Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Seberapa keras peluncuran rudal?

Seberapa keras peluncuran rudal?

Dia menonton Cuplikan peluncuran Saturn V selama program Apollo NASA Ini adalah tahun 60-an dan 70-an, dan satu hal yang mungkin membuat Anda terpesona—bahkan lebih dari busana poliester berat dan gaya rambut antik—adalah bagaimana Jauh, kerumunan penonton dari acara utama.

Ada beberapa alasan bagus untuk ini, dan kebisingan adalah salah satunya: suara keras dapat membunuh, dan hanya sedikit benda yang dibangun oleh manusia yang sekeras ini. Saturnus V.

Ketika astronot Apollo meluncurkan misi mereka ke Bulan, mereka melakukannya dengan jarak lebih dari 3,2 mil (5,1 kilometer) yang memisahkan mereka dari kerumunan yang tampak antusias. Bahkan pada jarak seperti itu, kebisingannya luar biasa. Mitos umum pada saat itu adalah bahwa gelombang suara dari mesin Saturn V begitu kuat sehingga melelehkan beton di landasan peluncuran dan membakar rumput sejauh 1,6 km (keduanya salah).

Pengukuran NASA pada saat itu mencatat kebisingan peluncuran pada 204 desibel. Bandingkan dengan suara pesawat jet yang lepas landas, yaitu antara 120 dan 160 desibel Berbahaya bagi pendengaran jika berlangsung lebih dari 30 detik. Bahkan pada jarak 1,5 mil (2,4 km), suara tembakan Saturn 5 tercatat sebesar 120 desibel — sekeras konser musik rock, atau klakson mobil dalam jarak yang sangat dekat.

“Secara fisik saya selalu kagum dengan peluncurannya,” kata Anthony Rowe, pemilik kedai kopi Florida yang telah menonton dan memotret peluncuran sejak zaman Saturn V. Pada tahun 1970-an, perangkat akustik yang disebut Sensurround digunakan dalam film bencana seperti Earthquake untuk menciptakan “pengalaman” seismik subsonik di teater.

“Peluncurannya, dari dekat, agak mirip dengan Sensurround,” kata Rowe. “Anda bisa merasakan sedikit getaran, lalu gemuruh bangunan di dada Anda sebelum Anda mendengar suara yang sebenarnya. Frekuensi bass subsonik membuat telinga Anda menjerit. Setelah beberapa detik, suara itu menjadi raungan, seperti obor las besar. .”

READ  Para ahli mengkritik SpaceX setelah uji terbang kedua perusahaan tersebut mengakibatkan ledakan dahsyat yang "membakar" area lokal.

Anda mungkin juga menyukai:

Tahun lalu, tim ilmuwan dari Universitas Brigham Young di Utah menghitung hal itu Seberapa keras Saturn V?. Mereka mendapatkan hasil yang sangat mirip dengan rekaman NASA – 203 desibel.

Perbedaan antara 160 dan 200dB mungkin tidak terdengar banyak dalam skema besar, tetapi memang begitu.

“Seratus tujuh puluh desibel setara dengan 10 mesin pesawat. Dua ratus desibel sama dengan 10.000 mesin,” kata Kent Gee, penulis utama studi dan profesor fisika di Universitas Brigham Young pada saat itu. “Setiap 10 desibel adalah peningkatan besaran.”