Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

seorang pria Boise County meninggal karena rabies; Kematian pertama akibat virus di Idaho dalam 43 tahun

Kelelawar yang terbang selama waktu makan di Arizona. Kelelawar adalah salah satu vektor terbesar rabies. (Joe MacDonald, Shutterstock)

Perkiraan waktu membaca: 3-4 menit

Seorang pria Idaho yang pejabat kesehatan negara bagian percaya tidak tahu dia digigit atau dicakar dengan raket pada akhir Agustus meninggal karena rabies bulan lalu, kata para pejabat Kamis.

Ini adalah kematian manusia pertama akibat rabies di negara bagian itu sejak 1978, menurut Departemen Kesehatan, Kesejahteraan dan Kesehatan Idaho Pusat.

“Kasus tragis ini menyoroti betapa pentingnya bagi warga Idaho untuk mewaspadai risiko terpapar rabies,” kata ahli epidemiologi Idaho, Dr. Kristen Hahn dalam sebuah pernyataan. “Meskipun kematian jarang terjadi, penting bagi orang yang terpapar kelelawar menerima perawatan yang tepat untuk mencegah timbulnya rabies secepat mungkin.”

Agensi melaporkan bahwa seorang pria Boise County, yang nama dan usianya belum dirilis, menemukan kelelawar di rumahnya pada akhir Agustus. Kelelawar itu terbang mendekatinya dan tersangkut di pakaiannya, tetapi pria itu tidak tahu bahwa dia telah digigit atau dicakar. Boise County berjarak sekitar satu setengah jam berkendara dari Boise, yang merupakan ibu kota negara bagian dan ibu kota kabupaten Ada County.

Kemudian, sekitar bulan Oktober, pria itu jatuh sakit dan dibawa ke rumah sakit di daerah Boise sebelum meninggal. Para pejabat mengatakan mereka mengetahui insiden kelelawar itu ketika mereka menyelidiki kematiannya. Mereka mengatakan bahwa mereka telah melakukan kontak dengan keluarga pria itu, mereka yang merawatnya dan siapa pun yang telah terpapar virus.

Pejabat kesehatan Idaho dan Utah mencatat bahwa rabies memiliki tingkat kematian tertinggi dibandingkan penyakit lainnya. Namun, kematian akibat rabies pada manusia sangat jarang terjadi. di 2018, seorang pria Moroni berusia 55 tahun yang mengalami kematian pertama akibat rabies di Utah sejak 1944. Kasus itu tiga tahun lalu juga melibatkan kelelawar.

Setelah sepasang hewan peliharaan melakukan kontak dengan satwa liar pembawa rabies di daerah St. George awal tahun ini, Hannah Rittler, seorang ahli epidemiologi di Departemen Kesehatan Utah, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada 24 September.

“Inilah mengapa sangat penting untuk bekerja dengan petugas pengontrol hewan, pejabat (divisi WIldlife Utah) dan departemen kesehatan setempat untuk menentukan apakah Anda memerlukan vaksin rabies pasca pajanan,” tambahnya. “Ini adalah pengobatan yang menyelamatkan jiwa dan alasan mengapa kasus rabies pada manusia telah menurun secara dramatis dalam 100 tahun terakhir.”

Menurut Mayo ClinicGejala rabies antara lain: demam, sakit kepala, mual, muntah, agitasi, kecemasan, kebingungan, hiperaktif, kesulitan menelan, air liur berlebihan, ketakutan yang disebabkan oleh upaya minum cairan karena kesulitan menelan air, ketakutan yang disebabkan oleh udara yang terbang di atas tubuh. Wajah, halusinasi, insomnia, kelumpuhan parsial.

Pejabat kesehatan Idaho mengatakan paparan rabies lebih sering terjadi. Mereka mengatakan sekitar 60.000 orang Amerika menerima seri vaksinasi pasca pajanan setiap tahun.

Pejabat Departemen Sumber Daya Margasatwa Utah mengatakan kelelawar adalah pembawa rabies paling umum di Utah. Kelelawar bertanggung jawab atas semua kecuali dua dari 96 kasus rabies yang dikonfirmasi di Utah sejak 2016. Hingga September, ada juga 59 kasus manusia yang terpapar virus selama lima tahun terakhir – dengan satu kematian.

Pejabat kesehatan Idaho mengatakan 14 kelelawar telah dites positif rabies di negara bagian mereka tahun ini saja. Sekitar 11% dari 159 kelelawar yang diuji di Negara Bagian Jawhar tahun lalu juga membawa virus.

Jika ada orang di Utah yang telah melakukan kontak dengan hewan yang mungkin mengidap rabies, badan tersebut merekomendasikan untuk “segera menelepon” kontrol hewan setempat atau kantor DWR sehingga mereka dapat mengambil hewan tersebut untuk pengujian rabies. Jika kecelakaan terjadi selama akhir pekan, mereka mendorong Anda untuk menghubungi nomor non-darurat dari polisi setempat, yang dapat menghubungi personel DWR.

Jika hewan itu tidak dapat diuji, mereka mengatakan harus diasumsikan bahwa seseorang yang telah melakukan kontak dengan makhluk itu telah terpapar virus.

“Kunjungi situs web Departemen Kesehatan Utah segera untuk menemukan lokasi terdekat untuk menerima vaksin rabies (profilaksis pasca pajanan),” tulis pejabat badan tersebut dalam sebuah pernyataan. “Hubungi departemen kesehatan setempat untuk mengajukan pertanyaan dan melaporkan kejadian itu.”

Cerita terkait

Lebih banyak cerita yang mungkin Anda minati

READ  Penjelajah gigih telah menciptakan oksigen di Mars