Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Sekarang Draghi memiliki masalah: penjualan Monte dei Paschi telah gagal

Sekarang Draghi saya punya masalah
Monte dei Paschi gagal menjual

Dalam beberapa tahun terakhir, bank tertua di Italia, Monte dei Paschi, telah menjadi berita utama terutama melalui kredit macet. Jelas bagi pemerintah: lembaga keuangan yang tidak menguntungkan secara kronis harus bergabung dengan mitra yang kuat. Tapi percakapan dengan UniCredit gagal.

Kemungkinan penjualan bank krisis nasional Italia Monte dei Paschi di Siena (MPS) kepada pesaing UniCredit telah gagal. Unicredit dan Kementerian Perekonomian mengatakan negosiasi telah dihentikan dan tidak akan dilanjutkan lagi. Menurut sumber dalam, ide yang sangat berbeda tentang aspek keuangan dari kesepakatan menyebabkan kegagalan. Akhir cerita menyulitkan Perdana Menteri Mario Draghi untuk menjual Monte Paschi, yang diselamatkan dari kebangkrutan pada 2017 dengan pajak miliaran dolar, pada pertengahan 2022 seperti yang disepakati dengan Uni Eropa.

Selain itu, pemerintah harus mendapatkan persetujuan dari Brussel untuk dapat memompa lebih banyak uang ke bank krisis tanpa skenario negara keluar dari MBS. Desas-desus bahwa pembicaraan berada di ambang kegagalan setelah berbulan-bulan negosiasi telah beredar sejak Sabtu. Alasannya adalah perselisihan tentang rekapitalisasi MPS yang mahal, kata orang dalam itu. Italia menyelamatkan bank tertua di dunia dari kehancuran pada 2017 dengan 5,4 miliar euro, dan sejak itu memiliki 64 persen saham.

Pemerintah selalu memandang merger dengan mitra yang lebih kuat sebagai solusi terbaik bagi Bank Tuscan. Seseorang yang akrab dengan masalah ini mengatakan kedua belah pihak berbeda dalam masalah keuangan. UniCredit menuntut agar negara menempatkan 6,3 miliar euro lagi di Monte Paschi mengingat koreksi yang diperlukan dalam pembukuan MPS.

Namun, Kementerian Keuangan menganggap amandemen ini sebagian besar tidak dapat dibenarkan. Selain itu, Unicredit menilai suku cadang MPS yang ingin dibelinya hanya 1,3 miliar euro. Kementerian Keuangan, bagaimanapun, diasumsikan 3,6-4,8 miliar euro. Dengan demikian, tuntutan Unicredit akan menggagalkan tujuan pemerintah untuk tidak menjual MPS di bawah nilainya.

Rencana jual akhir Desember

Unicredit tidak menanggapi informasi tersebut. Sebuah sumber mengatakan pemerintah sekarang dapat membuat “Rencana B”. Orang yang mengetahui pertimbangan tersebut mengatakan, “Saat ini tidak ada kesepakatan yang mungkin dilakukan di bawah ketentuan UniCredit. Tetapi kerangka kerja yang sama yang diperkenalkan ke UniCredit dapat diterapkan pada rencana ‘berdiri sendiri’.” Pemerintah telah mempertimbangkan keuntungan potensial dari independensi MPS, karena Departemen Keuangan akan menerapkan bagian dari langkah-langkah yang juga telah diajukan ke UniCredit – termasuk peningkatan modal multi-miliar euro. Ada kemungkinan bahwa pemerintah akan mengatur ulang manajemen di Monte Paschi dan mentransfer kredit macet dari MPS ke perusahaan penyelamat negara AMCO.

Direktorat Jenderal Komisi Eropa (DG-COMP) memiliki kata terakhir tentang nasib Monte Paschi. Ini menyerukan rencana untuk menjual bank krisis pada akhir Desember. Perpanjangan bukit dapat divisualisasikan. Menurut orang dalam, administrasi publik tidak mungkin untuk meninggalkan pesanan penjualan.

READ  Pekao Bank menerima rekomendasi dari Otoritas Pengawas Keuangan Polandia mengenai dividen; Anda akan membayar PLN 3,21 per saham