Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Rusia: Sedikitnya 6 orang tewas dalam runtuhnya bangunan di Belgorod |  Berita perang antara Rusia dan Ukraina

Rusia: Sedikitnya 6 orang tewas dalam runtuhnya bangunan di Belgorod | Berita perang antara Rusia dan Ukraina

Seorang gubernur regional Rusia menuduh Ukraina mengebom sebuah bangunan tempat tinggal di kota Belgorod, dekat perbatasan dengan Ukraina.

Setidaknya enam orang tewas dan 20 lainnya terluka setelah sebuah bangunan runtuh di kota Belgorod di perbatasan Rusia, menurut pejabat Rusia.

Sebuah video yang diposting oleh Kementerian Pertahanan Sipil, Keadaan Darurat dan Bantuan Bencana Rusia pada hari Minggu menunjukkan petugas pemadam kebakaran dan petugas penyelamat bekerja di tumpukan puing-puing. Kementerian mengatakan enam jenazah ditemukan dari bawah reruntuhan.

Kantor berita Rusia TASS mengutip layanan darurat yang mengatakan bahwa “jumlah korban luka, menurut data terbaru, adalah 20 orang.”

Sebelumnya, Kementerian Darurat mengatakan 12 orang, termasuk dua anak, berhasil diselamatkan dari lokasi tersebut.

Gubernur Belgorod Vyacheslav Gladkov memposting video di Telegram yang menunjukkan bangunan runtuh dengan lubang besar.

Gladkov mengatakan: “Setelah menembakkan peluru langsung ke sebuah bangunan tempat tinggal… seluruh pintu masuk runtuh, dari lantai sepuluh hingga lantai dasar,” mengecam “pengeboman komprehensif” yang dilakukan oleh tentara Ukraina.

Belum ada komentar langsung dari tentara Ukraina.

Seorang warga mengatakan kepada kantor berita Rusia RIA Novosti bahwa dia berada di koridor gedung dan suaminya berada di kamar tidur ketika ledakan terjadi.

“Dia tidak punya waktu [to escape]Dia menambahkan, suaminya terluka di bagian kepala dan wajah.

Peringatan serangan udara terus berlanjut di seluruh Belgorod ketika tim penyelamat mencari korban di reruntuhan.

Kementerian Pertahanan Rusia kemudian menulis di media sosial bahwa bangunan itu dirusak oleh pecahan rudal TRC Tochka-U yang jatuh. Ia menambahkan bahwa pertahanan udara menembak jatuh beberapa rudal lainnya di wilayah Belgorod, serta dua drone yang hancur dalam insiden terpisah.

READ  Prez Rajapaksa terjebak sementara petugas imigrasi mencegahnya keluar; India dapat memberikan bantuan makanan darurat

Wilayah Belgorod, yang terletak di perbatasan barat Rusia, menjadi sasaran sejumlah besar serangan.

Gubernur Gladkov mengatakan di media sosial bahwa meskipun sebagian besar penembakan lintas batas terjadi di daerah pedesaan, serangan juga terlihat di kota Belgorod, ibu kota wilayah Belgorod, yang diserang pada Sabtu malam, menyebabkan satu orang tewas dan 29 lainnya terluka. Pada bulan Desember 2023, pemboman di jantung kota menewaskan 25 orang, mendorong pihak berwenang untuk mulai mendirikan tempat penampungan umum.

Kota-kota di Rusia barat sering menjadi sasaran serangan pesawat tak berawak sejak Mei 2023, dan para pejabat Rusia menyalahkan Kiev atas serangan tersebut.

Para pejabat Ukraina tidak mengakui tanggung jawab atas serangan di wilayah Rusia atau di Semenanjung Krimea.