Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Setiap planet di tata surya terlihat dalam “parade planet” yang langka pada hari Rabu

Setiap planet di tata surya terlihat dalam “parade planet” yang langka pada hari Rabu

Planet-planet tata surya berbaris di langit pada Rabu malam dalam fenomena astronomi yang terlihat dari Bumi, yang dikenal sebagai “parade planet”.

Fenomena tersebut, yang juga terlihat pada Selasa malam, membuat para pengamat langit dapat melihat Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus dengan mata telanjang. Dengan teropong atau teleskop, Uranus dan Neptunus juga dapat terlihat.

Parade planet bukanlah peristiwa yang sangat langka—itu cenderung terjadi setidaknya setiap dua tahun. Faktanya, itu terjadi terakhir dalam keselarasan delapan planet Juni.

Untuk melihat fenomena ini, disarankan agar Anda melihat ke selatan setelah matahari terbenam. Dari timur ke barat, planet muncul dengan urutan sebagai berikut: Mars, Uranus, Jupiter, Neptunus, Saturnus, Merkurius, Venus.

“Orang harus melihat ke selatan sekitar 30 hingga 45 menit setelah matahari terbenam untuk melihat Merkurius dan Venus sebelum mereka terlalu dekat dengan cakrawala untuk melihatnya,” kata Vahé Perroomian, profesor astronomi dan fisika di USC. “Jupiter, Saturnus, dan Mars akan terlihat setelah gelap, dari tenggara ke timur.”

Planet-planet dapat muncul bersama di bagian langit yang sama saat mereka mengorbit matahari, kata Beromian kepada CBS News.

Dia berkata: “Merkurius menyelesaikan satu orbit dalam 88 hari, dan Venus dalam 225 hari. Planet luar bergerak jauh lebih lambat: Jupiter membutuhkan 12 tahun untuk berputar mengelilingi matahari, sedangkan Saturnus membutuhkan 29 tahun.” “Jadi, selama Jupiter dan Saturnus terlihat, kecuali jika mereka berada di sisi berlawanan dari Matahari dari sudut pandang kita, planet-planet yang tersisa pada akhirnya akan berbaris.”

Ini adalah prestasi yang lebih besar lagi bagi Neptunus dan Uranus untuk juga terlihat pada waktu yang sama karena mereka masing-masing membutuhkan 165 tahun dan 84 tahun untuk mengorbit matahari.

READ  Penjelajah Perseverance di Mars merekam puing-puing pendaratannya

Kedua planet “menghabiskan banyak waktu di sisi berlawanan Matahari dari sudut pandang kita,” kata Beromian.

Pada Rabu malam, Uranus dan Neptunus relatif dekat satu sama lain, tetapi karena Uranus bergerak mengelilingi Matahari dua kali lebih cepat dari Neptunus, planet-planet tersebut akan berada lebih jauh dari satu sama lain.

Akibatnya, Beromian menambahkan, “tidak mungkin melihat kedua planet di langit malam pada waktu yang sama selama beberapa dekade.”