Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Sebuah pulau baru telah muncul dari Samudra Pasifik, tetapi mungkin akan segera menghilang: NPR

Sebuah gambar yang diposting oleh Observatorium Bumi NASA menunjukkan letusan gunung berapi di Home Reef.

Lauren Dauphin/Observatorium Bumi NASA


Sembunyikan teks

Tombol teks

Lauren Dauphin/Observatorium Bumi NASA

Sebuah gambar yang diposting oleh Observatorium Bumi NASA menunjukkan letusan gunung berapi di Home Reef.

Lauren Dauphin/Observatorium Bumi NASA

Ada sebuah pulau baru di Samudra Pasifik Selatan.

Awal bulan ini, sebuah gunung berapi bawah laut di dekat Tonga meletus, mengeluarkan lava dan mengeluarkan uap dan air di atas permukaan. Itu juga membentuk daratan baru yang dengan cepat tumbuh dari satu hingga lebih dari delapan hektar.

berdasarkan Observatorium Bumi NASAsebuah gunung berapi di tempat yang dikenal sebagai gunung laut Hum Reef mulai meletus pada 10 September.

Sebelas jam kemudian, pulau yang tidak disebutkan namanya itu muncul dari air.

Sabtu Hargai layanan geologis Tonga bahwa pulau itu telah berkembang menjadi sekitar 8,6 hektar dan berdiri sekitar 50 kaki di atas permukaan laut pada 19 September.

Badan geologi mengatakan “aktivitas vulkanik” terus berlanjut di Hom Reef tetapi menimbulkan risiko rendah bagi komunitas Vava’u dan Ha’apai.

Ini bukan pertama kalinya Home Reef meletus. Gunung berapi bawah laut meletus pada tahun 1852, 1857, 1984, dan 2006, menghasilkan pulau-pulau baru setiap kali.

Pulau-pulau yang diciptakan oleh aktivitas gunung berapi bawah laut bisa ada selama bertahun-tahun, meskipun biasanya tidak bertahan lama, kata NASA.

Namun ada harapan bahwa atol kecil yang terletak di barat daya Tonga akhir itu akan terus berlanjut. Pulau yang diciptakan oleh gunung berapi Late’iki tetangga pada tahun 1995 telah berlangsung selama 25 tahun.

READ  Peningkatan awal jumlah virus pernapasan pada anak-anak menyebabkan kebingungan di beberapa rumah sakit

Menurut badan antariksa, Home Reef adalah bagian dari zona subduksi Tonga Kermadec, di mana tiga lempeng tektonik bertabrakan satu sama lain dan menciptakan wilayah aktif gunung berapi bawah laut.