Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Sebuah “ supernova eksentrik ” mengungkapkan penderitaan kematian bintang sebelum meledak

Para astronom menggunakan Observatorium Sinar-X Chandra milik NASA untuk mempelajari sisa-sisa Cassiopeia A dan menemukan titanium, ditunjukkan dengan warna biru muda, yang meledak darinya. Warna tersebut mewakili elemen lain yang terdeteksi, seperti besi (oranye), oksigen (ungu), silikon (merah), dan magnesium (hijau).

Lubang hitam supermasif di pusat galaksi M87, lubang hitam pertama yang pernah difoto, sekarang dapat dilihat dalam cahaya terpolarisasi. Garis melingkar menunjukkan medan magnet di dekat tepi lubang hitam.

Gambar dari Sloan Digital Sky Survey ini menunjukkan galaksi J0437 + 2456, yang memiliki lubang hitam supermasif di tengahnya yang tampak bergerak.

Kesan artis ini menunjukkan seperti apa quasar P172 + 18 di kejauhan dan jet radionya 13 miliar tahun yang lalu. Cahaya dari quasar membutuhkan waktu lama untuk mencapai kita, jadi para astronom mengamati quasar seperti yang muncul di awal alam semesta.

Gambar ini menunjukkan sekitar galaksi katai sangat jernih Tucana II, ditangkap oleh teleskop SkyMapper.

Gambar-gambar ini menunjukkan dua galaksi radio raksasa yang ditemukan dengan teleskop Meerkat. Warna merah pada kedua gambar menunjukkan cahaya radio yang dipancarkan oleh galaksi dengan latar belakang langit seperti yang terlihat pada cahaya tampak.

Artis ini membayangkan quasar J0313-1806 670 juta tahun setelah Big Bang. Quasar adalah benda berenergi tinggi di pusat galaksi, ditenagai oleh lubang hitam dan lebih terang dari seluruh galaksi.

Yang ditampilkan di sini adalah fenomena yang disebut cahaya zodiak, yang disebabkan oleh pantulan cahaya matahari oleh partikel debu kecil di tata surya bagian dalam.

Kesan seniman ini terhadap galaksi jauh ID2299 menunjukkan bahwa sebagian gasnya dikeluarkan oleh “ekor pasang surut” sebagai hasil penggabungan dua galaksi.

Diagram ini menunjukkan dua pendamping terpenting Bima Sakti: Awan Magellan Besar (kiri) dan Awan Magellan Kecil. Dibuat menggunakan data dari satelit Gaia Badan Antariksa Eropa.

Nebula Cincin Biru diyakini sebagai tahap yang belum pernah terjadi sebelumnya yang terjadi setelah penggabungan dua bintang. Puing-puing yang mengalir dari penggabungan diiris oleh piringan di sekitar bintang, membentuk dua kerucut materi yang bersinar dalam sinar ultraviolet.

Bintang raksasa merah Bethel Gemini, di konstelasi Orion, mengalami pemadaman yang belum pernah terjadi sebelumnya pada akhir 2019. Gambar ini diambil pada bulan Januari menggunakan Very Large Telescope dari European Southern Observatory.

Ini adalah gambar inframerah dari Apep, sistem biner bintang Wolf-Rayet yang terletak 8.000 tahun cahaya dari Bumi.

Ilustrasi seniman, di sebelah kiri, membantu memvisualisasikan detail sistem bintang yang tidak biasa, GW Orionis, di konstelasi Orion. Cakram bintang sistem ini retak, menghasilkan cincin miring di sekitar tiga bintangnya.

Ini adalah simulasi dari dua lubang hitam spiral yang menggabungkan dan memancarkan gelombang gravitasi.

Ilustrasi seniman ini mengilustrasikan kaburnya bintang Betelgeuse yang tak terduga.

Galaksi yang sangat jauh ini, yang menyerupai Bima Sakti kita, terlihat seperti cincin cahaya.

Menjelaskan interpretasi artis ini tentang supernova kaya kalsium 2019ehk. Warna jingga mewakili bahan kaya kalsium dari ledakan.Warna ungu menunjukkan gas yang dilontarkan bintang sebelum ledakan.

Titik biru di tengah gambar ini menunjukkan perkiraan lokasi peristiwa supernova yang terjadi 140 juta tahun cahaya dari Bumi, di mana katai putih meledak dan menghasilkan kilatan ultraviolet. Itu terletak di dekat ekor konstelasi Draco.

Gambar radar yang diambil oleh misi Magellan NASA ke Venus pada tahun 1991 ini menunjukkan karangan bunga, struktur melingkar besar sepanjang 120 mil yang disebut Aine Corona.

Saat massa bintang dikeluarkan selama ledakan supernova, ia mengembang dengan cepat. Akhirnya, itu akan melambat dan membentuk gelembung gas panas yang berpendar. Katai putih akan muncul dari gelembung gas ini dan bergerak melintasi galaksi.

Pijar dari ledakan sinar gamma pendek yang terdeteksi dari jarak 10 miliar tahun cahaya muncul di sini dalam sebuah lingkaran. Gambar ini diambil oleh Teleskop Gemini-Utara.

Gambar Teleskop Luar Angkasa Hubble, NGC 7513, menunjukkan galaksi spiral yang memanjang sejauh 60 juta tahun cahaya. Karena perluasan alam semesta, galaksi tampak bergerak menjauh dari Bima Sakti dengan kecepatan yang semakin cepat.

Ilustrasi konsep artis ini menunjukkan seperti apa rupa bintang variabel bercahaya biru di galaksi Kinman Dwarf sebelum menghilang secara misterius.

Ini adalah ilustrasi lubang hitam supermasif dan cakram gas di sekitarnya. Di dalam cakram ini ada dua lubang hitam kecil yang berputar mengelilingi satu sama lain. Para peneliti mengidentifikasi semburan cahaya yang diduga berasal dari salah satu pasangan biner ini tak lama setelah mereka bergabung menjadi lubang hitam yang lebih besar.

Gambar dari video ini menunjukkan apa yang terjadi ketika dua objek dengan massa berbeda bergabung bersama dan menciptakan gelombang gravitasi.

Ini adalah kesan seniman yang menunjukkan deteksi ledakan radio berulang yang cepat terlihat dalam warna biru, di orbit dengan objek astrofisika yang terlihat berwarna merah muda.

Ledakan radio yang cepat, yang tersebar dengan meninggalkan galaksi induknya dalam gelombang gelombang radio yang terang, membantu menemukan “materi yang hilang” di alam semesta.

Jenis ledakan baru telah ditemukan di galaksi kecil yang berjarak 500 juta tahun cahaya dari Bumi. Jenis ledakan ini disebut sebagai transien optik biru cepat.

Para astronom telah menemukan jenis galaksi langka yang digambarkan sebagai “cincin api kosmik”. Ilustrasi seniman ini menunjukkan galaksi seperti 11 miliar tahun yang lalu.

Ini adalah kesan seniman tentang cakram serigala, galaksi cakram besar yang berputar di awal alam semesta.

“Selubung” kuning cerah di dekat bagian tengah gambar ini menunjukkan kemungkinan terbentuknya planet di sekitar bintang AB Aurigae. Gambar diambil oleh Very Large Telescope dari Observatorium Selatan Eropa.

Ilustrasi seniman ini menunjukkan orbit dua bintang dan lubang hitam tak terlihat 1.000 tahun cahaya dari Bumi. Sistem ini mencakup satu bintang (orbit biru kecil) yang mengorbit lubang hitam yang baru ditemukan (orbit berwarna merah), serta bintang ketiga di orbit yang lebih luas (juga dengan warna biru).

Ilustrasi ini menunjukkan inti sebuah bintang, yang dikenal sebagai katai putih, terseret di orbit mengitari lubang hitam. Selama setiap orbit, lubang hitam mencabik-cabik lebih banyak materi dari bintang dan menariknya ke dalam piringan materi pijar di sekitar lubang hitam. Sebelum menemukan lubang hitam, bintang itu adalah raksasa merah di tahap akhir evolusi bintang.

Ilustrasi seniman menunjukkan tabrakan dua benda es selebar 125 mil, mengorbit bintang terang Fomalhaut, 25 tahun cahaya. Diperkirakan bahwa mengamati akibat dari tabrakan ini adalah sebuah planet ekstrasurya.

Inilah kesan seniman tentang komet antarbintang 2I / Borissov saat bergerak melalui tata surya kita. Pengamatan baru mengungkapkan karbon monoksida di ekor komet saat matahari memanaskan komet.

Pola mawar ini adalah orbit sebuah bintang, yang disebut S2, di sekitar lubang hitam supermasif di pusat galaksi Bima Sakti kita.

Ini adalah ilustrasi artis tentang SN2016aps, yang diyakini para astronom sebagai supernova paling terang yang pernah diamati.

Ini adalah gambar artis dari katai coklat, atau benda “bintang gagal”, dan medan magnetnya. Atmosfer dan medan magnet katai coklat berputar dengan kecepatan yang berbeda, memungkinkan para astronom untuk menentukan kecepatan angin di atas objek tersebut.

Ilustrasi seniman ini menunjukkan lubang hitam bermassa sedang yang terkoyak menjadi bintang.

Ini adalah kesan artis terhadap bintang besar yang dikenal sebagai HD74423 dan bintang katai merahnya yang jauh lebih kecil dalam sistem bintang biner. Bintang besar tampaknya hanya berdenyut di satu sisi, dan terdistorsi oleh tarikan gravitasi bintang pendamping dalam bentuk tetesan air mata.

Berikut kesan seniman terhadap dua kurcaci putih dalam proses fusi. Sementara para astronom berspekulasi bahwa ini mungkin menyebabkan supernova, mereka menemukan contoh dua bintang katai putih yang lolos dari fusi.

Kombinasi teleskop angkasa dan darat telah menemukan bukti ledakan terbesar yang terlihat di alam semesta. Ledakan itu disebabkan oleh lubang hitam yang terletak di pusat galaksi cluster Ophiuchus, yang melepaskan jet dan mengukir rongga besar di sekitar gas panas.

Gambar ALMA baru ini menunjukkan hasil dari pertempuran bintang: lingkungan gas yang sangat kompleks di sekitar sistem bintang biner HD101584.

Teleskop Luar Angkasa Spitzer NASA menangkap Nebula Tarantula dalam dua panjang gelombang cahaya inframerah. Merah melambangkan gas panas, dan biru melambangkan debu antarbintang.

Katai putih, kiri, menarik materi dari katai coklat, di sebelah kanan, sekitar 3.000 tahun cahaya dari Bumi.

Gambar ini menunjukkan orbit enam objek-G di pusat galaksi kita, dengan lubang hitam supermasif yang diindikasikan dengan tanda silang putih. Bintang, gas, dan debu di latar belakang.

Setelah bintang mati, mereka mengeluarkan partikelnya ke luar angkasa, yang kemudian membentuk bintang baru. Dalam satu kasus, debu bintang menjadi bagian integral dari meteorit yang jatuh ke Bumi. Ilustrasi ini menunjukkan bahwa debu bintang dapat mengalir dari sumber seperti Nebula Telur untuk menghasilkan butiran yang diperoleh dari meteorit, yang mendarat di Australia.

Bekas Bintang Utara, Alpha Draconis atau Thuban, dilingkari di sini di gambar langit utara.

UGC 2885, dijuluki “Galaksi Godzilla”, mungkin yang terbesar di alam semesta lokal.

Galaksi induk dari ledakan radio cepat berulang yang baru dilacak diperoleh dengan teleskop Gemini-North 8 m.