Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

SpaceX akan meluncurkan roket Falcon 9 ke-14 pada bulan Mei menggunakan penerbangan booster untuk ke-14 kalinya – Spaceflight Now

SpaceX akan meluncurkan roket Falcon 9 ke-14 pada bulan Mei menggunakan penerbangan booster untuk ke-14 kalinya – Spaceflight Now

Pesawat Falcon 9 siap untuk misi Starlink di Cape Canaveral Pad 40. File foto: Adam Bernstein/Spaceflight Now.

Pembaruan pada 15:07 EDT: SpaceX telah menunda waktu lepas landas T-0 untuk roket Falcon 9-nya.

SpaceX terus meningkatkan kecepatan peluncurannya saat mempersiapkan roket Falcon 9 lainnya untuk terbang pada Jumat malam. Jika misi ini berhasil, maka ini akan menandai peluncuran SpaceX yang ke-14 bulan ini, sebuah rekor peluncuran baru dalam industri.

Tentu saja, pencapaian ini akan menambah rekor yang dibuat awal pekan ini, ketika SpaceX meluncurkan roket Falcon 9 ke-13 untuk mengirim satelit EarthCARE milik Badan Antariksa Eropa ke orbit. Misi terbaru ini, Starlink 6-64 dari Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral, dijadwalkan diluncurkan pada 22:11 EDT (0211 UTC).

Spaceflight Now akan menyiarkan liputan langsung mulai sekitar satu jam sebelum lepas landas.

Booster tahap pertama misi ini, dengan nomor ekor B1076, akan diluncurkan ke armada SpaceX untuk ke-14 kalinya. Mereka sebelumnya telah meluncurkan misi seperti penerbangan Dragon Commercial Resupply Services 26th (CRS-26) SpaceX ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, muatan TEMPO NASA di atas satelit Intelsat 40e dan tujuh batch satelit Starlink.

Lebih dari delapan menit setelah lepas landas, B1076 akan mendarat di drone SpaceX, yang dijuluki “A Shortfall of Gravitas.” Jika berhasil, ini akan menjadi pendaratan ke-73 bagi ASOG dan pendaratan booster ke-315 bagi SpaceX.

Peluncuran yang memecahkan rekor ini terjadi pada akhir akhir pekan penting bagi SpaceX. Tanggal 25 Mei menandai peringatan 12 tahun pesawat ruang angkasa Dragon menjadi pesawat ruang angkasa swasta pertama yang berlabuh di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Tanggal 30 Mei adalah ulang tahun keempat peluncuran misi Demo-2, menandai kembalinya penerbangan luar angkasa manusia ke tanah Amerika setelah pensiunnya Pesawat Ulang-alik pada tahun 2011.

READ  Astrofisika dalam krisis? Penemuan UFO bisa mengubah segalanya

SpaceX sedang mempersiapkan dua misi berawak lagi selama musim panas: Polaris Dawn dan Crew-9.