SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Sekolah Rujukan Tunggu Kuota Siswa

  • Reporter:
  • Senin, 4 Juni 2018 | 16:01
  • Dibaca : 319 kali
Sekolah Rujukan Tunggu Kuota Siswa
ilustrasi

SEKUPANG – Tiga sekolah rujukan tingkat SMP masih menunggu keputusan Pemko Batam untuk jumlah penerimaan siswa baru. Sejauh ini sekolah masih mengira-ngira jumlahnya dengan ketentuan maksimal 32 siswa untuk satu kelas.

Kepala Sekolah SMPN 3 Sekupang Wiwik Darwiyanti mengungkapkan jika mengacu ketentuan itu maka sekolahnya akan menerima 320 siswa baru karena punya 10 kelas untuk siswa baru. “Kami masih menunggu Juknis dari Pemko tentang kuota. Juga untuk siswa bina lingkungan juga, karena kami belum dapat mandat dari Pemko,” ungkap Wiwik, kemarin.

Sembari menunggu, SMPN 3 sudah membentuk panitia pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). SMPN 3 yang ditetapkan satu dari empat sekolah rujukan akan lebih awal menerima pendaftaran ketimbang sekolah reguler atau sekolah yang ikut sistem zonasi. Pendaftarannya akan dibuka 26 Juni hingga 28 Juni 2018. Hanya saja, calon siswa yang mendaftar ke sekolah rujukan harus memiliki nilai ujian nasional minimal 80.00.

“Sebelum pendaftaran, kami lebih dahulu membuka pra-pendaftaran pada 25 Juni,” sambung Wiwik.

Setelah pendaftaran, calon siswa akan mengikuti ujian tertulis pada 29 Juni-30 Juni. Setelah itu dilanjutkan tes wawancara. Menurut Wiwik, ujian tersebut untuk memastikan siswa memenuhi kriteria sekolah rujukan. “Ini menyangkut pencapaian sekolah rujukan ke depannya,” tutur dia.

Untuk diketahui, SMPN 3 menjadi sekolah unggulan dan favorit sebelum ditetapkan menjadi sekolah rujukan. Pada UN 2018, siswa SMPN 3 mendominasi 10 besar nilai tertinggi di Kepri. Bukan yang pertama, menutur Wiwik, raihan nilai tertinggi diraih dalam lima tahun terakhir. Selain SMPN 3, tiga sekolah rujukan lain yaitu SMPN 6 Seipanas, SMPN 26 Batuaji dan SDN 06 Sekupang.

“Kami sangat bangga dengan predikat sekolah rujukan ini, karena hasil jerih payah kami membangun pendidikan yang berprestasi,” kata Wiwik.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com