Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Sebuah “kecelakaan” terjadi dengan Teleskop Luar Angkasa James Webb

Perbesar / Seorang teknisi berdiri di dekat beberapa bagian cermin utama Teleskop Luar Angkasa James Webb.

Pembaruan singkat dari tanggal peluncuran yang diharapkan untuk Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA senilai $ 10 miliar dirilis pada hari Senin, dan itu bukan pesan yang menghangatkan hati.

Tanggal peluncuran Teleskop Luar Angkasa Besar “Not Before” akan ditunda dari 18 Desember hingga setidaknya 22 Desember setelah “kecelakaan” terjadi selama operasi pemrosesan di lokasi peluncuran di Kourou, Guyana Prancis. Di sinilah teleskop akan diluncurkan dengan roket Ariane 5 yang disediakan oleh Badan Antariksa Eropa.

Teknisi sedang bersiap untuk menghubungkan Webb ke adaptor kendaraan peluncuran, yang digunakan untuk mengintegrasikan observatorium dengan bagian atas roket Ariane 5. Dikatakan dalam posting blog. “Pelepasan klem bar yang tiba-tiba dan tidak direncanakan – yang menempelkan Webb ke adaptor kendaraan peluncuran – menyebabkan getaran di seluruh observatorium.”

Jujur saja, kata-kata seperti “kecelakaan”, “tiba-tiba”, dan “guncangan” bukanlah jenis ungkapan yang ingin didengar orang tentang menangani instrumen yang sehalus dan hampir tak tergantikan seperti teleskop Webb. Namun, NASA, Badan Antariksa Eropa, dan operator roket Arianespace memiliki rencana ke depan.

NASA memimpin dewan peninjau anomali untuk menyelidiki dan melakukan tes tambahan untuk memastikan dengan pasti bahwa kecelakaan itu tidak merusak bagian mana pun dari teleskop. NASA mengatakan akan memberikan pembaruan saat pengujian selesai akhir pekan ini. Sebuah sumber senior badan antariksa mengatakan bahwa tes ini saat ini berlangsung lebih cepat dari jadwal, dan asalkan beberapa masalah serius belum diidentifikasi, tanggal peluncuran harus dilanjutkan hingga 22 Desember.

Setiap kemunduran sekarang dalam kemajuan Webb menuju peluncuran tampaknya sangat menyiksa karena sampai ke titik ini merupakan jalan yang sangat panjang. Instrumen tindak lanjut NASA untuk Teleskop Luar Angkasa Hubble yang sangat sukses awalnya dijadwalkan untuk diluncurkan sekitar satu dekade lalu, dengan biaya pengembangan $ 1 miliar. Sejak itu, masalah teknis dan penundaan telah merusak teleskop yang kompleks.

READ  Bahannya yang mahal adalah camilan harian untuk burung hutan ini

Konstruksi Webb sulit karena cermin 6,5 meternya perlu membuka sendiri begitu mencapai orbit 1,5 juta kilometer dari Bumi. Ini adalah proses yang sangat kompleks, dan ada lebih dari 300 titik kegagalan individu di atas observatorium. NASA mengalami kesulitan menguji semuanya di Bumi dalam kondisi yang meniru suhu, tekanan, dan gayaberat mikro di luar angkasa.

Kepala Ilmu Pengetahuan NASA Thomas Zurbuchen mengatakan pada hari Senin bahwa penting bagi NASA untuk memastikan keselamatan teleskop sebelum diluncurkan. Dia menulis: “Saya yakin tim akan melakukan segala daya untuk mempersiapkan Webb menjelajahi masa lalu kosmik kita.” di Twitter. “Tentu, langkah ini pantas untuk ditunggu.”