SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Siapkan Pipa Atasi Krisis Air di Daik

  • Reporter:
  • Selasa, 17 Maret 2020 | 11:51
  • Dibaca : 98 kali
Siapkan Pipa Atasi Krisis Air di Daik
ilustrasi

LINGGA – Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPR-PKP) Lingga, menyiapkan pipa berukuran 6 inci sepanjang 400 meter untuk membantu suplai air bersih di Daik, Lingga, akibat krisis air.

Kepala Seksi (Kasi) Tata Bangunan dan Lingkungan DPUPR-PKP Maza’i membenarkan bahwa krisis air bersih di Daik cukup parah. “Sebenarnya kami sudah dua kali rapat terkait permasalahan air bersih ini. Tanggal 9 Maret lalu kami juga sudah mengadakan rapat di Gedung Daerah Dabo,” kata Maza’i, Senin (16/3).

Ia menjelaskan, dalam rapat tersebut, pihaknya diminta menyiapkan pipa untuk menyedot air dari Lubuk Emas, Daik Lingga, kemudian dialirkan ke jaringan PDAM Daik. Saat ini pipa tersebut sudah dalam perjalanan menuju Lingga.

“Pipa sekarang dalam perjalan. Yang dibutuhkan PDAM ini pipa berukuran 6 inci sepanjang 400 meter. Jadi pipa ini merupakan langkah darurat yang kita lakukan, termasuk yang Pancur, tim pun sudah turun ke lokasi,” ujarnya.

Sedangkan untuk langkah jangka panjang, Maza’i menilai perlu dibangun embung atau waduk. Terutama di Ibu Kota Kabupaten Lingga. “Tapi kalau untuk pembangunan embung ini kewenangan Bidang Sumber Daya Air (SDA). Kalau kami dari CK ini sebenarnya hanya untuk skala kecil. Kalau untuk jangka pendek dengan pipa. Ini hanya untuk musim kemarau, sebagai langkah darurat,” sebutnya.

“Besok kami juga ada hearing bersama pihak PDAM dan Komisi II di PDAM Dabo terkait permasalahan ini,” tambah Maza’i.

Sebelumnya, Anggota Komisi III DPRD Lingga, Anwar pun mengaku perihatin melihat kondisi krisis air di Kabupaten Lingga. Padahal, Negeri Bunda Tanah Melayu memiliki sumber air yang berlimpah.

jamariken tambunan

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com