Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Sentimen yang memburuk di pasar saham

Penyebabnya adalah kenaikan harga gas, batu bara, dan minyak mentah, yang menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat dan mengarah pada prospek ekonomi yang lebih buruk (yang kami tulis lebih detail dalam peringatan hari ini setelah pukul 15:00). Melihat pasar Eropa, semua indikator utama hilang hari ini. DAX Jerman kehilangan 2,11 persen, dan CAC 40 Prancis ditutup pada 2,17 persen. Lebih rendah, indeks IBEX 35 Spanyol turun 2,6 persen.

Merah juga muncul di WSE, meskipun di sini diskonnya sedikit lebih sedikit. Indeks dua puluh perusahaan terbesar turun 0,73 persen hari ini. Tauron, PKO BP, Allegro, KGHM dan Mercator adalah yang terkuat di antara blue chips. Pada gilirannya, bintang sesi hari ini adalah Cyfrowy Polsat, di mana penawaran dibuka dengan kesenjangan pertumbuhan yang besar setelah mengumumkan penawaran tender untuk menjual saham perusahaan di PLN 35. Sentimen positif berlanjut hingga akhir hari dan perusahaan naik lebih banyak. dari 7%. Saham Orange Polska juga berkinerja baik, bertambah 4,2 persen.

Investor luar negeri juga terpengaruh sentimen negatif. Melihat pasar AS, Nasdaq adalah yang terburuk hari ini, menjual 2,5 persen. Pada gilirannya, Dow Jones dan S & P500 masing-masing kehilangan 1,3 persen. Kenaikan 1,85 persen dalam imbal hasil 10-tahun menempatkan bulls keluar dari pasar (terutama terlihat di perusahaan teknologi). Fenomena ini harus dijelaskan oleh komentar hawkish baru-baru ini dari anggota Federal Reserve. Investor tampaknya mulai menyadari taper yang akan datang serta kemungkinan kenaikan suku bunga yang semakin besar tahun depan. Bisakah koreksi yang sedikit lebih besar di pasar saham baru saja dimulai?

ukasz Stefanik

READ  Opel Astra 2021 baru. Kesan pertama, mesin, dan data teknis