Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Shandong China dan kapal induk AS Nimitz ‘menyerahkan untuk bekerja’ sebagai presiden Taiwan, Ketua DPR AS bertemu

Aktivitas militer di Selat Taiwan meningkat pada 5 April, saat China dan Amerika Serikat mengerahkan kapal induk mereka ke jalur air antara Taiwan dan China daratan.

Kapal perang dikerahkan oleh AS dan China ketika Presiden Taiwan Tsai Ing-wen bertemu dengan Ketua DPR AS Kevin McCarthy di California pada 5 April.

Pada 3 April, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Mao Ning, mengeluarkan peringatan, mengatakan bahwa China akan mengambil langkah tegas untuk melindungi integritas dan kedaulatan teritorialnya.

Itu adalah kapal induk China Shandong pengamat Sekitar 200 mil laut timur Taiwan, sedangkan kapal induk USS Nimitz terlihat 400 mil laut lepas timur Taiwan.

Menurut Kementerian Pertahanan Taiwan bahwa armada Tentara Pembebasan Rakyat dipimpin oleh kapal induk Shandong melalui Selat Bashi antara Taiwan dan Filipina sebelum bergerak ke perairan tenggara Taiwan.

Grup kapal induk Shandong melewati Selat Bashi pada hari Rabu.  Foto: Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan
Kelompok kapal induk Shandong melewati Selat Bashi pada hari Rabu. Foto: Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan

Kapal induk China sedang dalam perjalanan ke latihan militer pertamanya di Pasifik Barat. Kementerian Taiwan menyatakan bahwa tidak ada pesawat yang terlihat lepas landas atau mendarat di kapal induk tersebut.

Menteri Pertahanan Taiwan Qiu Kucheng mencatat bahwa tidak pasti apakah kapal induk Nimitz telah dikerahkan karena keberadaan kapal induk Shandong. Namun, dia mengakui keberadaan Nimitz mungkin terkait dengan aktivitas Shandong di wilayah tersebut.

Dia juga menegaskan bahwa pasukan pertahanan Taiwan mengetahui pergerakan Shandong ketika meninggalkan pelabuhan asalnya. Qiu juga mengatakan bahwa ini adalah misi ke-21 kapal tanker itu.

Shandong memulai latihan Laut Jauh pertamanya di Pasifik barat

Shandong adalah kapal induk kedua China dan dikenal sebagai yang pertama dibangun seluruhnya oleh industri pembuatan kapal dalam negeri.

Kapal itu secara resmi ditugaskan ke Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok pada 17 Desember 2019, dalam sebuah upacara di Sanya, yang terletak di Provinsi Hainan, Tiongkok selatan.

READ  Menteri keuangan Pakistan mengatakan Tuhan bertanggung jawab atas kemakmuran negara

Analis China berpendapat bahwa pelayaran kapal induk kedua Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat melalui Selat Bashi menunjukkan bahwa kapal induk tersebut sekarang sepenuhnya mampu melakukan operasi di perairan yang jauh, sehingga berkontribusi pada perlindungan kedaulatan nasional dan integritas teritorial China.

menurut kepada seorang ahli Cina dikutip Per Global Times, kelompok kapal induk harus melakukan latihan di area di mana pertempuran yang sebenarnya dapat terjadi. Hal ini memungkinkan mereka untuk menjadi akrab dengan lingkungan medan perang angkatan laut yang telah ditentukan sebelumnya dan meningkatkan kesiapan tempur dan ketahanan psikologis para pelaut.

Perairan Samudra Pasifik bagian barat hingga Taiwan bagian timur dan Jepang bagian selatan merupakan lokasi strategis penting bagi pinggiran Taiwan dan pencegahan intervensi militer asing dalam sengketa Taiwan.

J-15 di atas kapal Shandong

Inilah mengapa Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China melakukan latihan dengan kapal induknya di daerah ini.

Selama beberapa tahun terakhir, kapal induk pertama Angkatan Laut China, Liaoning, telah berada di sana larilah Beberapa latihan pesawat tempur intensitas tinggi di wilayah Pasifik Barat. Saat ini, Liaoning sedang menjalani pemeliharaan.

Mantan pelatih Tentara Pembebasan Rakyat Song Zhongping kata SCMP Latihan kapal induk Shandong di wilayah Pasifik barat adalah bagian dari latihan yang direncanakan. Adalah normal bagi kapal induk untuk beroperasi di daerah di luar perairan pantai.

Dia menambahkan bahwa kapal induk Shandong dan Liaoning dapat melakukan latihan bersama untuk meningkatkan kemampuan tempur mereka.

Zhongping menekankan bahwa penyebaran kapal induk di dekat Taiwan memiliki tujuan taktis yang kuat dengan nilai tempur dan diperlukan untuk mencegah kapal dan pesawat Taiwan melakukan perjalanan ke negara dan wilayah lain.

READ  Lukisan Picasso yang hilang terlihat di rumah mantan ibu negara Filipina setelah kemenangan pemilihan putranya

Dia menjelaskan, langkah ini mungkin merupakan tanggapan atas pertemuan antara pemimpin mayoritas di Senat AS dan Presiden Taiwan.

Pertemuan presiden Taiwan dengan Ketua Dewan Perwakilan AS Kevin McCarthy, pejabat tertinggi ketiga AS, terjadi meskipun Beijing berulang kali memperingatkan untuk tidak mengadakan pertemuan semacam itu.

Pertemuan terbaru itu adalah yang paling terkenal antara seorang pejabat AS dan pemimpin Taiwan sejak pendahulu McCarthy, Nancy Pelosi, bertemu Tsai di Taipei delapan bulan lalu.

Taiwan mengindikasikan bahwa Tentara Pembebasan Rakyat meningkatkan latihan militernya di wilayah tersebut setelah kunjungan Pelosi ke pulau itu pada Agustus 2022. Menteri pertahanan Taiwan mencatat bahwa selama cuaca cocok, China dapat mengirim 10 hingga 20 serangan mendadak pada misi di dekat Taiwan per hari.