar di pasar ready dan forward. penyataan Pakistan telah menyelesaikan prosedur terakhir yang diperlukan sebelumnya untuk peninjauan.

“Peningkatan pasokan, bersama dengan arus keluar yang terbatas, telah mendorong rupee lebih lanjut,” komentarnya.


Lebih untuk melacak.