Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Selandia Baru melebihi 200 kasus Covid setiap hari untuk pertama kalinya dalam epidemi

Pembatasan ketat Selandia Baru telah menjaga jumlah infeksi di bawah 7.000 dan kematian pada 31. (File)

Auckland:

Selandia Baru 206 infeksi komunitas harian baru pada hari Sabtu melewati angka ratusan untuk pertama kalinya selama pandemi coronavirus, ketika negara itu berjuang untuk memvaksinasi 5 juta penduduknya.

Kota terpadat di Auckland, yang telah melaporkan 200 kasus baru, telah berada di bawah pembatasan COVID-19 selama hampir tiga bulan karena memerangi wabah jenis delta yang menular, meskipun pembatasan diperkirakan akan dilonggarkan pada hari Senin.

Perdana Menteri Jacinda Ardern mengatakan dia ingin warga Auckland dapat melakukan perjalanan ke Belahan Bumi Selatan untuk musim panas dan Natal.

“Kami tidak akan membuat warga Auckland terisolasi dari Auckland selama waktu itu – kami tidak bisa melakukan itu,” kata Ardern pada konferensi pers di rapat umum nasional partai Buruh.

Kementerian Kesehatan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kasus hari Sabtu mengingatkan orang akan pentingnya vaksinasi sebagai perlindungan pertama terhadap virus.

Dia mengatakan 78 persen warga Selandia Baru berusia 12 tahun ke atas telah divaksinasi penuh, sementara 89 persen telah menerima dosis pertama pada Jumat.

Dipuji secara global karena memberantas COVID-19, Selandia Baru tidak mampu mengalahkan wabah Delta Auckland, memaksa Ardern untuk meninggalkan strategi pemberantasan virus demi upaya koeksistensi.

Namun, itu bernasib jauh lebih baik daripada banyak negara lain, dengan pembatasan ketat menjaga infeksi di bawah 7.000 dan kematian pada 31.

(Kecuali untuk judul, cerita ini belum diedit oleh kru NDTV dan diterbitkan dari feed sindikasi.)