SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Sosialisasi PPWK di Anambas, Bangun Toleransi demi Kerukunan

  • Reporter:
  • Rabu, 13 November 2019 | 10:36
  • Dibaca : 75 kali
Sosialisasi PPWK di Anambas, Bangun Toleransi demi Kerukunan
Sekretaris Bakesbangpol Anambas Saharudin dan Asisten I Pemkab Anambas Zukhrin menyosialisasikan PPWK di Anambas Inn, Selasa (12/11). /JHON MUNTHE

ANAMBAS – Sekretaris Bakesbangpol Anambas Saharudin mengatakan, Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) periode 2019 -2023 adalah mengoptimalkan kesadaran akan nilai Pancasila.

“Tujuannya agar tercipta rasa cinta Tanah Air. Kemudian masyarakat akan semakin sadar dan memahami makna empat konsensus dasar di negara kita,” kata Saharudin yang juga sebagai panitia pelaksana sosialisasi PPWK di Anambas Inn, Selasa (12/11)

Sementara Asisten I Pemerintahan dan Kesra Pemkab Anambas, Zukhrin menyampaikan, sosialisasi PPWK ini agar masyarakat bisa lebih memahami makna persatuan dan konsesus yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Penduduk Indonesia yang majemuk, kata dia, penting dilakukan pengokohan yang kuat dan menciptakan rasa cinta terhadap bangsa dan Tanah Air. Fenomena masyarakat yang majemuk sehingga berbagsa dan bernegara bergeser, penduduk yang heterogen perlu ada pemahaman yang kuat akan toleransi antarumat beragama, suku, ras dan golongan.

“Bagaimanapun juga, kita ini merupakan bangsa yang besar, banyak suku, agama dan golongan. Perlu rasa toleransi yang tinggi,” ujarnya.

Adanya krisis kebangsaan, kesukuan dan diskriminasi SARA, maka perlu adanya PPWK agar seluruh komponen bangsa memahami. Semua warga negara memiliki kebhinekaan yang menciptakan satu bangsa, satu Tanah Air dan satu bahasa.

“Saat ini ada upaya pelemahan negara dari bangsa asing. Untuk itu, kita menciptakan suburnya nilai kebersamaan, toleransi yang tinggi akan membawa bangsa rukun dan damai,” ujarnya.

jhon munthe

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com