Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

SpaceX ditetapkan untuk peluncuran Starlink ketiga berturut-turut [webcast]

Memperbarui: SpaceX mengatakan bahwa roket Falcon 9 berada di jalur Starlink 4-11 dari Vandenberg Space Force Base (VSFB) California tidak lebih awal dari (NET) 9:12 pagi PST (17:12 UTC) pada hari Jumat, 25 Februari. Misi tersebut akan menjadi yang ketiga dari lima peluncuran Starlink berturut-turut yang direncanakan pada bulan Februari dan Maret 2022.

Sebagai pengganti misi komersial yang siap terbang, roket SpaceX Falcon 9 saat ini dijadwalkan meluncurkan setidaknya lima batch satelit Starlink berturut-turut.

Garis ini tidak akan memecahkan rekor perusahaan dari tujuh peluncuran Starlink berturut-turut, tetapi ini menyoroti satu efek samping yang menguntungkan dari pengejaran integrasi vertikal SpaceX yang tanpa henti – kemampuan untuk menciptakan permintaan peluncurannya sendiri. Hampir dua bulan penuh memasuki tahun 2022, SpaceX telah diluncurkan tujuh kali – tiga untuk pelanggan yang membayar dan empat untuk Starlink. Sebelum Februari berakhir, perusahaan dijadwalkan untuk meluncurkan setidaknya satu batch lagi satelit Starlink dengan total delapan peluncuran dalam dua bulan pertama tahun ini.

Selanjutnya, SpaceX dijadwalkan untuk meluncurkan Starlink 4-11 dari fasilitas Vandenberg Space Force Base (VSFB) SLC-4E yang berbasis di California tidak lebih awal dari (NET) 09:08 PST (17:08 UTC), Jumat, Februari 25. Kapal Drone Of Course I Still Love You (OCISLY) berangkat dari Pelabuhan Long Beach untuk misi pada tanggal 22 Februari dan menuju sekitar 640 kilometer (~400 mil) tenggara ke area pendaratan booster di lepas pantai Baja California. Falcon 9 booster B1063 dijadwalkan untuk mendukung misi – peluncuran keempat secara keseluruhan dan pertama sejak membantu meluncurkan pesawat ruang angkasa pengalihan asteroid DART NASA ke ruang antarplanet pada November 2021.

READ  Penemuan planet ekstrasurya 'permen kapas' yang sangat tipis mengejutkan para ilmuwan - 'Kami tidak dapat menjelaskan bagaimana planet ini terbentuk'

Selanjutnya, roket Falcon 9 lainnya dijadwalkan untuk meluncurkan Starlink 4-9 secepatnya “pertengahan pagi” EST pada hari Kamis, 3 Maret dari landasan Kennedy Space Center LC-39A. Booster B1060 dilaporkan dijadwalkan untuk mendukung misi tersebut dan akan menjadi tahap pertama SpaceX ketiga yang sendirian mendukung sebelas peluncuran kelas orbital jika memang demikian. Starlink 4-9 bisa menjadi misi terakhir landasan selama beberapa minggu untuk memberi SpaceX cukup waktu untuk mengubah pengangkut/erektor roketnya untuk peluncuran Axiom-1 pada 30 Maret, yang akan mengirim empat astronot pribadi ke Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Akhirnya, SpaceX berencana untuk meluncurkan Starlink 4-10 NET Selasa, 8 Maret dari Cape Canaveral Space Force Station (CCSFS) Launch Complex 40 (LC-40). Kemungkinan SpaceX akan meluncurkan setidaknya satu misi Starlink lagi bulan depan tetapi tanggal pasti belum ditentukan. Semua mengatakan, termasuk Starlink 4-7 (3 Februari) dan Starlink 4-8 ​​(21 Februari), SpaceX berada di jalur untuk meluncurkan setidaknya lima misi Starlink berturut-turut, mudah-mudahan menempatkan sekitar 240 satelit (~ 200 setelah kehilangan sebagian besar Starlink 4-7 karena “badai geomagnetik”) di orbit dalam waktu kurang dari lima minggu.

Falcon 9 B1063 sekitar satu hari lagi dari peluncuran keempatnya. (NASA/Bill Ingalls)
Falcon 9 B1060 dapat diluncurkan untuk kesebelas kalinya kurang dari seminggu kemudian. (SpasiX)

Lebih merupakan tanda kurangnya misi komersial yang siap untuk penerbangan daripada yang lainnya, rekor SpaceX untuk misi Starlink yang tidak terputus – ditetapkan dari Februari hingga April 2021 – adalah tujuh peluncuran. Secara teknis, SpaceX sebenarnya mengelola 12 peluncuran Starlink antara Februari dan Maret, dengan hanya satu misi komersial – Kru-2 – yang memisahkan semuanya. Kecuali kejutan, SpaceX untungnya tidak mungkin terkena pukulan serupa pada tahun 2022.

READ  Bagaimana kelelawar berevolusi untuk menghindari kanker

Ada kemungkinan SpaceX akan meluncurkan tiga satelit O3B mPower untuk SES bulan depan. Setidaknya, SpaceX dijadwalkan untuk meluncurkan misi trio Dragon selama dua bulan ke depan, dimulai dengan Ax-1 NET 30 Maret. Crew Dragon lainnya dijadwalkan untuk meluncurkan Crew-4 untuk NASA pada 15 April, diikuti oleh misi pemasokan stasiun ruang angkasa CRS-25 Cargo Dragon 2 paling cepat 1 Mei. Tidak termasuk misi Starlink dan di atas tiga peluncuran komersial yang telah diselesaikan SpaceX tahun ini, ada sebanyak 38 peluncuran komersial Falcon lainnya yang dijadwalkan sementara sebelum akhir 2022.

SpaceX ditetapkan untuk peluncuran Starlink ketiga berturut-turut [webcast]