Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Sebuah struktur rahasia yang sangat besar ditemukan di bawah seluruh benua

Sebuah struktur rahasia yang sangat besar ditemukan di bawah seluruh benua

Ditulis oleh Mark McPherson | diterbitkan

Penggambaran artis tentang asteroid yang menghantam lautan

Kawah meteorit besar, yang disebut struktur Deniliquin, mungkin telah ditemukan di bawah Australia. Inilah yang ditemukan ahli geologi Andrew Glickson dalam penelitiannya. Itu juga mungkin salah satu kawah terbesar yang pernah ditemukan di Bumi.

Melalui artikel dalam bahasa tersebut PercakapanGlickson menggambarkan penemuan struktur Deniliquin di bawah Australia. Studi ini diterbitkan dalam jurnal Tektonofisika majalah dan mengungkapkan diameter lebih dari 320 mil ke lokasi tumbukan.

Ahli geologi Andrew Glickson mengatakan dia telah menemukan kawah asteroid besar di dasar laut.

Ini sangat besar dibandingkan dengan pemegang rekor sebelumnya untuk Kawah Vredefort di Afrika Selatan. Kawah Vredefort hanya berdiameter 100 mil. Oleh karena itu, penemuan ini merupakan kawah terbesar yang ditemukan sejauh ini.

Sudah lama datang informasi tentang struktur Deniliquin. Teori ini pertama kali dikembangkan pada 1990-an oleh Tony Yates, yang melanjutkan penelitian bersama tentang topik tersebut. Struktur besar tidak akan dikonfirmasi hingga studi tahun 2020 tentang sesuatu di bawah New South Wales.

“Saat asteroid menyerang, ia menciptakan kawah dengan inti yang terangkat. Ini mirip dengan bagaimana setetes air terciprat ke atas dari kawah yang lewat saat kerikil jatuh ke dalam kolam.”

Ahli geologi Andrew Glickson

Langkah selanjutnya adalah memastikan apakah dampak asteroid menjadi penyebab struktur ini atau tidak. Ini dapat memberi tahu kita lebih banyak tentang bagaimana kawah terbentuk di planet kita. Itu juga bisa memberi tahu kita lebih banyak tentang sejarah planet kita tentang bagaimana kawah Chicxulub diyakini disebabkan oleh asteroid yang memusnahkan dinosaurus.

Tapi karena ini adalah kawah yang sangat besar, mungkin timbul pertanyaan bagaimana itu tersembunyi begitu lama. Seperti yang ditulis Gilkeson, “Sejarah pemboman asteroid di Bumi sebagian besar tersembunyi.” Ini karena bagaimana kawah terbentuk.

Jadi, kapan efek ini terjadi? Penelitian menunjukkan bahwa itu terjadi lebih dari 445 juta tahun yang lalu.

Gilkeson menggambarkan fenomena ini: “Saat asteroid menyerang, ia menciptakan kawah dengan inti yang terangkat. Ini mirip dengan bagaimana setetes air terciprat ke atas dari kawah yang lewat saat kerikil jatuh ke dalam kolam.”

READ  Di tengah 'pemuliaan rangkap tiga', kata para ahli, saatnya untuk menutup-nutupi lagi
Struktur deniliquin
Kawah meteor di Arizona.

Erosi jutaan tahun dapat mengaburkan kubah pusat kawah ini. Tabrakan lempeng tektonik Bumi dapat melapisi struktur tersebut.

Ada juga banyak petunjuk yang bisa ditemukan untuk melacak penemuan ini ke kawah asteroid. Riak-riak di kerak bumi bisa mengindikasikan suhu tumbukan yang lebih tinggi. Sesar radial juga umum terjadi di sebagian besar lokasi tumbukan kawah.

Jadi, kapan efek ini terjadi? Penelitian menunjukkan bahwa itu terjadi lebih dari 445 juta tahun yang lalu. Ini mungkin menghubungkannya dengan peristiwa kepunahan massal Ordovisium, yang dikatakan telah memusnahkan 85 persen kehidupan Bumi.

Bahkan dengan banyaknya kemungkinan menarik, diperlukan lebih banyak penelitian tentang struktur Deniliquin. Gilkson menyarankan bahwa pengeboran yang dalam dapat memberikan bukti tambahan bahwa kawah ini adalah kawah asteroid. Saat ini, penelitian hanya didasarkan pada permukaan kawah.

Perlu dicatat di sini adalah bagaimana penemuan ini mengubah persepsi kita tentang peristiwa kepunahan. Tabrakan Chicxulub kurang dari setengah ukuran Deniliquin, yang dianggap telah menyebabkan kepunahan dinosaurus.

Penelitian tentang struktur Deniliquin berjalan lambat, tetapi informasi baru ini dapat menghasilkan penelitian yang lebih penting. Jika asteroid yang menyebabkannya, pertanyaan yang paling mendesak tetap ada: Seberapa besar asteroid itu?

Deniliquin mungkin menjadi yang paling luar biasa dari semua kawah yang berdampak pada Bumi. Tidak ada yang tahu berapa banyak rahasia yang terletak pada intinya tentang jutaan tahun di Bumi dan apa yang memengaruhi kehidupan di planet kita.