Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Seorang ilmuwan Tiongkok mengatakan bahwa India tidak mendarat di kutub selatan bulan

Seorang ilmuwan Tiongkok mengatakan bahwa India tidak mendarat di kutub selatan bulan

Gambar dari video yang disediakan oleh Organisasi Penelitian Luar Angkasa India ini menunjukkan permukaan bulan saat pesawat luar angkasa Chandrayaan-3 bersiap mendarat pada Rabu, 23 Agustus 2023. India menjadi negara pertama yang mendaratkan pesawat luar angkasa di dekat kutub selatan bulan. Yang diyakini para ilmuwan mungkin mengandung cadangan penting air beku. (ISRO melalui AP)

(NewsNation) – Pada bulan Agustus, India menjadi negara pertama yang mendarat di dekat kutub selatan bulan. Kini, seorang ilmuwan terkemuka Tiongkok mengklaim telah mendarat jauh dari kutub selatan Bulan.

Pendarat Chandrayaan-3 Vikram milik India berada jauh dari kutub selatan Bulan, dan terletak pada 69 derajat lintang selatan ketika kutub selatan Bulan berada di antara keduanya, kata Ouyang Ziyuan, yang sering disebut sebagai bapak program bulan Tiongkok, kepada surat kabar berbahasa Tiongkok, Science Times . Lintang 88,5 dan 90 derajat.

“Ini adalah kesalahan!” Dia berkata. “Lokasi pendaratan Chandrayaan-3 tidak berada di kutub selatan bulan, tidak juga di wilayah kutub selatan bulan, atau dekat wilayah kutub selatan bulan.”

Di Bumi, 69 derajat selatan terletak di dalam Lingkaran Antartika, namun jaraknya yang setara dengan bulan jauh lebih dekat ke kutub. Menurut Ziyuan, Chandrayaan-3 berjarak 619 kilometer (385 mil) dari wilayah kutub.

Tiongkok memiliki teknologi yang jauh lebih baik, kata Pang Zhihao, pakar luar angkasa senior yang berbasis di Beijing, seperti dikutip oleh surat kabar Partai Komunis “Global Times”, menurut surat kabar Partai Komunis “Global Times”. waktu.

Program luar angkasa Tiongkok “mampu mengirimkan pengorbit dan pendarat langsung ke orbit transfer Bumi-bulan sejak peluncuran Chang’e-2 pada tahun 2010, sebuah manuver yang belum dilakukan India mengingat terbatasnya kapasitas kendaraan peluncurannya.” Kata postingan itu. “Mesin yang digunakan Tiongkok juga jauh lebih canggih.”

READ  SpaceX menunda misi Falcon 9 Starlink berikutnya hingga hari Minggu

ISRO tidak pernah mengklaim telah mendarat di Kutub Selatan; Publikasi teknologi IFLScience Pernyataan tersebut hanya menyatakan bahwa mereka mendarat lebih dekat ke Kutub Selatan dibandingkan negara lain mana pun.

Meskipun demikian, pendaratan Chandrayaan-3 penting bagi para ilmuwan, yang percaya bahwa wilayah yang belum dipetakan tersebut mungkin mengandung cadangan air beku dan unsur-unsur berharga yang dapat membantu misi di masa depan.