Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Siscom berharap dapat meningkatkan hasil pada 2021/202 berkat akuisisi

Foto: Christian Mag / / forum

Syscom pada tahun fiskal 2020/21 didasarkan pada hasil yang sama dari tahun ke tahun, dan tahun depan diharapkan meningkat, antara lain, berkat akuisisi. Dewan Direksi bermaksud untuk menghentikan dua operasi tersebut, Ketua Swamir Halpret mengatakan kepada PAP Biznes. Selain kegiatan intinya, termasuk layanan manajemen fasilitas teknis, grup berencana untuk berinvestasi, antara lain, dalam proyek hidrogen.

“Kuartal ketiga 2020/21 lebih baik dari periode yang sama tahun lalu – peningkatan pendapatan 15%, tetapi kita harus ingat bahwa periode 2020 ini (April – Juni) adalah awal epidemi, penjualan meningkat di luar negeri. Kami tidak memiliki Hasil untuk seluruh tahun fiskal sejauh ini – kami berusaha untuk setidaknya meniru hasil yang dicapai tahun lalu, “kata presiden.

Menurutnya, hasil yang dicatat pada 2020/21 adalah prognosis yang baik dan di tahun berikutnya Ciscom harus menunjukkan pertumbuhan dalam hal pendapatan dan hasil keuangan lainnya.

“Karena pandemi 2020/21, itu sulit, tetapi kami telah mengelola bisnis kami di level yang sama seperti tahun sebelumnya – dan ini adalah sinyal bagi kami bahwa kami akan menunjukkan dinamika positif di tahun mendatang,” presiden ditambahkan.

Jumlah pekerjaan di luar negeri telah meningkat secara signifikan, tetapi kelompok tersebut belum kembali ke tingkat pendapatan sebelum pandemi, kata Halbrette. Namun, dia menambahkan bahwa ada peningkatan sentimen di pasar ritel.

“E-commerce telah berkembang secara agresif di bawah pandemi, tetapi belum mendominasi perdagangan. Kami mendengar dari pelanggan bahwa setelah larangan dicabut, belanja tradisional telah mendapatkan popularitas dan perusahaan berinvestasi untuk membuka toko baru,” katanya.

Pembelian bisnis, peningkatan penjualan luar negeri yang diharapkan

“Pada tahun fiskal 2021/22, berkat akuisisi yang direncanakan, kami mengharapkan dinamika pertumbuhan pendapatan tertinggi Grup dalam penjualan luar negeri. Target pasar, seperti Jerman atau Inggris Raya. Kami telah tumbuh sejauh ini secara organik di luar negeri, tetapi akan sulit untuk mempertahankannya. Dinamika pertumbuhan seperti ini,” demikian penilaian presiden.

READ  Obajtech: Di Eropa, tidak ada kata mundur dari transisi energi

Ia juga menambahkan, akuisisi asing pertama masih dimungkinkan pada tahun kalender ini.

“Saat ini kami terlibat dalam penelitian lanjutan di Inggris Raya dan Jerman. Saya pikir dua entitas akan muncul dari negara-negara ini yang akan dapat kami akuisisi. Kami melihat secara dekat beberapa perusahaan yang dekat dengan bisnis inti kami, seperti manajemen fasilitas – kami melihat di sini peluang besar untuk pertumbuhan bisnis, ”kata Halbrette.

CEO menekankan bahwa Direksi berhati-hati dalam akuisisi karena kompleksitas potensi transaksi dan persaingan yang kuat di pasar akuisisi. Halbrit mencatat bahwa setahun yang lalu – pada bulan September – Ciscom mengadopsi asumsi strategi sepuluh tahun, yang menurutnya ingin menghabiskan sekitar 80 juta PLN untuk akuisisi.

“Setahun setelah strategi itu diterbitkan, kami dapat menilai bahwa lingkungan eksternal yang menantang, yaitu pandemi, berdampak signifikan pada implementasinya – kami berasumsi, misalnya, proyek akuisisi akan selesai lebih awal. Kami akan mengimplementasikannya di tahun kedua implementasi strategi. Untuk saat ini. , Situasinya sangat kritis sehingga akuisisi dapat menumpuk dalam satu periode. Selain itu, kami memutuskan bahwa perusahaan yang kami cari harus lebih besar dari yang kami rencanakan. Ini juga menyebabkan transformasi ” – kata CEO.

“Persiapan untuk implementasi proyek akuisisi membutuhkan lebih banyak waktu, tetapi kami mengambil lebih banyak tindakan dengan lebih banyak pengetahuan, dan kami dapat dengan lebih mudah dan akurat menetapkan prioritas dalam percakapan dengan mitra. Saya pikir kami perlu tahun ini” – dia menambahkan.

Menurut CEO, strategi tersebut akan diterapkan dan saat ini tidak ada alasan untuk mengubahnya secara signifikan.

“Kami berasumsi dalam strategi bahwa setiap tahun kami akan menganalisis bagaimana penerapannya. Itu diumumkan selama sepuluh tahun, dan hasil keuangan dalam perspektif lima tahun. Setahun setelah diumumkan, kami melihat bahwa tindakan korektif seharusnya dilakukan. diambil, tetapi strategi itu sendiri masih berlaku, tidak memerlukan perubahan Said Halbret.

READ  Pemegang saham terbang untuk mobil bertenaga surya: Startup Munich Sono menyelamatkan diri dari kebangkrutan

“Kami berasumsi bahwa Sescom pada 2024/25 akan mencapai EBITDA PLN 35 juta. Dalam beberapa tahun terakhir, kami telah mencapai hasil yang jauh lebih rendah, sehingga bisnis kami harus meningkat. Selain kegiatan akuisisi, kami juga harus fokus pada pengembangan kami. A banyak pekerjaan terbentang di depan.”

Dirut berharap peran segmen Ciscom Energy yang fokus pada peningkatan efisiensi energi mitra perusahaan akan meningkat pada kuartal-kuartal mendatang. Pelanggan Sescom ingin mengoptimalkan biaya pemeliharaan toko, yang dihasilkan dari, misalnya, kenaikan harga energi, inflasi yang lebih tinggi, atau gaji yang lebih tinggi.

“Sulit untuk memprediksi berapa pendapatan di daerah ini, kami sedang melakukan proyek percontohan dan saat ini memiliki beberapa lusin proyek yang terdaftar di corong penjualan. Dinamika pertumbuhan pendapatan di sektor energi akan tinggi, tetapi skalanya akan meningkat. tidak sesuai dengan sektor manajemen fasilitas saat ini.” .

Proyek hidrogen akan membutuhkan hasil yang besar

Sescom juga ingin mengembangkan proyek hidrogen dan memperluas pasar di mana ia beroperasi melalui sektor usaha kecil melalui FIXFM – namun, sejauh ini, ini adalah proyek pada tahap awal pengembangan dan tidak menghasilkan keuntungan.

“Kami sedang mengembangkan proyek hidrogen di tiga bidang. Yang pertama dan kedua adalah: perangkat penghasil hidrogen, yaitu elektroliser, dan perangkat penghasil panas, yaitu ketel hidrogen. Dalam kedua kasus kami berasumsi bahwa hidrogen akan + hijau +. Area ketiga adalah hub hidrogen – instalasi lokal yang akan memproduksi dan menyimpan hidrogen hijau dan memungkinkan pengisian bahan bakar kendaraan seperti bus, ”kata presiden.

Dalam kasus yang terakhir, Syscom sedang merundingkan kerjasama dengan pemerintah daerah, sementara dalam pekerjaan mengembangkan elektroliser, perusahaan sedang berusaha untuk mendapatkan pembiayaan untuk pembangunan stasiun pengisian bahan bakar hidrogen pertama. Selain itu, perusahaan telah menandatangani letter of intent dengan Rumah Kayu Polandia dan mengambil langkah untuk membangun gedung apartemen berpemanas gas hijau pertama.

READ  Xtrackers S&P Select Frontier Swap UCITS: Luar biasa!

Secara paralel, proyek HGaaS akan dikembangkan, termasuk penciptaan ekosistem untuk penggunaan hidrogen yang dihasilkan di fasilitas RES kecil.

Seperti diberitakan Presiden, saat ini Direksi belum mau merinci besaran anggaran yang pasti untuk proyek hidrogen. Sebagai acuan, dia mencatat bahwa ini adalah proyek besar, dan dia mengacu pada proyek pembangunan tiga stasiun pengisian bahan bakar hidrogen.

“Proyek ini sekitar 70 juta PLN. Pusat hidrogen akan jauh lebih besar. Saya kira anggaran hanya bisa dikatakan jika ada lokasi tertentu di mana proyek akan dilaksanakan,” tambahnya.

Halpert menekankan bahwa proyek-proyek ini akan sangat mahal, tetapi manajemen sedang mempertimbangkan berbagai opsi pembiayaan.

“Kami berasumsi bahwa itu akan didukung atau dibiayai oleh utang, seperti obligasi. Kami berbicara dengan bank, kami memiliki penilaian positif dari nota untuk pembangunan stasiun pengisian bahan bakar hidrogen dan kami akan mengajukan pembiayaan ke Dana Nasional. untuk Perlindungan Lingkungan dan Pengelolaan Air.”

Syscom tidak mengecualikan memperoleh pembiayaan dengan menerbitkan saham di tingkat anak perusahaan: SESHhydrogen, mengimplementasikan proyek hidrogen, dan FIXFM, yang menurutnya platform untuk memesan layanan pemeliharaan teknis untuk sektor usaha kecil sedang dikembangkan. Kedua entitas juga mempertimbangkan untuk memulai debutnya di bursa, tetapi – seperti yang ditunjukkan presiden – terlalu dini untuk mengimplementasikan rencana tersebut.

“SESHydrogen belum menghasilkan pendapatan, tetapi kami berharap dapat berbicara tentang kontrak pertama untuk membangun stasiun pengisian bahan bakar hidrogen dalam beberapa bulan mendatang. Bisnis FIXFM belum mencakup semua biaya. Ini akan menjadi entitas pasar yang tumbuh secara global – dengan pengujian dan persiapan konsep di Polandia, tetapi kami ingin pergi ke luar negeri – awalnya di Eropa, tetapi kami tidak memiliki perbatasan.”

Dominica Antoniac (PAP Biznes)

Doaa / Sistem Operasi /

Sumber:PAP Biznes