Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Rusia mengatakan lima tewas dalam tawaran serangan perbatasan dari Ukraina, Kyiv menyebutnya ‘berita palsu’

Pada hari Minggu, India bertanya kepada anggota keluarga pejabat Kedutaan Di Ukraina — serta mahasiswa dan warga yang tinggalnya tidak penting — meninggalkan negara Eropa timur itu di tengah meningkatnya ketegangan dengan Rusia. Arahan kepada mahasiswa dan warga negara lainnya datang dari Kedutaan Besar India di Kyiy pada hari Minggu. Ini adalah nasihat kedua dalam seminggu dan memiliki nada yang lebih kuat dari yang sebelumnya – mengutip “tingkat tinggi” ketegangan dan ketidakpastian.

Rusia pada Minggu membatalkan janji sebelumnya untuk menarik puluhan ribu tentaranya kembali dari perbatasan Ukraina, sebuah langkah yang menurut para pemimpin AS menempatkan Rusia selangkah lebih dekat untuk meluncurkan apa yang mereka katakan sebagai rencana invasi ke Ukraina.

Baca Juga | Suatu kali, dia menjaga jarak dari Rusia. Sekarang, dia adalah Putin Satrap yang penurut

Tindakan Rusia memperluas apa yang dikatakannya sebagai latihan militer, yang semula dijadwalkan berakhir Minggu, yang membawa sekitar 30.000 pasukan Rusia ke Belarus, tetangga Ukraina di utara. Mereka termasuk di antara sedikitnya 150.000 tentara Rusia yang sekarang berada di luar perbatasan Ukraina, bersama dengan tank, pesawat tempur, artileri, dan peralatan perang lainnya. Pengerahan pasukan Rusia yang berkelanjutan di Belarus menimbulkan kekhawatiran bahwa mereka dapat digunakan untuk menyapu ibu kota Ukraina, Kyiv, sebuah kota berpenduduk sekitar 3 juta orang yang berjarak kurang dari tiga jam berkendara.

Seorang anggota layanan Ukraina menyentuh seekor anjing di garis depan dekat kota Novolohanske di wilayah Donetsk, Ukraina. (Reuters)

Sementara itu, pemerintahan Biden menolak untuk melepaskan sanksi terhadap Rusia menjelang invasi Rusia yang diantisipasi secara luas ke Ukraina meskipun ada kritik dari Kyiv dan saingan domestik.

READ  Inggris, Jerman dan Italia mendeteksi variabel kasus Omicron Covid; Negara bagian India siap merespons di tengah kepanikan

In Pics: Foto satelit memberikan pandangan sekilas tentang krisis Ukraina

Memberi sanksi kepada pemerintah Vladimir Putin sebelum dia menyerang hanya akan menjamin krisis seperti itu segera terjadi, para pejabat AS berpendapat. “Tujuan sanksi dalam contoh pertama adalah mencoba menghalangi Rusia dari pergi berperang. Segera setelah Anda memicu mereka, pencegahan itu hilang,” kata Menteri Luar Negeri Antony Blinken kepada acara “State of the Union” CNN.