SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Semangat Kami Berkarya

  • Reporter:
  • Jumat, 5 Mei 2017 | 13:17
  • Dibaca : 688 kali
Semangat Kami Berkarya
Tim KORAN SINDO BATAM edisi perdana

Menyatukan kultur kerja yang berbeda-beda memang bukan urusan mudah. Kinerja organisasi bisa terhambat jika tak bisa menyikapi perbedaan pendapat dengan bijak. Terkadang, membimbing anak-anak muda yang belum terlalu jauh mengenal media cetak, lebih gampang perkaranya. Tapi waktu mengajarkan kami untuk saling percaya.

Tak ada yang mutlak dalam selera berkoran. Ia bentuk kreativitas. Cair. Kadang subjektif. Dan kami menjadikan kekayaan berpikir itu sebagai kekuatan dasar KORAN SINDO BATAM. Hal-hal yang terkesan hanya bagus dari satu sudut padang, terasa objektif ketika kami mengedepankan kepentingan bersama sebagai “Orang Sindo”.

Kami menikmati masa-masa itu. Proses demi proses. Dan selalu mengingat bagaimana bangganya melihat koran ini bisa terbit perdana 5 Mei 2014. ***

Hari ini, tepat tiga tahun lalu. Direksi mengundang seluruh karyawan berkumpul di lantai dasar ruko di kawasan Nagoya, tak jauh dari Pizza HUT. Itu kantor pertama kami, sebelum pindah ke Batuampar. Di sana kami memanjatkan doa syukur karena KORAN SINDO BATAM sudah beredar. Wajah kami jelas berseri-seri. Sangat optimistis. Siap tempur!

Kami membayangkan media cetak tempat kami berkarya ini melejit jadi yang terbaik. Jadi penguasa pasar. Namun, galibnya sebuah proses, terkadang antara cita-cita dengan realita memang berjarak. Ia tak begitu dekat. Harus ada upaya keras dan disiplin. Ini butuh waktu. ***

Berproses
Usia KORAN SINDO BATAM belum 1 tahun saat pertama kali meraih perunggu di ajang bergensi Indonesia Print Media Awards (IPMA) 2015. Untuk ukuran koran yang masih baru, bolehlah kami berbangga. Event tertinggi adu kreativitas media cetak di Indonesia ini jadi pembuka jalan bagi kami meluaskan jangkauan dan menjaring relasi lebih banyak lagi. Dan yang terpenting, meningkatkan kepercayaan diri awak-awak kami.

Di tahun berikutnya, kami kembali meraih perunggu. Kalau dibilang kecewa, tentu ya, karena pencapaiannya sama, sementara KORAN SINDO BATAM sudah memasuki usia ke-2. Baru di 2017, karakter sebagai “Orang Sindo” mulai muncul: Selalu mau belajar, kerja keras dan kompetitif. Die hard!

Kami mulai berani tampil beda dengan menambahkan unsur-unsur baru dalam merancang koran. Ini kami lakukan setiap hari, demi mencapai perwajahan yang ideal. Kami memulainya dari perencanaan, pengumpulan bahan, penguatan konten tulisan, foto pendukung, infografis sebagai menunjang, evaluasi, hingga diskusi tata letak. Debat soal tampilan koran esok harus kami hentikan menjelang deadline.

Hasilnya, KORAN SINDO BATAM menyabet Gold Winner The Best of Sumatera Newspaper IPMA 2017. Kami koran dengan tampilan terbaik se-Sumatera. ***

Tantangan 3 Tahun
Brand koran ini naik beberapa grade. Semakin dikenal. Di fase ini, kami mengangkangi para kompetitor. Hanya saja, koran memang bukan cuma perkara tampil elok. Bukan pula soal siapa berani-siapa jeli mengangkat isu yang jarang dimainkan media kompetitor. Koran, harus hebat secara keseluruhan.

Meski pada mulanya kami percaya koran yang baik akan diikuti bisnis yang baik pula, namun situasi saat ini benar-benar bagai pungguk merindukan bulan. Bukan derasnya arus informasi digital dan serbuan hoax yang membuat bisnis koran kurang “nendang”. Berhentilah menyebut media online sebagai pembunuh media cetak. Sekali lagi bukan. Di Kepri, media online belum seganas itu.

Dengan pemberitaan yang hangat, tampilan yang atraktif dan full color, KORAN SINDO BATAM masuk kualitas premium. Masyarakat bisa menjangkaunya karena hanya dijual Rp2.000 per eksemplar. Ini pula yang membuat oplah kami selalu bagus. Barangkali yang terbagus di Kepri.

Tantangan kami di ulang tahun ke-3 ini bukan dari persaingan, melainkan krisis global. Ekonomi lesu. Pebisnis banyak yang terpaksa menahan diri, menunda berpromosi. Di bisnis apapun, termasuk surat kabar harian tentunya, penundaan adalah kerugian. Koran misalnya, harus cetak setiap hari. Kebutuhan masyarakat Kepri terhadap informasi bermutu mesti tetap dilayani. Ini sudah komitmen.

Terus menyuguhkan produk jurnalistik bermutu, sembari meninggikan setelan efisien, adalah langkah yang kami tempuh saat ini. Waktu akan menguji seberapa kuat organisasi KORAN SINDO BATAM. Kami percaya ekonomi Kepri segera membaik, aktivitas bisnis bakal kembali menggeliat jika kebijakan ekonomi yang diterapkan pemerintah tepat. Dalam situasi positif, perusahaan-perusahaan mendapat angin segar dan tak lagi menahan diri dalam berpromosi. ***

Terima Kasih
Terima kasih kepada pelanggan dan pembaca setia yang telah menjadi bagian dari keluarga besar KORAN SINDO BATAM. Kepercayaan Anda adalah kekuatan dan motivasi bagi kami untuk terus berkarya. Terima kasih juga kami haturkan kepada mitra bisnis KORAN SINDO BATAM, terutama klien iklan yang menjadikan media cetak kami sebagai sarana komunikasi efektif dalam meningkatkan trust maupun penjualan produk yang Anda pasarkan. Salam hangat.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com