Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Saxony-Anhalt: Q-Cells berinvestasi jutaan lebih di Solar Valley

Q-Cells, pemasok sel surya, menginvestasikan 15,5 juta euro lagi di pusat R&D global di Thalheim di Saxony-Anhalt. Perusahaan itu mengumumkan hari Senin bahwa uang akan mengalir ke mesin dan sistem yang sedang berkembang untuk teknologi fotovoltaik generasi berikutnya.

Q-Cells berencana menghadirkan modul surya baru yang sangat efisien ke pasar tahun ini. Secara total, perusahaan akan menginvestasikan lebih dari 140 juta euro di Thalheim pada tahun 2023. Perusahaan mengklaim sebagai pemimpin pasar dalam mendistribusikan modul dan sistem surya di Jerman dan Eropa.

Menurut Federal Solar Industry Association, 184.000 sistem tenaga surya baru dengan output sekitar 4,9 gigawatt telah dipasang di Jerman tahun lalu. Menurut perusahaan, Q-Cells menyediakan sekitar 18 persen dari kapasitas terpasang. Perusahaan mempekerjakan sekitar 630 orang di Eropa, sekitar 475 di antaranya di Thalheim.

Kementerian Perekonomian menyambut baik investasi Q-Cells. Menteri Perekonomian Armin Wellingmann (SPD) mengatakan komitmen tersebut menunjukkan bahwa industri energi surya di Saxony-Anhalt mendapatkan momentum baru. Dengan perusahaan seperti Q-Cells, yang di negara bagiannya akan terus-menerus fokus pada penelitian dan pengembangan bahkan setelah krisis di industri, mungkin di tahun-tahun mendatang mengembangkan Saxony-Anhalt “menjadi keadaan teknologi masa depan”, menteri kata.

Q-Cells telah meminta para politisi untuk mempercepat perluasan energi matahari. Oliver Beckel, direktur urusan publik perusahaan, mengatakan bahwa jika Jerman ingin memenuhi target iklim Paris, formula tahunan harus naik tiga kali lipat. Selain itu, “hambatan pasar seperti pajak matahari atas energi surya yang dikonsumsi sendiri harus dihilangkan”.

Pusat Penelitian Thalheim terletak di Lembah Surya, yang didirikan 20 tahun lalu di bekas segitiga kimia Republik Demokratik Jerman dan merupakan salah satu pusat industri energi surya terbesar di Eropa dengan hingga 3.500 pekerjaan di beberapa perusahaan. Kemudian persaingan untuk modul surya murah dari Asia menjerumuskan lembah ke dalam krisis.

READ  Penerbitan Investor: Hugo Boss: Gabung Sekarang?

Beberapa perusahaan bangkrut. Q-Cells diambil alih oleh Grup Hanwha Korea Selatan pada tahun 2012. Produksi dipindahkan ke Asia, dan penelitian serta pengembangan tetap di Thalheim. Sepuluh tahun setelah krisis besar, Lembah Surya terisi kembali.


(KB)

Ke halaman rumah