Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Setelah privatisasi di Republik Ceko, perusahaan berpindah dari kantor dan alat tulis ke grup bisnis di 25 negara pada 1990-an

Dengan aset lebih dari ில்லியன் 15 miliar, Peter Kelner adalah seorang pengusaha kaya di Republik Ceko karena dia adalah pendiri dan pemegang saham mayoritas dari usaha patungan PPF, yang beroperasi di 25 negara.

Jutawan itu tewas dalam kecelakaan helikopter di Alaska pada hari Sabtu, yang masih diselidiki.

Dia paling dikenal terutama di Rumania karena dia adalah pemilik Pro TV, saluran televisi utama Rumania, setelah akuisisi CME Group (pemilik Pro TV) dari AT&T oleh orang Amerika dalam transaksi yang diumumkan pada tahun 2019 oleh konsorsium PPF.

Pada saat yang sama, dia memiliki dua gedung perkantoran di dekat kantor pusat pemerintah di Bukares. PPF Real Estate telah memiliki Metropolis Center sejak 2016 dan Crystal Tower sejak 2018.

Peter Kelner, lulusan Prague College dengan gelar di bidang ekonomi, memulai peruntungannya dengan menjual perlengkapan kantor dan alat tulis pada awal 1990-an.

Dia kemudian berhasil menangkap “keseimbangan besar” selama privatisasi massal di Republik Ceko dan menangkap perusahaan asuransi terbesar di negara itu.

Tiga dekade kemudian, grup tersebut mencatat aset dengan total lebih dari 43 43 miliar pada Juni 2020, dengan data terbaru yang tersedia dan neraca laba rugi menunjukkan kerugian sebesar 38.384 juta.

Grup Perusahaan Aktivitas Rumania, Republik Ceko, Rusia, Bulgaria, Kroasia, Cina, Slovakia, Belanda, Hongaria, Jerman, Swiss, AS, Kazakhstan, Vietnam, India, Montenegro, Indonesia, Filipina, Polandia, Serbia, Slovenia, Prancis, Finlandia dan Turki.

Selain pemilik Pro TV, Central European Media (CME), di kerajaannya dari sektor keuangan – PPF Financial Holdings, Home Credit, Air Bank, PPF Life Insurance – hingga telekomunikasi – PPF Telecom Group, O2 Czech Republic, In anak perusahaan seperti Group, Horega, Skoda Transport atau RAV Agro.

READ  Virus Corona di Rumania 14 Februari Live update. Hampir 1.000 orang dirawat di rumah sakit di ATI

Data setahun penuh terbaru untuk 2019 menunjukkan total 48 48 miliar aset, 10 10,5 miliar pendapatan dan laba bersih 35.935 juta untuk pemegang saham PPF. Perlu dicatat bahwa 98,5% saham dikuasai oleh Peter Kelner.