Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

SpaceX menargetkan peluncuran Starlink pada Rabu malam, dan sedang mempersiapkan penerbangan Starship ketiganya – Spaceflight Now

SpaceX menargetkan peluncuran Starlink pada Rabu malam, dan sedang mempersiapkan penerbangan Starship ketiganya – Spaceflight Now

Roket Falcon 9 siap mendukung peluncuran Starlink 6-44 dari Launch Complex 39A di Kennedy Space Center NASA pada 13 Maret 2024. Gambar: Spaceflight Now

Pembaruan pada 19:20 ET: SpaceX telah menyesuaikan waktu lepas landas misi T-0.

SpaceX sedang sibuk mempersiapkan dua misi landasan peluncuran di Florida dan Texas. Mereka sedang bersiap untuk meluncurkan Uji Penerbangan Terpadu ketiga (IFT-3) dari roket Starship pada Kamis pagi, namun sementara itu, mereka berharap untuk meluncurkan konstelasi satelit Starlink dari Kennedy Space Center milik NASA.

Misi Starlink 6-44 dijadwalkan diluncurkan dari Launch Complex 39A selambat-lambatnya pukul 21:25 ET pada hari Rabu (0125 UTC pada hari Kamis). Ada 23 satelit di dalam roket Falcon 9, yang mewakili peluncuran lebih dari 6,000 satelit Starlink sejauh ini.

Spaceflight Now akan menyiarkan siaran langsung sekitar satu jam sebelum lepas landas.

Booster tahap pertama yang mendukung misi ini, B1062, akan diluncurkan untuk ke-19 kalinya, menjadikannya pemimpin penerbangan bersama B1058 dan B1061. B1058 hancur dalam perjalanan pulang ke Port Canaveral.

B1062 sebelumnya meluncurkan dua satelit Global Positioning System (GPS); Penerbangan berawak Inspiration4 dan Ax-1; Dan 11 misi Starlink termasuk di antara 18 peluncuran sebelumnya.

Sekitar 8,5 menit setelah lepas landas, B1062 akan mendarat di drone SpaceX, yang diberi nama “A Shortfall of Gravitas.” Ini akan menjadi pendaratan ke-61 di ASOG sekaligus pendaratan ke-284 kendaraan SpaceX hingga saat ini.

Setelah misi ini, SpaceX akan diluncurkan sebanyak 26 kali. Ini juga akan menjadi peluncuran orbit ke-49 di dunia.

Pesawat luar angkasa di cakrawala

Sementara misi Starlink sedang dikerjakan, SpaceX juga telah mencapai akhir dari misi Starship IFT-3. Rabu sore, Administrasi Penerbangan Federal (FAA) mengeluarkan izin peluncuran untuk penerbangan dari fasilitas Starbase SpaceX di Texas selatan. Baca dokumentasi pendukung Di Sini.

READ  Simulasi baru MIT mengungkapkan wawasan penting tentang kelahiran alam semesta

Prakiraan cuaca untuk peluncuran pada Kamis pagi, tanggal target yang diumumkan saat ini, dapat menjadi masalah peluncuran tersebut. Selain kabut sekitar pukul 7 pagi waktu Kairo (1200 UTC), cuaca juga diperkirakan akan berawan.

SpaceX memiliki beberapa tanggal cadangan untuk upaya peluncuran, yang saat ini diperpanjang hingga Senin, 18 Maret.