Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Rusia menyerahkan pesawat ruang angkasa berusia 20 tahun untuk memberi jalan bagi akses laboratorium

Sebuah kapal kargo Progress Rusia turun dari Stasiun Luar Angkasa Internasional Senin pagi, dengan membawa airlock dan kompartemen dok Pirs berusia dua dekade untuk membuka jalan bagi kedatangan modul laboratorium Nauka multiguna baru Rusia pada hari Kamis.

Dengan kapal suplai Progress MS-16/77P tertutup rapat di Pirs, pengait dan pengait yang menahan mooring bay di pelabuhan yang menghadap ke darat dari unit layanan Zvezda dibuka, dan kemajuan tergelincir kembali pada 6:55 pagi EDT.

Setelah bergerak dalam jarak yang aman, roket tersebut melepaskan dorongannya pada pukul 10:01 pagi, mengakibatkan terjun yang menghancurkan ke atmosfer 41 menit kemudian. Pembakaran throttle direncanakan untuk memastikan bahwa setiap puing yang mungkin bertahan dari pemanasan kembali akan jatuh tanpa bahaya ke Pasifik Selatan.

072621-undock1.jpg
Kapal kargo Progress MS-16/77S mundur dari Stasiun Luar Angkasa Internasional pada awal 26 Juli 2021, menarik kompartemen airlock dan tambat, tertutup selimut isolasi putih, menjauh dari modul layanan Zvezda. Keberangkatan Peirce membuka jalan bagi kedatangan unit laboratorium multiguna baru Rusia pada 29 Juli 2021.

TV NASA


Docking awalnya direncanakan Jumat lalu, dua hari kemudian Nauka . peluncuran Dari Kosmodrom Baikonur di Kazakhstan, tetapi masalah dengan sistem navigasi dan propulsi di laboratorium mendorong pengontrol penerbangan Rusia untuk menunda keberangkatan Peres.

Akhirnya, setelah beberapa hari pemecahan masalah yang mengkhawatirkan, sistem propulsi Nauka dipulihkan ke operasi normal, dan dua tes navigasi KURS dan sistem pertemuan berhasil dilakukan. Sementara beberapa rincian diberikan, direktur misi Rusia kemudian menyetujui Pirs dan Progress untuk pergi.

Pirs diluncurkan pada 14 September 2001, tiga hari setelah serangan 11 September. Ini berfungsi sebagai pelabuhan dok untuk mengunjungi kapal awak Soyuz dan truk Progress selama hampir 20 tahun dan sebagai airlock untuk spacewalks Rusia.

Unit Nauka yang lebih besar dengan berat 44.000 pon memiliki pangkalan pemerataan tekanan udara dan pelabuhan dok, ruang kru yang diperluas, ruang penelitian, toilet tambahan, generator oksigen, susunan surya, dan lengan robot buatan ESA. Mesin Nauka juga akan membantu memberikan kontrol roll untuk menjaga stasiun berorientasi dengan benar.

Dengan kepergian Pearce, pengendali penerbangan NASA berencana untuk memposisikan ulang lengan robot stasiun Kanada pada modul Zarya Rusia sehingga dapat melakukan inspeksi tujuh jam dari pelabuhan Zvezda yang sekarang kosong yang menghadap ke Bumi. Insinyur Rusia ingin memastikan tidak ada puing-puing atau masalah lain yang dapat mencegah mekanisme tambat bekerja dengan baik ketika Nauka tiba.

072621-undock2.jpg
Kapal kargo Progress, dengan unit Pirsnya yang terhubung erat, menuju kembalinya yang berapi-api melintasi Samudra Pasifik.

TV NASA


Dengan asumsi tidak ada masalah yang ditemukan, modul lab akan menyelesaikan penunjukannya dengan stasiun luar angkasa pada hari Kamis, dan akan pindah ke dermaga di pelabuhan Zvezda yang menghadap ke Bumi pada pukul 9:24 pagi. Dibutuhkan hingga 11 spacewalk Rusia selama sekitar tujuh bulan untuk menghubungkan dan melengkapi unit lab baru.

Penambatan di Nauka akan dilakukan sehari sebelum roket United Launch Alliance Atlas 5 meluncurkan kapsul awak Boeing CST-100 Starliner ke stasiun untuk uji terbang tanpa awak. Atlas 5 diperkirakan akan diluncurkan di Board 41 di Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral pada hari Rabu, di mana ia akan diluncurkan pada pukul 14:53 Jumat.

Starliner, seperti pesawat ruang angkasa SpaceX’s Crew Dragon yang sudah beroperasi, dirancang untuk mengangkut astronot Amerika dan agen mitra ke dan dari stasiun luar angkasa secara komersial, membantu mengakhiri ketergantungan pasca-pesawat NASA pada pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia untuk transportasi kru.

Penerbangan uji awal Starliner pada Desember 2019 mengalami masalah perangkat lunak utama, mendorong Boeing untuk meluncurkan penerbangan uji tanpa awak kedua sebelum peluncuran pertama kapal yang direncanakan dengan awak di atas kapal akhir tahun ini atau awal tahun depan.

Untuk uji terbang, Starliner akan berlabuh di ujung depan modul harmoni maju stasiun, kembali ke White Sands, New Mexico, dan mendarat pada 5 Agustus.

READ  Kelas baru planet ekstrasurya yang layak huni merupakan langkah maju yang besar dalam pencarian kehidupan