Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

'Seperti inilah tingkat intersepsi sebesar 99%': Israel berbagi video tentang bagaimana drone Iran ditembak jatuh

'Seperti inilah tingkat intersepsi sebesar 99%': Israel berbagi video tentang bagaimana drone Iran ditembak jatuh

Iran melakukan serangan terhadap Israel untuk pertama kalinya pada Sabtu malam, memaksa Israel mengeluarkan peringatan serangan udara dan mendesak penduduk untuk mencari perlindungan ketika ledakan terdengar.

Bagi yang belum tahu, gambaran sistem pertahanan udara Israel yang mencegat rentetan rudal Iran mungkin tampak seperti gambar kembang api yang meledak saat pencegatan tersebut menerangi langit malam di beberapa tempat di seluruh negeri.

Iran tidak sendirian, beberapa sekutunya juga ikut serta dalam serangan itu, menurut laporan BBC BBC. Iran, Irak, Suriah dan Yaman menembakkan proyektil tersebut sementara Israel, Amerika Serikat, Inggris, Perancis, serta Yordania mencegatnya.

Juru bicara militer Israel mengatakan jumlah peluncuran mencapai lebih dari 300, namun 99% di antaranya berhasil dicegat. Laksamana Daniel Hagary menggambarkan hasil tersebut sebagai “keberhasilan strategis yang sangat signifikan” dan mengatakan bahwa Iran telah meluncurkan 170 drone, lebih dari 30 rudal jelajah, dan lebih dari 120 rudal balistik. Di antara rudal-rudal tersebut, beberapa rudal balistik mencapai wilayah Israel, menyebabkan kerusakan ringan di udara. sebuah pangkalan.

Tim penyelamat mengatakan seorang gadis berusia 7 tahun di sebuah kota Arab Badui terluka parah di Israel selatan, akibat serangan roket, meskipun mereka mengatakan polisi masih menyelidiki keadaan luka-lukanya.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) kemudian memposting video di situs media sosial X dengan judul: “Seperti inilah tingkat intersepsi sebesar 99%. Rekaman operasional sistem pertahanan udara yang melindungi wilayah udara Israel.”

iklan

Militer Israel merilis video lain yang menunjukkan sistem pertahanan C-Dome milik militer Israel digunakan untuk kedua kalinya dalam seminggu untuk menembak jatuh kendaraan udara tak berawak yang terbang dari tenggara. Tentara Israel tidak merinci siapa yang melancarkan serangan tersebut.

READ  Diam di Rajapaksas, India mendukung 'orang Lanka' dan 'kepentingan terbaik' mereka

David Atherton adalah seorang jurnalis Amerika konservatif Eropa Israel mengatakan pihaknya menembak jatuh 185 drone kamikaze, 103 dari 110 rudal balistik, dan 36 dari 36 rudal jelajah. Atherton mengatakan dalam sebuah postingan di situs X: “Hanya 7 rudal balistik yang tercatat mendarat di wilayah Israel.”

Hajari mengatakan sebagian besar intersepsi terjadi di luar perbatasan Israel, termasuk 10 rudal jelajah yang dicegat oleh pesawat tempur. Militer Israel mengatakan sistem Arrow miliknya, yang menembakkan rudal balistik di luar atmosfer, menangani sebagian besar intersepsi, dan mencatat bahwa “mitra strategis” terlibat.

Biaya keberatan

Yehoshua Kalisky, peneliti senior di Institut Studi Keamanan Nasional, sebuah wadah pemikir di Tel Aviv, mengatakan, Jurnal Wall Street Biaya intersepsi Israel terhadap rudal dan drone Iran berjumlah lebih dari $550 juta. Dia menghitung biaya untuk mencegat setengah dari rudal dan drone Iran, berapa banyak biaya yang dikeluarkan saat menggunakan sistem pertahanan udara David's Sling, dan berapa biaya untuk menjaga 100 pesawat tempur Israel di udara selama enam jam, termasuk bahan bakar dan senjata.

Dia mengatakan ini adalah “biaya yang sangat tinggi,” namun dia yakin biaya tersebut mungkin tidak berdampak jangka panjang terhadap perekonomian Israel.

Shankianil SarkarShankianil Sarkar adalah Editor Senior di News18. Ini mencakup urusan internasional…Baca selengkapnya

Lokasi: Tel Aviv, Israel

Pertama kali diterbitkan: 15 April 2024 pukul 13.45 WIB