Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

‘Serangan di tanah Afghanistan: Taliban meluncurkan serangan udara AS, menewaskan dua elemen ISIS di Khorasan’ | berita Dunia

Taliban mengutuk serangan itu dan mengatakan Amerika Serikat seharusnya memberi tahu Taliban sebelum melancarkan serangan ke tanah Afghanistan.

Seorang juru bicara Taliban mengatakan kepada Reuters bahwa Taliban menggambarkan serangan udara AS pada hari Sabtu sebagai serangan yang jelas di tanah Afghanistan dan mengatakan Amerika seharusnya memberi tahu Taliban sebelum melakukan serangan. Dalam serangan ‘balas dendam’ atas pemboman bandara Kabul, AS melancarkan serangan udara Sabtu pagi di mana seorang perencana dan fasilitator ISIS tewas. Pentagon menegaskan bahwa tidak ada pertukaran informasi antara Amerika Serikat dan Taliban mengenai serangan udara tersebut. Tanpa menjelaskan rencana lain untuk serangan apa pun, Departemen Pertahanan AS mengatakan pihaknya mempertahankan kemampuannya untuk mempertahankan diri sampai akhir penarikan.

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan bahwa Taliban akan segera menguasai seluruh bandara Kabul, menambahkan bahwa begitu pasukan AS pergi, pengumuman pemerintahan penuh akan segera diumumkan. Dia mengatakan pejabat telah ditunjuk untuk menjalankan lembaga-lembaga utama termasuk kementerian kesehatan dan pendidikan masyarakat dan bank sentral. Dia juga mengatakan dia mengharapkan gejolak ekonomi yang serius yang telah memukul mata uang Afghanistan akan segera surut, Reuters melaporkan.

Ketika pasukan asing memulai penarikan penuh dari bandara Kabul, Taliban sekali lagi mengatakan mereka ingin mempertahankan hubungan diplomatik dengan Amerika Serikat, Inggris dan negara-negara Barat lainnya.

Laporan mengatakan Taliban sedang menyelesaikan pemerintahan transisi inklusif yang akan mengakomodasi para pemimpin dari semua etnis dan latar belakang suku. Laporan menyatakan bahwa pemerintah juga akan memiliki “Panglima Setia”.

Kelompok ini juga meminta semua petugas kesehatan perempuan untuk kembali bekerja karena sektor kesehatan berada di bawah tekanan yang luar biasa. Seorang juru bicara Kementerian Kesehatan Masyarakat di Imarah Islam, Zabihullah Mujahid, mengatakan bahwa “Kementerian Kesehatan Masyarakat di Imarah Islam menyarankan semua karyawan wanita di pusat dan gubernur untuk hadir secara teratur.” “Mereka tidak akan menghadapi hambatan dalam menjalankan tugas mereka dari Imarah Islam,” katanya.

READ  Penjelasan: Mengapa Yunani membangun tembok sepanjang 40 km di perbatasannya dengan Turki

(dengan masukan agensi)

Di dekat