Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Saksikan: Vladimir Putin dan Kim Jong Un bergiliran mengendarai limusin buatan Rusia

Saksikan: Vladimir Putin dan Kim Jong Un bergiliran mengendarai limusin buatan Rusia

Presiden Rusia Vladimir Putin dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un bergantian berkendara dengan limusin Urus buatan Rusia pada hari Rabu setelah Kremlin mengatakan Putin telah menghadiahkan Kim salah satu mobil mewah.

Dalam kesempatan hubungan masyarakat yang diatur secara hati-hati di tengah ketatnya keamanan, kedua pemimpin menggunakan momen tersebut untuk menunjukkan betapa eratnya hubungan kerja mereka selama kunjungan penuh kemegahan Putin ke Pyongyang, yang merupakan kunjungan pertamanya dalam hampir seperempat abad.

Kunjungan mereka dilakukan setelah kedua pemimpin menandatangani perjanjian termasuk janji pertahanan bersama, salah satu langkah paling signifikan Rusia di Asia selama bertahun-tahun, yang menurut Kim setara dengan “aliansi.”

Sebuah klip video yang diterbitkan oleh televisi pemerintah Rusia menunjukkan Putin melompat ke belakang kemudi Urus lapis baja hitam, yang merupakan mobil resmi kepresidenan Rusia, sementara Kim duduk di kursi penumpang.

Mobil tersebut kemudian ditampilkan sedang melaju di jalan yang berkelok-kelok melewati area taman yang terawat rapi sebelum berhenti. Seorang pria Korea yang mengenakan jas dan sarung tangan putih terlihat membukakan pintu untuk Kim sebelum bergegas masuk untuk menahan pintu Putin.

Putin dan Kim kemudian ditampilkan berjalan berdampingan dan berbicara di jalan di kawasan hutan dengan dua pria, mungkin penerjemah, berjalan di belakang mereka.

Kim, yang diyakini sebagai penggila mobil, terlihat mengantar Putin kembali.

Seorang ajudan Putin mengatakan sebelumnya pada hari Rabu bahwa pemimpin Rusia itu memberi Kim sebuah limusin Urus buatan Rusia sebagai hadiah.

READ  BREAKING: IRCC mengumumkan kategori seleksi baru untuk kandidat Entri Ekspres

Putin memberi Kim limusin Urus pertamanya pada bulan Februari tahun ini, kata kedua negara pada saat itu, yang berarti dia sekarang memiliki setidaknya dua kendaraan tersebut.

Senat Urus, yang meniru limusin ZIL era Soviet, adalah mobil resmi kepresidenan Rusia, dan Putin mengendarainya pada pelantikan terakhirnya di Kremlin pada bulan Mei.

Ketika Kim mengunjungi Rusia timur pada September tahun lalu, Putin menunjukkan kepadanya salah satu kendaraan tersebut. Kim duduk di samping Putin di dalam mobil dan tampak menikmatinya.

Kim memiliki banyak koleksi mobil mewah asing yang mungkin diselundupkan, karena resolusi Dewan Keamanan PBB melarang ekspor barang mewah ke Korea Utara.

Dia terlihat di limusin Maybach, beberapa mobil Mercedes, Rolls Royce Phantom, dan SUV Lexus.

Aurus Motors mulai memproduksi mobilnya di wilayah Tatarstan Rusia, sekitar 1.000 kilometer (620 mil) dari Moskow, pada tahun 2021.

Seorang pejabat senior Rusia mengatakan bulan lalu bahwa Rusia akan mulai memproduksi mobil Urus di bekas pabrik Toyota di St. Petersburg tahun ini.

Rusia sedang mencari cara untuk memanfaatkan pabrik-pabrik mobil yang menganggur setelah beberapa produsen mobil global menarik diri dari pasar Rusia menyusul keputusan Putin untuk mengirim puluhan ribu tentara ke Ukraina pada Februari 2022.

Sanksi Barat yang diberlakukan terhadap Rusia sejak saat itu telah membantu menaikkan harga mobil baru secara tajam dan membuat pabrikan Tiongkok memperluas pangsa pasar mereka pada saat beberapa produsen mobil Rusia sedang mengalami kesulitan.

Menurut lembaga analisis Rusia Autostat, 40 mobil bermerek Aurus telah terjual di Rusia sepanjang tahun ini.

Diterbitkan di:

20 Juni 2024