Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Salman Rushdie berbicara tentang perangkat pendukung kehidupan setelah dia ditikam, dan surat kabar Iran memuji penyerang | poin terpenting

Penulis Salman Rushdie, yang tulisannya menyebabkan ancaman pembunuhan dari Iran pada 1980-an, mendapat bantuan hidup setelah Hadi Matar yang berusia 24 tahun dari New Jersey menikam penulis di lehernya di sebuah acara sastra di barat New York pada hari Jumat. , 12 Agustus.

Rushdie memakai ventilator beberapa jam setelah operasi dan saraf di lengannya dipotong. Agen buku Andrew Wylie mengatakan kepada media bahwa hati Rushdie telah ditusuk dan dirusak.

Serangan terhadap Rushdie terjadi lebih dari 30 tahun setelah pemimpin Iran Ayatollah Ruhollah Khomeini mengeluarkan fatwa yang menyerukan kematian Rushdie untuk bukunya The Satanic Verses. Buku tersebut telah dilarang di Iran sejak 1988, karena banyak Muslim menganggapnya sebagai penghujatan.

Baca | Salman Rushdie ditikam di leher, menderita cedera kepala: NYPD

penyerang, Hadi MatarDia menghadapi tuduhan percobaan pembunuhan dan penyerangan. Tinjauan awal terhadap akun media sosial Matar oleh penegak hukum menunjukkan bahwa ia bersimpati pada ekstremisme Syiah dan isu-isu Korps Pengawal Revolusi Islam. Polisi Negara Bagian New York bekerja sama dengan FBI dan pihak berwenang setempat untuk menentukan motifnya.

Sementara dunia mengutuk serangan terhadap Rushdie, beberapa surat kabar garis keras Iran memuji Hadi Matar, lapor Reuters.

Surat kabar Kayhan garis keras, yang editornya ditunjuk oleh Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei, menulis: Seribu keberanian untuk orang yang berani dan terikat tugas yang menyerang Salman Rushdie yang murtad dan jahat di New York. Tangan orang yang merobek leher musuh Tuhan itu harus dicium.

Baca juga | Pujian dan kecemasan di Iran setelah serangan Rushdie; Pemerintah diam

Sementara itu, situs New York menghadapi pengawasan atas pengaturan keamanan yang diberlakukan untuk acara sastra tersebut. Sumber yang dekat dengan institut tersebut mengatakan kepada CNN bahwa Institut Chautauqua di New York barat menolak rekomendasi tentang langkah-langkah keamanan dasar, seperti pemeriksaan tas dan detektor logam, karena khawatir akan memecah pembicara dan penonton.

READ  Menteri Luar Negeri Rusia akan mengunjungi Delhi minggu ini

Tidak ada pemeriksaan keamanan atau detektor logam di acara tersebut, seseorang yang menyaksikan serangan itu mengatakan kepada CNN dengan syarat anonim. Lembaga tersebut belum menanggapi tuduhan tersebut.

Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Salving mengutuk serangan “mengerikan” itu dan mengatakan anggota pemerintah AS berdoa untuk kesembuhannya yang cepat.

Rushdie diterbangkan pada hari Jumat, berdarah deras, ke sebuah rumah sakit di barat laut Pennsylvania dan menjalani operasi selama beberapa jam. Pada saat penulisan, kondisi kesehatan Rushdie tetap kritis.

–sudah selesai–