Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Skandal diesel Volkswagen: BGH menetapkan tenggat waktu untuk penggantian mobil baru

Jika Anda ingin menukar mobil baru yang terkena skandal diesel, Anda harus mendaftarkan klaim Anda dalam waktu dua tahun setelah menandatangani kontrak – jika tidak, Anda tidak akan menerima apa pun setelah keputusan Pengadilan Federal (BGH). Para hakim menetapkan batas waktu yang jelas untuk penyerahan berikutnya pada hari Rabu di Karlsruhe, yang belum ada. Pengacara pembeli berbicara tentang “kejutan” setelah keputusan itu. (Az. VIII ZR 254/20)

Banyak pembeli meminta mobil baru sebagai pengganti kendaraan VW mereka, beberapa di antaranya jauh lebih tua. Beberapa model asli tidak lagi diproduksi pada saat itu. Jika persyaratan ini dipenuhi, dealer akan mendapatkan mobil reyot dan harus memasok mobil yang sama sekali baru tanpa kompensasi, jelas hakim ketua, Karen Melger. Ini tidak berarti keseimbangan yang adil dari kepentingan kedua belah pihak.

Berbagai keputusan pengadilan yang lebih rendah المحاكم

Pengadilan yang lebih rendah mengambil keputusan yang berbeda: terkadang mereka memberi pelanggan hak untuk menukar mobil baru mereka – jika ada keraguan, untuk model yang lebih baru. Dalam kasus lain, mereka pikir itu lebih konsisten dan cukup untuk memperbaiki masalah dengan mesin yang terpengaruh dengan pembaruan perangkat lunak senilai sekitar €100. Tak satu pun dari penjual mengklaim undang-undang pembatasan. Tergantung pada kasusnya, BGH menolak revisi atau membenarkan ketentuan. Prosedurnya juga harus dinegosiasi ulang.

Hakim Melger, yang memimpin persidangan terakhirnya sebelum pensiun pada hari Rabu, awalnya mengatakan bahwa dari sudut pandang Dewan Sipil Kedelapan, “musik hukum” tampaknya diputar ketika model mobil diubah. Dalam satu kasus, ada lompatan generasi: kontrak mengacu pada Golf VI yang telah lama dihentikan oleh Volkswagen. Golf saat ini adalah kedelapan. Setelah persiapan yang “benar-benar kontroversial” oleh Senat, pertanyaan utamanya adalah apakah harus ada batasan waktu untuk ini.

READ  uang kepada pemerintah daerah. draf resolusi

Kedua belah pihak menolak untuk melakukannya selama negosiasi. Pengacara Thomas Winter, yang mewakili beberapa dealer pada saat yang sama, berargumen dengan elemen pembelian yang sama: pembelian jenis mobil tertentu pada awalnya diatur secara kontrak. Model selanjutnya berbeda dalam dimensi, peralatan, tenaga kuda, atau titik serupa, dan karena itu tidak dapat setara. Bandingkan dengan anggur: varietas dari daerah pertumbuhan tertentu tidak dapat menggantikan anggur dengan botol dari tahun lain.

Rekannya Rainer Hall, yang mewakili Volkswagen, menambahkan bahwa jika Anda memesan model yang lebih baru, Anda tidak akan mengambil yang lebih tua. Jadi ini tidak setara. Ini juga membahas cacat menakutkan yang mungkin timbul dari pembaruan perangkat lunak. Ini belum terbukti – jadi ini bukan alasan untuk mengecualikan. Pengadilan Tinggi Regional di Cologne telah mendaftarkan potensi kerusakan konsekuensial seperti itu di tingkat yang lebih rendah dan menerima mobil baru sebagai satu-satunya alternatif.

Di sisi lain, pengacara pembeli menyatakan bahwa tidak boleh ada batasan waktu karena alasan sederhana bahwa pelanggan tidak akan mengetahui masalah emisi dari mesin EA189 sampai skandal diesel pecah. “Sampai 2015 semuanya tersembunyi di bawah selimut tebal,” kata Richard Lindner. Rekannya Siegfried Minimeier menemukan kata-kata yang lebih jelas ketika ditanya mengapa mobil pengganti dipesan hanya beberapa tahun setelah pembelian: “Karena sebelumnya telah disembunyikan dengan curang.” Sebelum itu, konsumen tidak punya alasan untuk mengambil tindakan.